Inilah Banyaknya Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahan alami dikenal mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan. Tidak hanya manfaat untuk menjaga kesehatan, tetapi juga bisa digunakan untuk memberikan manfaat kecantikan. Misalnya saja kunyit yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur sehari-hari. Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk kecantikan yang dapat mencerahkan hingga menghaluskan kulit. Sehingga bahan alami yang bisa ditemui di dapur atau bahan masakan biasanya memberikan manfaat terbaik baik untuk menjaga kesehatan hingga kecantikan. Termasuk juga wortel yang merupakan sayuran yang populer karena bisa memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan mata.

Kandungan Wortel

Inilah Banyaknya Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel mempunyai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan karena kandungan yang dipunyai, yaitu:

  1. Biotin merupakan salah satu vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga metabolisme lemak dan protein.
  2. Vitamin K1 juga dikenal sebagai phylloquinone yang memberikan manfaat untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.
  3. Vitamin B6 bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi.
  4. Kalium bermanfaat untuk memberikan sumber tenaga dan kekuatan bagi otot. Selain itu kandungan ini juga bagus untuk menutrisi jantung dan mengendalikan tekanan darah.
  5. Wortel juga mengandung karbohidrat, serat, protein, gula, lemak, dan air.
  6. Senyawa lainnya yang dikandung wortel adalah karotenoid, beta karoten, alpha karoten, lutein, antosianin, dan likopen.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Inilah Banyaknya Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wortel mempunyai manfaat menjaga kesehatan mata dan lainnya seperti berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat dari sayur wortel yang paling umum diketahui oleh orang banyak adalah dapat menjaga kesehatan mata. Hal tersebut karena wortel mempunyai kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dapat untuk mencegah berbagai resiko penyakit yang menyerang mata seperti katarak, rabun, dan juga masalah mata lainnya.

2. Menurunkan Kolesterol

Banyak penyakit serius yang disebabkan oleh kadar kolesterol di dalam tubuh yang tidak terjaga. Hal tersebut karena mempunyai pola hidup yang tidak sehat dan juga mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kolesterol menumpuk. Agar dapat menurunkan kolesterol, Anda bisa memanfaatkan kandungan dari wortel. Sayur ini mempunyai kandungan serat larut yaitu pektin yang kaya. Kandungan tersebut akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam tubuh. Sehingga hal tersebut akan mencegah resiko terjadinya penyakit seperti stroke atau jantung. Anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin untuk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat mengkonsumsi wortel selanjutnya adalah dapat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di waktu sekarang ini sangat penting menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi virus yang membuat sakit. Wortel mempunyai kandungan vitamin dan mineral utamanya vitamin A, vitamin K1, vitamin B6, kalium, dan biotin. Selain itu wortel juga mempunyai kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung pertumbuhan.

4. Baik untuk Otak

Wortel perlu dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan otak yang menurun seiring dengan pertumbuhan usia. Buah dan sayuran mempunyai manfaat untuk meningkatkan kemampuan otak yang mengalami penurunan. Sehingga hal tersebut dapat menghindari terjadinya pikun dalam jangka panjang. Wortel bisa memberikan manfaat melindungi kinerja otak karena kandungan beta karoten yang ada di dalamnya. Manfaat tersebut ditemukan juga dari penelitian yang dilakukan di Harvard University. Dalam penelitian yang dilakukan tersebut mengamati pria yang mengkonsumsi suplemen dengan kandungan beta karoten. Hasilnya adalah adanya manfaat yang dapat menghindari kemerosotan otak dibandingkan tidak mengkonsumsi suplemen beta karoten.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Mengkonsumsi wortel juga dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker. Kanker merupakan penyakit berbahaya dan mematikan apabila tidak ditangani dengan segera. Sehingga hal tersebut membuat penyakit ini ditakuti banyak orang. Untuk melakukan pencegahan agar mengurangi resiko terkena kanker, wortel bisa menjadi bahan yang digunakan karena menawarkan manfaat untuk menurunkan resiko kanker terutama kanker paru-paru. Wortel mempunyai kandungan beta karoten yang dapat melindungi resiko terkena penyakit kanker.

Baca Artikel Lainnya: 13 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Inilah Banyaknya Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain memberikan manfaat kesehatan, wortel juga memberikan manfaat kecantikan seperti berikut ini:

1.Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Gaya hidup seseorang mengharuskan seseorang mempunyai mobilitas tinggi dan banyak menghabiskan waktu di jalan. Hal tersebut membuatnya lebih mudah untuk terkena paparan radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan kulit. Radikal bebas dapat untuk merusak sel kulit sehingga dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegah radikal bebas tersebut dibutuhkan antioksidan yang salah satunya bisa Anda dapatkan dari wortel. Sayur ini kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari ancaman radikal bebas.

2.Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari

Wortel juga dapat melindungi kulit dari sengatan matahari. Apabila Anda di luar tentu saja tidak bisa menghindari sengatan matahari. Hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan sunblock pada kulit agar dapat menghindari resiko yang mengancam termasuk kanker kulit. Sedangkan cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengkonsumsi wortel. Sayur tersebut mempunyai kandungan beta karoten yang dapat memberikan manfaat untuk melindungi kulit dari sengatan matahari yang mempunyai kandungan ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

3. Menjaga Elastisitas Kulit

Karena terkena paparan radikal bebas dan sengatan matahari juga dapat mengurangi elastisitas kulit. Sehingga membuat kulit tidak kenyal dan tampak kendur hingga menimbulkan kerutan karena terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan sering yang mempunyai kandungan vitamin C. Kandungan tersebut dapat menghasilkan kolagen yang akan menjaga elastisitas kulit Anda.

4. Menyembuhkan Luka

Manfaat wortel selanjutnya bagi kecantikan kulit juga dapat untuk membantu penyembuhan luka. Apabila kulit mengalami luka, wortel yang mempunyai kandungan vitamin C dapat membantu proses penyembuhan dari luka yang dialami tersebut. Selain itu kolagen yang dihasilkan juga membantu untuk menyamarkan bekas luka yang dipunyai. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat luka yang dialami di kulit terlihat jelas yang dapat membuat percaya diri turun.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Wortel mempunyai kandungan dan sifat antiflamasi yang dapat mengurangi reaksi apabila terjadi peradangan kulit. Sehingga manfaat tersebut sangat baik dimanfaatkan bagi yang mengalami psoriasis atau ruam di bagian kulit. Dengan mengkonsumsi wortel dengan rutin akan mengatasi ruam dan mencegah agar ruam tidak bertambah parah yang membuat tampilan kulit menjadi tidak cantik.

Diatas merupakan berbagai manfaat wortel baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa makan wortel atau minum jus wortel dengan rutin. Pilihlah wortel yang masih segar seperti yang ditawarkan di TaniHub. Tempat tersebut juga menawarkan sayur wortel produksi lokal, sehingga akan membuat Anda turut membantu pertanian dan industri lokal. Segera download aplikasi dan website TaniHub yang hadir memberikan kemudahan bagi semua orang, baik rumah tangga atau pelaku usaha untuk memenuhi semua kebutuhan sayur, buah, ikan, hingga sembako langsung dari petani Indonesia. Ikuti juga informasi dan promo terbaru hanya di Instagram @Tanihub. Bagi yang penasaran dengan aplikasi TaniHub? Cek video di bawah ini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
75 − 69 =