Mengenal 11 Jenis Pisang

Mengenal 11 Jenis Pisang

Mengenal 11 Jenis Pisang

Pohon pisang merupakan tanaman yang paling mudah ditemukan di Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai pisang. Hampir setengahnya tepatnya 46% jenis buah yang dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah pisang.

Kebutuhan pisang tidak akan terpenuhi jika pohon pisang tidak banyak. Selain sebagai buah yang populer, alasan lain mengapa banyak pohon pisang adalah karena mudah tumbuh dan dirawat. Anda juga bisa menanamnya di halaman rumah Anda sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan pucuk dan berbagai aksesorisnya. Berikut dibawah ini beberapa jenis-jenis pisang.

Seribu Pisang

Mengenal 11 Jenis Pisang

Salah satu jenis pisang yang paling populer adalah pisang raja seribu yang memiliki aroma yang sangat harum dan rasa yang manis. Pisang ini memiliki ukuran sebesar pisang pada umumnya dengan warna kuning ketika sudah matang. 

Baca Artikel Lainnya: Resep Pisang Goreng Crispy yang Bisa Anda Coba

Pisang Buwana Merah

Jika Anda pernah mendengar tentang pisang untuk tanaman hias, jenis pisang tersebut adalah pisang sangga buwana merah. Pohon itu masih berbuah, seperti namanya berwarna merah. Namun, buah ini tidak bisa dimakan. Keunikan pohon pisang ini adalah jantungnya terus tumbuh ke atas dan mampu tumbuh hingga ketinggian 200 cm.

Pisang Varigata

Keunikannya terletak pada buah pisang yang berbentuk seperti mentimun. Buah ini memiliki rasa yang manis sehingga Anda bisa langsung memakannya. Anda juga bisa mengkonsumsi kulitnya.

Pisang Merah

Seperti namanya, pisang ini memiliki warna merah yang membuatnya unik. Pohonnya memiliki bentuk yang sama seperti pohon pisang pada umumnya tanpa ada yang membedakan. Pisang merah dipercaya dapat membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti batu ginjal, asam lambung, dan penyumbatan darah.

Pisang Genderuwo

Pohon pisang ini sebenarnya disebut pisang potho merah yang berasal dari Yogyakarta, namun perawakannya yang besar, batang berwarna merah tua, dan buah yang sangat besar membuat buah ini dijuluki pisang genderuwo. Pisang genderuwo adalah pisang langka sehingga Anda mungkin kesulitan menemukannya di pasaran.

Pisang Ambon

Salah satu pisang yang paling banyak dicari adalah pisang ambon. Tunas pohon pisang ini asli Indonesia. Ciri-ciri pohonnya sama dengan tanaman pisang pada umumnya. Kulit buahnya juga berwarna hijau bila belum masak dan kuning bila sudah masak. Daging buahnya berwarna putih, rasanya manis, dan tidak berbiji.

Pisang Candevish

Pisang ini berasal dari Amerika. Namun, tetap populer di Indonesia. Jika Anda sering menemukan pisang di supermarket, itu adalah pisang candevish. Ciri khas pisang ini adalah ukurannya yang besar dan dagingnya yang padat.

Pisang Kepok

Pisang kepok adalah pisang yang paling cocok untuk membuat keripik pisang. Pucuk pohon pisang kepok berasal dari Filipina. Ada beberapa jenis pisang jenis ini, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Perbedaan kedua jenis pisang kepok tersebut dapat dilihat dari ukurannya, dimana pisang kepok kuning memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pisang kepok putih.

Pisang Mas

Pisang yang satu ini bisa dibilang pisang dengan ukuran paling kecil dibandingkan jenis pisang lainnya. Ciri khas lain dari pisang mas selain ukurannya adalah warnanya yang kuning cerah dan aroma manisnya yang khas. Pisang mas tidak cocok untuk diolah menjadi makanan lain.

Tanduk Pisang

Pisang ini disebut pisang tanduk karena bentuknya yang panjang, besar, dan melengkung seperti tanduk. Anda bisa melihat bentuknya yang besar saat mulai berbuah dari pohonnya. Pisang ini berasal dari Sukabumi dan memiliki warna daging yang agak merah. Rasanya juga bervariasi, dari asam hingga manis. Pisang tanduk adalah pisang yang paling banyak digunakan sebagai gorengan.

Uli Pisang

Selain pisang tanduk, pisang uli juga cocok untuk digoreng karena rasanya yang manis, sedangkan teksturnya yang lembut. Pisang uli berukuran sedang.

Cara Memilih Tunas Pohon 

Mengenal 11 Jenis Pisang

Baca Artikel Lainnya: Aneka Olahan Nikmat dari Pisang Kepok dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Apapun jenis pohon pisang yang Anda pilih, Anda tetap harus bisa memilih pucuk yang tepat. Tunas yang baik tentu akan menghasilkan pohon yang baik. Untuk mendapatkan pohon pisang yang baik, pilih pucuk dengan tinggi 1 hingga 1,5 meter dan lebar sekitar 15 hingga 20 cm. 

Pilih juga sebagai anakan dewasa yang telah memiliki calon bunga. Jenis pisang apa yang anda pilih? Itulah jenis dan macam-macam buah pisang. Taukah anda pisang itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika Anda sedang mencari buah pisang yang berkualitas dan selalu segar, TaniHub adalah pilihan yang sangat bagus karena semua bahan masakan termasuk sayuran dan buah-buahan, daging serta bumbu masak dan sembako terjamin kualitasnya karena diambil langsung dari petani yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
85 + = 93