Ini Dia Beragam Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi

Ini Dia Beragam Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi

Tumbuh kembang bayi merupakan fokus utama yang dipunyai oleh orang tua. Salah satu cara mendukung pertumbuhan bayi dapat dengan memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dari bahan yang sehat. Orangtua bisa memberikan MPASI yang mudah dibeli di pasaran. Akan tetapi untuk membuat MPASI yang diberikan mendapatkan manfaat yang lebih optimal, orangtua juga bisa memilih dan membuat MPASI dari bahan alami yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Salah satu bahan yang bermanfaat mendukung tumbuh kembang bayi tersebut adalah wortel. Sehingga bahan ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan MPASI yang akan diberikan pada bayi.

Tanda Bayi Siap Diberikan MPASI

Sebelum memberikan MPASI pada bayi, orangtua perlu memperhatikan terlebih dahulu waktu yang tepat sehingga bayi bisa menerima MPASI tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, bayi biasanya memberikan tanda-tanda yang ditunjukkan yaitu seperti tanda berikut ini:

  • Bayi sudah bisa meraih makanan dan memasukkan ke dalam mulut sendiri. Hal tersebut karena bayi sudah mempunyai koordinasi yang baik antara mulut, mata, dan juga tangannya.
  • Bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan.
  • Bayi tertarik dengan makanan yang dimakan oleh orang lain.
  • Bayi mampu untuk membuka mulut dan mengambil makanan dari sendok.
  • Bayi dapat menelan makanan dan tidak memuntahkan atau mengeluarkannya kembali.

Resep MPASI dari Wortel

Beragam Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi

Apabila sudah siap untuk diberikan MPASI, orangtua bisa membuat makanan pendamping sendiri di rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan wortel yang bisa dibuat resep MPASI, diantaranya resep berikut:

  1. Puree wortel

Resep pertama yang dapat dibuat adalah puree wortel yang cukup menggunakan wortel dan air. Langkah membuat resep MPASI ini juga sangat mudah yaitu:

  • Pertama, kupaslah wortel dan cuci terlebih dahulu hingga bersih.
  • Selanjutnya potong wortel tersebut dengan potongan yang kecil.
  • Kukus potongan wortel dengan menggunakan panci pengukus di dalam air mendidih. Untuk membuat wortel lunak setidaknya kukus hingga 20 menit. Sehingga perlu untuk sering dicek apakah wortel sudah lunak atau belum.
  • Tiriskan wortel yang sudah dikukus dan masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit air dan blender wortel hingga halus.
  • Sajikan blenderan wortel yang sudah mempunyai tekstur halus tersebut dalam keadaan hangat sebagai MPASI bayi. Sedangkan apabila masih tersisa, maka puree wortel bisa disimpan di dalam freezer untuk dikonsumsi di waktu makan selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya: Menilik Rahasia dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

  1. Jus wortel jeruk 

MPASI selanjutnya yang mendukung tumbuh kembang bayi adalah jus wortel jeruk. Bahan yang perlu disiapkan adalah wortel, jeruk manis, dan air. Sedangkan langkah membuatnya adalah:

  • Cuci, kupas, dan potong wortel dengan potongan dadu.
  • Kupas jeruk manis dan cukup mengambil airnya dengan cara diperas terlebih dahulu.
  • Campurkan perasan air jeruk manis dan potongan wortel ke dalam air matang.
  • Blender bahan tersebut hingga halus dan lembut sehingga aman untuk dikonsumsi bayi.
  • Tuang bahan yang sudah halus dan jus wortel jeruk bisa disajikan dan diberikan pada bayi.
  1. Puree wortel, brokoli, dan keju 

Menu lainnya yang bisa disajikan adalah puree wortel yang dicampurkan dengan brokoli dan keju. Untuk menghindari bayi bosan dengan puree wortel, Anda bisa membuat MPASI lebih beragam. Seperti dengan menggunakan bahan kentang, wortel dengan ukuran sedang, brokoli, ASI atau susu formula, mentega tawar, dan keju cheddar. Adapun cara mudah membuatnya adalah:

  • Kupas kentang dan cuci terlebih dahulu sebelum dicincang dengan ukuran kecil.
  • Kupas dan cuci wortel sebelum dipotong.
  • Masukkan potongan kentang dan wortel ke panci dengan air yang sudah mendidih. Masak hingga kedua bahan tersebut lunak selama kurang lebih 20 menit.
  • Tunggu wortel dan kentang hingga lunak, sedangkan untuk brokoli kukus selama 7 menit hingga empuk.
  • Tiriskan kentang dan wortel yang sudah lunak dan tumbuk bersama brokoli, susu, mentega, dan keju.
  • Puree wortel, brokoli, dan keju yang lunak sudah siap untuk diberikan sebagai MPASI bayi.

Manfaat Wortel Sebagai Bahan MPASI Bayi

Ini Dia Beragam Manfaat Wortel untuk MPASI

Bahan wortel ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan mendukung tumbuh kembang bayi. Sehingga sangat cocok apabila dipilih sebagai salah satu bahan MPASI bayi. Adapun berbagai manfaat wortel untuk membantu tumbuh kembang bayi adalah:

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pertama mengapa bayi bisa diberikan MPASI dengan bahan wortel adalah karena akan sangat baik untuk kesehatan matanya. Wortel sudah terkenal memberikan manfaat untuk kesehatan mata karena kandungan beta karoten di dalamnya. Selain itu di dalam wortel juga mengandung vitamin A yang mendukung kesehatan mata bayi. Terutama pada bagian retina, kornea, dan selaput mata si kecil yang akan membantu menjaganya lebih sehat.

Baca Artikel Lainnya: Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan mengonsumsi MPASI dari wortel juga akan membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil. Bayi mempunyai daya tubuh yang masih belum kuat, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itulah orangtua bisa memberikan MPASI yang dapat mendukung untuk membuat kekebalan tubuhnya lebih bagus. Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin A juga bisa berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga sel tubuh hingga menjaga fungsi organ butuh. Hal tersebut akan membantunya untuk melawan bakteri dan virus, sehingga tidak mudah sakit.

  1. Membantu proses pembekuan darah

Wortel mempunyai kandungan vitamin K1 atau yang lebih dikenal phylloquinone. Manfaat vitamin tersebut adalah dapat membantu proses pembekuan darah. Selain itu kandungan tersebut juga akan bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi. Apabila bayi kekurangan vitamin ini dapat untuk membuatnya menderita pendarahan. Oleh karena itulah pastikan bayi tidak kekurangan vitamin K1 tersebut yang dapat mudah didapatkan dari bahan wortel.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga perlu dijaga dengan baik. Salah satu cara menjaganya dapat dengan mengkonsumsi MPASI dari bahan wortel. Di dalam wortel terdapat kandungan beta karoten yang dapat melindungi kulit bayi dari paparan sinar Ultraviolet. Selain itu wortel juga mempunyai kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk mencegah kulit bayi mengalami ruam dan dermatitis seboroik.

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat wortel untuk tumbuh kembang bayi terakhir adalah dapat membantu menyehatkan pencernaan. Wortel mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mengontrol pergerakan usus halus dan membuat pencernaan lebih lancar. Bahan ini juga dapat mencegah terjadinya konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itulah sangat tepat untuk memilih wortel sebagai bahan MPASI bayi yang akan membuat perubahan pencernaan dan makanan yang dikonsumsinya.

Untuk memastikan MPASI yang diberikan untuk bayi dapat memberikan fungsi optimal, pastikan juga untuk memilih wortel yang berkualitas. Seperti dengan memilih wortel organik yang akan lebih sehat. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut dengan mudah di TaniHub yang menawarkan berbagai jenis wortel, termasuk juga wortel organik dengan harga terjangkau karena menawarkan banyak promo yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
8 + 2 =