Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Untuk memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh, mengonsumsi ikan menjadi salah satu cara yang paling mudah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang hampir disukai oleh sebagian besar orang. Selain mengandung banyak protein, ikan juga mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya. Sehingga mengonsumsi tidak hanya mendapatkan rasa lezatnya saja, namun juga berdampak bagus bagi kesehatan. Ada banyak cara mengolah ikan, mulai dari menggoreng, membakar, mengukus, dll. Anda bisa memilih cara mana saja dalam mengolahnya. Hanya saja yang perlu diketahui, cara memasak yang kurang tepat juga bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya. 

Pengertian Ikan 

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Ikan merupakan salah satu bahan makanan berupa daging yang terkenal memiliki kandungan protein tinggi. Mengonsumsi ikan menjadi favorit hampir semua orang karena cita rasanya yang lezat saat diolah dengan berbagai cara. Baik itu digoreng, dibakar, dikukus, di bumbu kuah, dan masih banyak lagi. Untuk jenis ikan yang kerap digunakan untuk konsumsi biasanya adalah jenis ikan tawar dan ikan laut. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara bahari, sehingga jenis ikan yang bisa dijumpai dan didapatkan untuk kebutuhan konsumsi sangatlah banyak. Mengonsumsi ikan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. 

Baca Artikel Lainnya: 5 Manfaat Tersembunyi Ikan Patin Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dalam Ikan 

Ada banyak sekali kandungan nutrisi pada daging ikan. Adapun diantaranya, yaitu asam lemak Omega-3 DHA, asam lemak Omega-3 EPA, lemak jenuh, protein tinggi, kalsium, vitamin D, yodium, dan berbagai nutrisi penting lainnya. 

Jenis-jenis Ikan yang Dikonsumsi 

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Tidak semua jenis ikan yang ada di Indonesia bisa dikonsumsi. Sehingga sebaiknya ketahui beberapa diantaranya yang bisa diolah dan disantap sebagai sumber protein hewani.

  • Lele.
  • Tongkol.
  • Salmon.
  • Cakalang.
  • Tuna.
  • Kakap.
  • Kembung.
  • Makarel.
  • Tenggiri.
  • Teri.

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ikan 

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, tidak heran jika mengonsumsi ikan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Membantu pertumbuhan, terutama untuk otak dan tulang pada anak-anak.
  • Mencegah dari penyakit jantung.
  • Menjaga fungsi dan kesehatan otak.
  • Mengurangi resiko terkena depresi.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Bagus untuk dikonsumsi pada penderita gangguan tiroid.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Cara Memasak Ikan yang Benar

Mengandung Banyak Nutrisi, Beginilah Cara Memasak Ikan yang Benar

Ikan mengandung banyak sekali kandungan nutrisi baik di dalamnya. namun terkadang nutrisi itu bisa hilang akibat cara memasak atau mengolahnya yang kurang tepat. Maka dari itu, berikut ini akan dibagikan cara mengolah ikan yang tepat, yaitu:

  • Hindari memasaknya terlalu lama.

Ikan yang terlalu lama dimasak akan cenderung kering dan hilang rasa alaminya. Sebaiknya masak ikan selama 10 menit per inchi, dengan mengukur dari titik ikan yang paling tebal. 

  • Hindari menyentuh ikan terlalu sering.

Kebiasaan menyentuh ikan dengan spatula saat memasaknya justru bisa membuat lapisan kulit luarnya menjadi rusak dan tidak renyah. Sebaiknya jika ingin membalik ikan yang dimasak, gunakan satu atau dua spatula agar bisa sekali sentuh saja. 

  • Untuk daging ikan beku, sebaiknya cairkan es-nya hingga meleleh.

Menyetok bahan makanan, seperti ikan menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang. Jika sebelumnya Anda menyimpan ikan di dalam kulkas dan sekarang menjadi beku, maka sebaiknya cairkan dulu ikan beku tersebut sebelum dimasak. Hindari mencairkan ikan beku dengan menyiramnya menggunakan air panas. Sebaiknya diamkan ikan selama 4-5 jam agar meleleh dengan suhu ruang. 

  • Buang kulit ikan sebelum memasaknya.

Sebelum dimasak, sisik atau kulit luar ikan yang cenderung keras harus dibersihkan terlebih dahulu. Sebaiknya ketahui cara mengolah ikan yang tepat dengan jenis kulit atau sisik yang berbeda-beda. Sehingga olahan ikan nantinya juga semakin lezat karena penanganan pada bagian kulitnya yang tepat. 

  • Hindari menggunakan terlalu banyak garam.

Saat Anda menggunakan garam terlalu banyak, maka saat diolah nanti ikan akan menyerap cairan namun meninggalkan kristal garam. Sehingga sebaiknya gunakan garam sedikit saja saat memasak ikan. Agar ikan terasa nikmat, gunakan sedikit garam yang sudah dicampur dengan minyak zaitun dan lemon. 

Ikan segar memang yang terbaik untuk dibuat olahan masakan. Namun terkadang saat berbelanja, tidak jarang kita mendapatkan ikan yang kondisinya sudah tidak bagus. Nah, agar mendapatkan kebutuhan ikan segar untuk konsumsi sehari-hari dengan mudah, maka bisa mencoba untuk berbelanja di TaniHub. Selain cara belanjanya mudah karena via online, TaniHub juga memiliki banyak pilihan produk ikan segar berkualitas. Gratis Ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
65 − 59 =