Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Tinggal di negara tropis tentu membuat kita sadar jika cuaca di siang hari pasti sangat rentan menyebabkan haus dan gerah. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa menghindarkan kita dari kemungkinan mengalami dehidrasi. Semangka menjadi salah satu buah yang menyegarkan dan sangat cocok dinikmati saat siang hari yang terik. Untuk mendapatkan buah yang satu ini pun terbilang sangat mudah. Karena di Indonesia sendiri, buah semangka banyak dibudidayakan dan dijual oleh masyarakat setempat. Tidak hanya menyegarkan saja, semangka juga terkenal memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa penting lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Mengenal Semangka

Buah semangka tentunya sudah cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Karena buah yang menyegarkan ini cukup banyak ditemui di pasar maupun supermarket di Indonesia. Semangka sangat nikmat dinikmati pada siang hari saat cuaca panas. Semangka yang bernama latin citrullus lanatus, masih termasuk golongan suku ketimun-timunan atau cucurbitaceae, yaitu tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Semangka memiliki kulit berwarna hijau ini memiliki daging buah di bagian dalamnya yang berwarna merah atau merah jambu, dengan biji yang cukup banyak. Namun kini, banyak juga ditemukan jenis semangka yang berwarna kuning dan tanpa biji.

Kandungan Buah Semangka

Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Sama seperti buah-buahan lainnya, semangka jika dikonsumsi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah semangka mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lain di dalamnya. Adapun daftar kandungan gizi yang terdapat dalam buah semangka, antara lain:

  • Energi: 28 kal.
  • Protein: 0,5 gram.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Karbohidrat: 6,9 gram.
  • Serta: 0,4 gram.
  • Kalsium: 7 mg.
  • Fosfor: 12 mg.
  • Besi: 0,2 mg.
  • Natrium: 7 mg.
  • Kalium: 93,8 mg.
  • Tembaga: 0,04 mg.
  • Zinc: 0,1 mg.
  • Beta karoten: 315 mcg.
  • Karoten total: 590 mcg.
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,05 mg.
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,05 mg.
  • Niasin: 0,3 mg.
  • Vitamin C: 6 mg.

Jenis – Jenis Semangka

Ada sekitar ratusan buah semangka dengan varietas yang berbeda. Namun sayangnya tidak semuanya bisa kita jumpai di pasaran Indonesia atau dibudidayakan di Indonesia. Namun begitu, yang saat ini beredar di pasaran juga sudah cukup banyak variasinya. Berikut ini beberapa kategori atau jenis buah semangka yang ada di pasaran saat ini, yaitu: 

  1. Semangka tanpa biji.

Bagi Anda yang malas menghilangkan biji dari buah semangka saat mengonsumsinya, maka bisa memilih jenis semangka tanpa biji. Karena sesuai dengan namanya, semangka jenis ini tidak memiliki biji di dalamnya. Varietas semangka tanpa biji pertama kali dikenalkan di pasaran sejak tahun 1900-an. Dari pembiakan yang berkelanjutan, akhirnya menghasilkan jenis semangka tanpa biji yang cita rasanya sama manisnya dengan varietas semangka berbiji yang kerap kita konsumsi. Namun begitu, masih belum banyak meningkatkan perkecambahan biji rendah. Semangka tanpa biji biasanya memiliki berat mulai dari 4 kg hingga 9 kg dengan waktu kematangan sekitar 85 hari. Untuk semangka tanpa biji yang banyak dijumpai di pasaran, antara lain ada semangka Millionaire, Crimson, Nova, dan Queen of Hearts.

  1. Semangka piknik.

Semangka jenis ini merupakan yang paling umum kita kenal. Dimana ciri-cirinya, yaitu berbentuk bulat, lonjong, ataupun oval. Dinamakan dengan nama semangka piknik karena kerap dibawa oleh orang-orang yang pergi berekreasi. Dengan ukurannya yang cukup besar dengan berat antara 5 kg hingga 20 kg, membuat semangka piknik cukup untuk dibagikan ke banyak orang yang berpiknik bersama. Semangka piknik memiliki bentuk bulat dengan kulit yang berwarna hijau cerah. Dan untuk daging buahnya berwarna merah tua. Ada beberapa varietas semangka piknik yang cukup populer dan banyak dikonsumsi, yaitu ada semangka All Sweet, Crimson Sweet, Black Diamond, dan Jubilee.

  1. Semangka kulkas atau icebox.

Dinamakan semangka kulkas lantaran ukuran buahnya yang hanya berkisar antara 2 kg hingga 6 kg. Sehingga memungkinkan jenis semangka yang satu ini untuk dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es. Semangka kulkas sangat cocok bagi Anda yang tinggal sendirian atau memiliki anggota keluarga yang sedikit. Untuk varietas semangka untuk kategori semangka kulkas yang cukup banyak digemari, yaitu ada Sugar Baby dan Tiger Baby. Untuk ciri-ciri dari semangka kulkas Sugar Baby, yaitu memiliki kulit berwarna hijau tua, daging buah berwarna merah, dan memiliki cita rasa yang manis. Sedangkan untuk semangka kulkas Tiger Baby memiliki ciri-ciri berupa daging buah yang berwarna emas ketika matang, yang mana kematangan Tiger Baby biasanya membutuhkan waktu sekitar 75 hari.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

  1. Semangka kuning atau orange.

Untuk jenis semangka kuning atau orange tentunya sudah banyak kita jumpai saat berada di pasar, supermarket, dan bahkan toko online. Sesuai dengan namanya, semangka kuning memiliki daging buah yang berwarna kuning atau oranye. Untuk bagian luar dari semangka kuning terlihat sama persis dengan semangka piknik. Daging buahnya bisa berwarna kuning karena perbedaan kandungan antioksidan di dalamnya. Dimana untuk varietas semangka kuning memiliki kandungan beta karoten yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan lycopene-nya.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui, buah semangka memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan berbagai senyawa lainnya. Sehingga dengan mengonsumsi buah semangka sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah semangka, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan jantung.

Dari sebuah penelitian menyebutkan jika buah semangka memiliki khasiat untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan ekstrak semangka bisa membantu menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Dimana jumlah kalium dan magnesium di dalamnya memiliki peran dalam hal ini. Dan kandungan karotenoid di dalam buah semangka bisa mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Sehingga kondisi ini mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi berbagai resiko terjadinya pembekuan darah, serangan jantung, serta aterosklerosis.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Di dalam buah semangka mengandung air sebanyak 92% dan elektrolit yang akan membantu menghidrasi tubuh. Sehingga mengonsumsi semangka bisa mencegah dari dehidrasi dan sangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh, serta tekanan darah. Itulah alasan kenapa, buah yang satu ini sangat cocok dinikmati oleh masyarakat di daerah tropis.

Baca Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

  1. Mencegah pembentukan batu ginjal.

Semangka mengandung kalium yang tinggi dan bisa membantu melepaskan endapan racun di dalam ginjal. Selain itu juga bisa mengurangi asam urat dalam ginjal. Sehingga hal ini membantu mengurangi terjadinya pembentukan batu ginjal.

  1. Mengendalikan gula darah.

Bagi mereka yang menderita diabetes perlu melakukan diet rendah gula dan kaya karbohidrat. Semangka bisa menjadi pilihan camilan sehat yang cocok untuk penyandang diabetes. Mengandung kalium dan magnesium di dalamnya sangat bagus untuk membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Kandungan vitamin A dan C di dalam buah semangka sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Dimana vitamin C sangat berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.

  1. Mengatasi nyeri otot.

Nyeri otot yang terjadi setelah selesai melakukan olahraga memang cukup mengganggu. Dari sebuah penelitian menyebutkan jika mengonsumsi semangka bisa membantu mengatasi masalah nyeri otot.

Dengan melihat banyak sekali manfaat kesehatan dengan mengonsumsi semangka, maka sebaiknya masukkan semangka dalam salah satu daftar menu sehat andalan Anda. Untuk kebutuhan semangka segar, Anda tidak perlu khawatir saat membelinya. Karena kini ada cara mudah dan terjangkau untuk mendapatkan berbagai produk buah dan sayur segar di TaniHub. Kelebihan berbelanja buah dan sayur dari TaniHub, antara lain:

  • Produk yang selalu segar.
  • Memiliki layanan pengantaran yang cepat.
  • Bisa pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Ada layanan pelanggan selama 7 hari.
  • Banyak promo menarik tiap minggunya.
  • Mendukung penuh kepuasan pelanggan.
  • Bisa turut mendukung pertanian dan perekonomian lokal.

TaniHub tidak hanya menyediakan buah dan sayur segar saja, tapi juga kebutuhan konsumsi lainnya, seperti telur & unggas, bumbu, ikan, kebutuhan memasak, serta sembako. Segera download dan install aplikasi TaniHub untuk mendapatkan kemudahan berbelanja produk sehat berkualitas dari negeri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 84 = 93