Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu sayuran akar ini populer dengan manfaatnya untuk kesehatan mata. Wortel oranye mendapatkan warna ini dari beta karoten yang dikandungnya. Beta karoten adalah senyawa antioksidan yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

Kandungan Nutrisi Penting dalam Wortel

Baca Artikel Lainnya: Ini Dia Beragam Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi

Sebagai sayuran, wortel memiliki sedikit lemak dan protein. Wortel 100 gram mengandung nutrisi berikut: protein (0,9 gram), karbohidrat (9,6 gram), gula (4,7 gram), serat (2,8 gram), dan lemak (0,2 gram).

Vitamin dan Mineral

Wortel adalah sumber vitamin dan mineral, terutama untuk potasium, biotin, vitamin A, K1, dan B6.

  • Nutrisi tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga pertumbuhan fungsi kekebalan tubuh.
  • Biotin memiliki peran penting sebagai lemak dan protein dalam proses metabolisme.
  • Vitamin K1, juga dikenal sebagai phylloquinone, merupakan nutrisi penting untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.
  • Kalium adalah mineral penting untuk menjaga tekanan darah.

Wortel menawarkan banyak senyawa penting lainnya, termasuk karotenoid. Merupakan zat dengan sifat antioksidan yang kuat dan berperan dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Berikut ini adalah daftar senyawa penting lainnya dalam wortel.

  • Beta karoten: wortel jeruk memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yang dapat diubah menjadi vitamin A.
  • Lutein: salah satu antioksidan dalam wortel. Senyawa ini berperan dalam menjaga kesehatan mata.
  • Lycopene : senyawa antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.
  • Polyacetylenes: Penelitian telah mengungkapkan bahwa senyawa bioaktif dalam wortel dapat melindungi tubuh dari leukemia dan kanker lainnya.

Mengenal Wortel Berastagi

Ada banyak jenis wortel lokal yang dijual di pasaran, dan untuk wortel dengan kualitas yang baik pilihlah jenis wortel Berastagi yang memiliki manfaat yang melimpah. Wortel Berastagi merupakan jenis wortel dengan ukuran lebih besar dari wortel lokal biasa. Wortel berastagi memiliki ciri khas, yaitu warna oranye cerah, ukuran lebih besar, dan tekstur kulit lebih halus. Tidak hanya meningkatkan kesehatan mata, beta karoten dalam lontong juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak hingga usia lanjut.

Wortel berastagi juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung vitamin B yang dapat memecah glukosa, lemak, dan protein sehingga metabolisme tubuh meningkat. 

Bagi yang memiliki luka, minum jus wortel Berastagi juga dapat membantu menyembuhkan luka karena mengandung beka karoten yang membantu mengurangi kemerahan pada kulit sehingga bekas luka lebih cepat hilang. Jus wortel berastagi juga dapat menurunkan kolesterol, karena mengandung pektin yang akan menurunkan kolesterol jahat.

Ketahui Berbagai Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.

Mengurangi Risiko Kanker

Diet kaya karotenoid dapat membantu tubuh dari risiko berkembangnya beberapa jenis kanker, mulai dari prostat, lambung, hingga usus besar. Wanita dengan kadar karotenoid tinggi juga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, kandungan asam omega-3 dan -6 pada wortel juga berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak dan Fungsi Kognitif

Rendahnya jumlah kalori dalam wortel dapat mengurangi reaksi stres oksidatif di otak yang dapat melemahkan kemampuan saraf untuk menerima rangsangan.

Menjaga Tekanan Darah Agar Kondisi Stabil

Dalam 100 gram wortel setidaknya terdapat 300 gram potasium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Kalium dalam tubuh akan menyeimbangkan kadar garam dan cairan tubuh sehingga tekanan darah bisa terkontrol. 

Melindungi Kesehatan Mulut

Baca Artikel Lainnya: 3 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Kulit yang Harus Para Wanita Ketahui

Tanpa disadari, mulut bisa menjadi salah satu organ yang rentan terhadap penyakit. Rongga mulut merupakan organ awal tempat segala jenis makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh. Hal ini membuat mulut sangat mudah bagi bakteri jahat untuk masuk. Gangguan umum yang sering terjadi pada mulut adalah tumbuhnya plak yang dapat membuat gigi menjadi rapuh.

Kandungan riboflavin pada wortel dipercaya dapat membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Selain itu, kandungan beberapa mineral dalam wortel juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah munculnya gigi berlubang yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

Jika Anda merasa kesusahan mendapatkan wortel di pasar tradisional atau di supermarket sekalipun dengan keadaan Anda yang sedang butuh, tidak perlu bingung dan panik karena Anda bisa dengan mudah sekali mendapatkannya di TaniHub. Jadi yang belum kenal apa itu TaniHub yakni salah satu platform e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kebutuhan harian karena di TaniHub Anda bisa temukan beberapa sayuran, buah-buahan, kebutuhan sembako, bumbu masak sampai daging dan telur yang sangat lengkap dengan kondisi barang yang selalu segar dan terjamin kualitasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 1