Berikut Mudahnya Menanam Tomat Di Rumah yang Anti Gagal dan Bisa Anda Coba

Berikut Mudahnya Menanam Tomat Di Rumah yang Anti Gagal dan Bisa Anda Coba

Siapa yang tidak mengenal tomat, termasuk dalam jenis sayuran yang cukup populer keberadaannya di Indonesia. Muncul dengan berbagai jenis yang membuat wujud tomat sangat beragam, mulai dari bentuk, warna, rasa ataupun yang lainnya. Umumnya orang Indonesia menggunakan tomat dalam beberapa keperluan seperti untuk sambal, lalapan, salad, jus, sampai dengan campuran berbagai masakan. Harganya cukup terjangkau, tidak heran jika tomat mudah sekali didapatkan di berbagai pasar tradisional sampai dengan pasar swalayan. Namun selain membeli, tahukah Anda jika tomat bisa dibudidayakan sendiri?

Kandungan Nutrisi Tomat

Baca Artikel Lainnya: Ketahui Bagaimana Cara Terbaik Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama

Tidak lengkap rasanya membahas mengenai sayur atau buah jika tidak membicarakan mengenai kandungan nutrisi didalamnya. Karena dengan pengetahuan itu akan membuat seseorang lebih tertarik untuk memakan, apalagi yang sebelumnya menghindari setelah paham nutrisi baiknya bisa mencoba untuk mengkonsumsi. Nah, tiap dalam 100 gram tomat ternyata menyimpan sederet nutrisi mulai dari adanya kalori 20, protein 1 g, lemak 0.3 g, 4.2 g karbohidrat, kalsium 5 mg, vitamin B 60 mcg, vitamin C 40 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0.5 mg. Bila melihat semuanya tentu Anda paham jika nutrisi tersebut sangat diperlukan dalam tubuh.

Ciri Khas Tomat

Baca Artikel Lainnya: Lima Langkah Menanam Tomat di Rumah dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Di Indonesia sering orang menyebut tomat sebagai buah namun ada pula yang menyebutnya dalam jenis sayuran. Terlepas dari hal itu Anda perlu paham jika ada banyak jenis tomat yang memiliki rasa berbeda pada masing-masing. Mungkin untuk rasa yang sedikit manis disebut dengan tomat buah dan asam merupakan tomat sayur, namun lebih jelasnya memang pahami jenisnya. Tomat sendiri memiliki ciri khas warna merah yang mudah untuk ditanam ternyata. Memiliki biji cukup banyak didalamnya dan berongga. Dipasaran sendiri menjual tomat dari yang masih hijau hingga yang sudah merah, masing-masing bisa digunakan dalam berbagai olahan.

Cara Menanam Tomat Di Lahan Sempit

Sebenarnya memang membeli tomat secara langsung mudah saja, karena selain banyak yang menjual harganya juga jauh lebih murah. Namun akan semakin menarik ketika memasak apapun bahannya merupakan hasil tanaman sendiri. Selain itu menanam sayuran pada lahan akan memberikan kondisi udara lebih bagus dan sejuk. Bagi Anda yang ingin mencoba menanam tomat, bisa melalui beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Pertama Anda bisa pilih terlebih dahulu jenis biji tomat yang berkualitas sebagai benihnya, selain itu Anda dapat membeli dalam bentuk pohon yang banyak dijual pada jual tanaman.
  2. Gali lubang sekitar 30 cm kemudian Anda bisa mencampur dengan berbagai jenis pupuk, rekomendasikan pupuk kompos. Setelah itu tutup dengan tanah dan ditambah lapisan jerami atau potongan rumput untuk mencegah munculnya gulma.
  3. Pastikan pohon tomat yang Anda tanam tersebut akan mendapatkan sinar matahari secara langsung, artinya kebutuhan sinar tetap tercukupi meskipun pada lahan yang sempit.
  4. Perawatan cukup mudah, siram pada air yang langsung ke tanah jangan hanya pada daun karena itu justru akan merusak pohon.
  5. Banyak jenis tomat yang tumbuh baik meskipun hanya ditanam pada lokasi kecil bahkan pot, pastikan untuk tidak mencampurkan satu wadah dengan berbagai jenis atau varietas.
  6. Masa panen umumnya 6 atau 8 bulan, Anda bisa memanen sesuai dengan keinginan tingkat kematangan.

Diatas merupakan cara sangat mudah untuk mencoba menanam tomat dalam pot atau lokasi rumah yang kecil. Meskipun begitu tingkat keberhasilan lebih tinggi, seperti yang dipahami jika di Indonesia merupakan salah satu tanah subur. Namun tetap perlu untuk melakukan perawatan dengan tepat mulai dari pemberian pupuk, penyiraman, sampai dengan proses panen yang benar. Bagaimana, mudah bukan budidaya tomat sendiri dirumah?Dengan memiliki pohon tomat sendiri sewaktu membutuhkan bisa langsung memanen dan mendapatkan produk segar. Namun jika Anda tidak ingin kerepotan dan ingin mendapatkan produk sayur atau buah segar setiap hari layaknya panen sendiri, coba belanja saja di TaniHub. Mulai sayur, buah, daging, ikan, telur ataupun lainnya bisa Anda dapatkan dalam satu tempat. TaniHub merupakan tempat belanja yang murah karena banyak promo menarik. Selain itu juga mudah dan aman karena tidak perlu keluar rumah langsung bisa diantar. Yuk jangan lewatkan belanja bulanan dengan memanfaatkan promo TaniHub sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 1 = 1