Inilah Manfaat Wortel untuk Kesehatan Organ dalam Tubuh

Sudah banyak yang tahu tentang wortel yang bermanfaat bagi kesehatan mata, namun wortel juga berfungsi untuk kesehatan organ lainnya. Wortel adalah tumbuhan yang dapat hidup 12-24 bulan atau disebut juga tumbuhan biennial. Batang tumbuhan ini setinggi sekitar 1 meter dengan berwarna putih, dan memiliki rasa manis langu, bagian wortel yang dapat dimakan adalah bagian umbinya.

Sayur ini juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B, antioksidan, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Agar semua kandungan tersebut dapat dipenuhi wortel harus di oleh dengan benar. Berikut cara memasak wortel dengan benar. Wortel sebaiknya dimasak langsung, tetapi karena tekstur wortel yang sangat keras makan wortel dapat diolah menjadi jus, dikukus, di rebus. Di panggang, maupun di goreng. Wortel juga mempunyai banyak sekali manfaat berikut adalah manfaat dari wortel.

Manfaat Wortel

Inilah Manfaat Wortel untuk Kesehatan Organ dalam Tubuh

1.Berpotensi menurunkan resiko kanker

Kanker adalah pembentukan sel-sel abnormal yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh, wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen. Penelitian dalam buku The American journal Of Clinical Nutrition antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker atau leukemia. 

2.Menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung

Wortel banyak mengandung serat, kalium, serta lengkap dengan antioksidan seperti likopen, zat gizi ini di percaya menjaga tekanan darah agar lebih stabil. Selain itu, wortel juga banyak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah. Anda dapat mengkonsumsi wortel yang masih segar.

3.Mencegah penyakit kerusakan mata

Sayur ini banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mata, manfaat ini mencegah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme. Sel mata juga bisa terkena radial bebas. Oleh sebab itu mengkonsumsi wortel secara rutin mencegah kerusakan pada mata.

4.Menjaga kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak mengalami penurunan, kondisi ini berkaitan dengan radikal bebas. Didalam wortel terdapat betakaroten yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas kepada otak. Wortel banyak mengandung vitamin A, vitamin B, antioksidan, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Agar semua kandungan tersebut dapat dipenuhi wortel harus di oleh dengan benar. Berikut cara memasak wortel dengan benar.

5.Membuat kulit lebih sehat

Wortel juga merawat masalah pada kulit seperti ruam atau psoriasis. Vitamin C pada wortel juga mendorong pembentukan collagen di dalam tubuh, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit, betakaroten juga mengurangi peradangan pada kulit.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Wajah

Nutrisi Pada Wortel

Inilah Manfaat Wortel untuk Kesehatan Organ dalam Tubuh

Kandungan paling banyak pada wortel adalah air dan karbohidrat, wortel mengandung lemak dan protein yang sangat sedikit tetapi mengandung vitamin yang sangat banyak. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam wortel terdapat 100 gram didalam wortel mentah.

  • Energi 36 kkal
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0,6 gram
  • Karbohidrat 7,9 gram
  • Serat 1 gram
  • Vitamin A 7,1 miligram
  • Vitamin B1 0,04 miligram
  • Vitamin B2 0,04 miligram
  • Vitamin B3 1 miligram
  • Vitamin C 18 miligram
  • Kalsium 45 miligram
  • Fosfor 74 miligram
  • Besi 1 miligram
  • Natrium 70 miligram
  • Kalium 245 miligram
  • Tembaga 0,06 miligram
  • Zinc 0,3 miligram

Baca Artikel Lainnya: 13 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Jadi mulailah dari sekarang, untuk mengolah wortel dengan berbagai cara pengolahan, wortel yang segar dan berkualitas bisa langsung Anda beli secara mudah di TaniHub. Membuat Anda berbelanja dengan praktis dan pastinya tetap terjaga keamanannya selama pandemi seperti ini. Belanja di TaniHub juga sudah ikut berkontribusi dalam mendukung pertanian yang ada di Indonesia.Wortel yang sangat bagus dan enak Anda bisa membelinya melalui aplikasi TaniHub. Aplikasi ini terobosan baru dari e-commerce yang menjual produk pertanian lokal, menjual barang-barang yang lengkap seperti sayuran, daging, telur, buah-buahan, sembako, bumbu masak, sehingga barang yang Anda butuhkan bisa dicari melalui aplikasi TaniHub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 6 = 3