7 Manfaat Timun untuk Wajah

7 Manfaat Timun untuk Wajah

7 Manfaat Timun untuk Wajah

Manfaat timun untuk wajah sudah banyak dirasakan oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Selain untuk lalapan, mentimun juga digunakan untuk perawatan diri, terutama area wajah. Apalagi mentimun sangat mudah ditemukan di Indonesia dan Anda bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Selain dijadikan lalapan, mentimun juga diolah menjadi asinan, dicampur dalam salad. 

Semua bahan tersebut dapat memberikan manfaat khusus bagi Anda jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan mentimun banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan, seperti toner, masker, lulur, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa manfaat mentimun untuk wajah.

Manfaat Timun untuk Wajah

7 Manfaat Timun untuk Wajah

Menenangkan Mata Bengkak

7 Manfaat Timun untuk Wajah

Manfaat mentimun yang pertama untuk wajah adalah dapat menenangkan mata yang sembab. Ini karena mentimun mengandung flavonoid dan antioksidan yang kuat untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi. 

Selain itu, mentimun juga mampu memberikan efek mendinginkan yang dapat mengecilkan pembuluh darah, sehingga bengkak pada mata bisa mereda. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengiris mentimun dingin dan meletakkannya di mata Anda. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Meredakan Ruam

Manfaat mentimun untuk wajah juga bisa Anda gunakan untuk meredakan ruam. Sayuran yang satu ini bisa membantu Anda untuk mengembalikan kulit agar bisa normal kembali dan bebas dari bekas luka di wajah.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker mentimun yang dicampur dengan lemon. Kemudian Anda perlu membiarkannya selama sekitar 15 menit dan mencucinya menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin selama beberapa minggu dan rasakan kemajuannya pada kulit wajah Anda.

Melembabkan Kulit dan Anti Penuaan

Manfaat mentimun untuk wajah juga bisa Anda andalkan untuk melembabkan wajah. Apalagi mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung air. Setidaknya ada 96 persen kandungan air dalam mentimun. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda perlu mencampurkan mentimun dengan bahan lain yang dapat melembabkan kulit wajah. Misalnya dalam bentuk madu dan aloe vera atau lidah buaya.

Anti Penuaan

Manfaat mentimun yang lain untuk wajah adalah sebagai anti aging. Jika kondisi ini terjadi, tentu bisa mengganggu penampilan Anda. Solusinya adalah dengan menggunakan mentimun. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah buah mentimun yang sudah Anda tumbuk dengan dua sendok makan yogurt. 

Kemudian Anda oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit, lalu Anda bilas menggunakan air hangat. Cara ini sangat efektif karena mentimun mengandung vitamin C dan asam caffeic yang dapat mengatasi kerutan dan kerusakan kulit wajah akibat sinar matahari.

Baca Juga: Langkah-langkah Cara Menanam Timun Yang Benar

Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak di wajah, maka mentimun bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Anda cukup membersihkan mentimun lalu kupas kulitnya. Haluskan timun sebanyak setengahnya dan campurkan dengan satu sendok makan plain yogurt, lalu aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mengoleskannya ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian anda bilas sampai bersih.

Mencegah Jerawat dan Pori-pori

7 Manfaat Timun untuk Wajah

Bagi Anda yang ingin memiliki wajah bebas jerawat, maka mentimun adalah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Karena sel kulit mati yang juga berminyak dapat menyumbat pori-pori yang memicu munculnya jerawat. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat astringent yang mampu mengecilkan pori-pori pada wajah. Anda bahkan dapat menggunakan jus mentimun sebagai toner yang ampuh untuk membersihkan noda di wajah Anda.

Mengobati Kulit Terbakar Oleh Matahari dan Iritasi 

Manfaat mentimun selanjutnya untuk wajah adalah dapat mengobati kulit yang terbakar sinar matahari dan juga mengobati iritasi. Jika kulit Anda terlalu sering terkena sinar matahari, dapat menyebabkan rasa sakit.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan mentimun. Karena mentimun mengandung berbagai nutrisi termasuk air, potasium, sulfat, vitamin A, dan vitamin C yang dapat membuat kulit Anda lebih tenang. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan irisan mentimun ke wajah Anda selama 15 menit. Kemudian gunakan pelembab wajah yang biasa Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Bagi yang ingin mendapatkan berbagai manfaat timun untuk wajah, bisa untuk mendapatkannya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan membelinya di TaniHub yang menyediakan produk petani lokal termasuk juga timun maupun kebutuhan makanan lainnya. Anda bisa membelinya dengan mudah yang menawarkan pengiriman cepat dan area layanan luas mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan banyak kota lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
87 − = 85