Mengulas Beberapa Kandungan Gizi Serta Manfaat dari Pisang Raja untuk Ibu Hamil

Mengulas Beberapa Kandungan Gizi Serta Manfaat dari Pisang Raja untuk Ibu Hamil

Pisang termasuk kedalam salah satu jenis buah yang memang sangat mudah dijumpai di pasaran. Ia juga termasuk kategori buah yang tidak kenal musim. Sehingga kapanpun nantinya akan berbuah. Ragam jenisnya sendiri terbilang begitu banyak dengan rasa yang berbeda-beda pula. Salah satu diantaranya yang mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda adalah pisang raja. Salah satu jenis pisang yang ukurannya relatif besar dan banyak disukai oleh masyarakat.

Apa Itu Pisang Raja?

Pisang raja sendiri pada dasarnya merupakan salah satu jenis pisang kultivar hibrida triploid yang berasal dari negara Filipina. Juga termasuk pisang yang memang umum dijumlah di negara Asia tenggara. Pisang yang satu ini adalah hasil persilangan dari Musa acuminata dan juga Musa balbisiana. Mengingat dagingnya yang tebal dengan rasa yang manis. Maka tidak heran jika seandainya pisang satu ini disukai oleh semua kalangan. Nikmat dikonsumsi secara langsung maupun untuk dijadikan aneka olahan yang lainnya.

Baca Artikel Lainya : Resep Pisang Cavendish untuk Ibu Hamil dan Kandungan yang Ada Didalamnya

Kandungan Gizi dalam Pisang Raja

Di dalam 100 gram pisang raja ini nyatanya juga punya sekali kandungan senyawa bermanfaat, diantaranya adalah:

  1. Kalori, jumlah kalori yang terdapat dalam pisang ini adalah sebesar 108 kkal.
  2. Lemak, ia juga mengandung lemak dalam jumlah yang cukup kecil yaitu hanya 0,3 gram saja.
  3. Karbohidrat, termasuk dalam buah yang memang kaya kandungan karbohidrat s yaitu sekitar 28,2 gram.
  4. Protein, pisang raja mengandung protein dengan jumlah sekitar 1,3 gram.
  5. Air, jumlah air yang terdapat dalam pisang ini juga cukup tinggi sekitar 69,3 gram.
  6. Vitamin, beberapa jenis vitamin juga terkandung dalam pisang ini mulai dari vitamin B1, B2, B3 dan juga vitamin C.
  7. Mineral, beberapa jenis mineral juga terdapat dalam pisang ini seperti kalsium, fosfor, kalium, tembaga, zat besi, seng, beta karoten dan masih banyak lagi.
  8. Serat pangan, sejumlah 0,7 gram.

Manfaat Pisang Raja untuk Wanita Hamil

Konsumsi pisang raja ini memang mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk diantaranya jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, diantara manfaatnya adalah:

  1. Dapat mencegah sembelit, perubahan hormonal yang dialami oleh ibu hamil memang rentan sebabkan mereka sulit BAB, namun dengan makan pisang yang kaya kandungan serat dapat membantu cegah masalah tersebut.
  2. Dapat meringankan mual dan muntah, morning sickness pada wanita yang sedang mengandung memang rentan dialami sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang. Mengkonsumsi pisang dengan kandungan vitamin B6 ternyata efektif untuk mengatasinya.
  3. Dapat menangkal radikal bebas, vitamin C yang cukup tinggi dalam pisang raja sangat bagus karena berperan sebagai antioksidan. Dimana antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas. Karena memang radikal bebas termasuk salah satu faktor pemicu beragam masalah kesehatan.
  4. Dapat mencegah bayi lahir cacat, asam folat termasuk senyawa yang sangat penting dibutuhkan dalam proses perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kekurangan senyawa ini berisiko sebabkan bayi lahir cacat. Buah pisang kaya akan asam folat yang bisa memenuhi kebutuhannya para ibu hamil.
  5. Membantu meringankan kram kaki, kalium yang terkandung dalam pisang ini cukup banyak. bahkan memang sering disebut-sebut bahwa buah pisang termasuk yang cukup tinggi kandungan kaliumnya. Senyawa tersebut memiliki peran yang sangat penting karena bisa mencegah kram pada kaki yang kerap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Jadi para bumil sebaiknya menyetok pisang raja ini di rumah untuk dikonsumsi secara rutin. Produknya mudah untuk dijumpai, termasuk diantaranya adalah bisa Anda beli secara online lewat aplikasi TaniHub. Aplikasi yang satu ini secara khusus menjual produk hasil pertanian di Indonesia. Mereka juga membantu petani lokal untuk menemukan lapak berjualan secara online. Konsumen bisa memesannya secara mudah dari aplikasi yang dimiliki oleh TaniHub tersebut. Apalagi sekarang ini mereka juga memiliki area jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. sehingga bisa mengantarkan pesanan Anda langsung hingga ke depan pintu rumah. Aman bagi yang sedang parno keluar rumah karena pandemic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 6