Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Wajah

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Wajah

Jangan remehkan manfaat wortel. Sayuran berwarna oranye ini tak hanya bisa membuat kamu sehat dan bugar, tapi juga terlihat awet muda lho. Sebagai seorang anak, kita pasti pernah mendengar cerita mata kelinci yang tajam karena banyak makan wortel. Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk kinerja dan kesehatan mata. 

Vitamin tersebut membuat mata lebih jernih dan jauh dari berbagai penyakit seperti rabun jauh, glaukoma, konjungtivitis, dan katarak. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Jika tidak percaya, simak saja penjelasan manfaat wortel berikut ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat wortel ini biasanya untuk menjaga kesehatan jantung. Ya, ketiga nutrisi ini terbukti mampu menjaga kesehatan jantung dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Manfaat wortel ini bisa Anda dapatkan dalam bentuk jus atau lauk pauk.

Menjaga Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak kita akan menurun, yang nantinya menjadi penyebab berbagai penyakit seperti pikun dan pikun. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh stres oksidatif yang memperlambat regenerasi sel-sel otak. Wortel mengandung beta karoten. Zat ini dibutuhkan oleh otak untuk memfasilitasi regenerasi sel sehingga tingkat stres oksidatif turun. Secara tidak langsung, wortel akan membuat otak kita terhindar dari stres.

Baca Juga: 3 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Kulit yang Harus Para Wanita Ketahui

Merawat Kesehatan Mulut

Siapa di antara Anda yang pernah menghadapi masalah gigi berlubang? Nah, tahukah Anda bahwa masalah tersebut bisa diatasi dengan manfaat jus wortel? Ya, manfaat jus wortel dapat dengan mudah mengobati gigi berlubang dan membuat gusi Anda lebih sehat. Kandungan beta karoten dibutuhkan untuk membangun otot gusi dan gigi yang kuat. Minum jus wortel minimal 3-4 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat wortel selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menyehatkan gigi dan gusi, manfaat jus wortel selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wortel yang diolah menjadi jus mengandung mineral yang lebih tinggi. 

Vitamin C dan mineral adalah dua senyawa yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel kekebalan yang lebih cepat. Kandungan wortel akan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Tak hanya mineral, kandungan vitamin C pada wortel juga membantu tubuh terlihat lebih segar dan bugar.

Merawat Kecantikan Wajah

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat wortel juga bermanfaat untuk merawat kulit. Semua sayuran yang mengandung antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya kerutan, flek hitam, dan kulit kusam yang ditakuti banyak orang dewasa muda. 

Antioksidan dalam wortel mempercepat regenerasi kulit dan membuat kulit wajah tampak kenyal dan kencang. Manfaat wortel untuk wajah bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi jus wortel atau memakannya dengan cara dikukus.

Meningkatkan Sistem Metabolisme

Apakah Anda mencoba untuk menurunkan berat badan? Wortel telah terbukti meningkatkan sekresi empedu, yang memainkan peran langsung dalam sistem metabolisme. Saat sekresi empedu meningkat, sistem metabolisme tubuh menjadi lebih cepat karena lebih banyak energi yang dibakar. Alhasil, perut akan terisi lebih lama dan energi akan bertahan lebih lama, meski Anda tidak makan dalam beberapa jam ke depan.

Semua ini bisa Anda dapatkan dengan meminum segelas jus wortel setiap hari. Tidak hanya meningkatkan metabolisme, manfaat jus wortel juga membuatnya mampu mendukung kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Inilah Banyaknya Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menyembuhkan Luka

Manfaat wortel selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan wortel seperti beta karoten dan vitamin A dapat diproses oleh tubuh dan diubah menjadi retinol. Retinol merupakan molekul anti penuaan yang berperan dalam mengurangi garis-garis halus pada wajah.

Mengobati Peradangan

Penyakit radang memang terdengar sepele dibandingkan penyakit kronis lainnya. Namun, jika tidak segera ditangani, peradangan di dalam tubuh bisa memburuk menjadi infeksi. Jika terus diabaikan, infeksi bisa berubah menjadi penyakit dalam. Manfaat wortel yang satu ini mencegah tubuh dari peradangan, terutama radang penyakit ginjal.

Mengatasi Penyakit Kulit

Siapa sangka wortel bisa mengobati penyakit kulit? Ya, kandungan vitamin C dalam wortel sangat bermanfaat bagi penderita eksim atau psoriasis. Selain vitamin C, wortel lain yang dapat menyembuhkan penyakit kulit adalah antioksidan dan beta karoten. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri wortel akan melindungi kulit dari bakteri. Perisai pelindung mampu membuat gatal lebih cepat sembuh.

Itulah manfaat wortel untuk kesehatan dan wajah. Kamu bisa mendapatkan buah wortel dengan mudah dan berkualitas. Tempat membeli yang bisa dipilih misalnya di TaniHub yang menawarkan pembelian secara online yang akan diantar langsung ke rumah. TaniHub juga menyediakan bahan makanan yang lain seperti sayur, cabai dan lain- lain dengan harga terjangkau. Bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
58 + = 60