Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Jambu merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini mempunyai beberapa jenis yang akan membedakan rasa, cara pengolahan, tekstur, hingga manfaat yang ditawarkan. Termasuk juga jambu kristal yang termasuk ke dalam jenis jambu biji. Jambu kristal bisa menjadi salah satu buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan yang dipunyai buah ini. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kandungan dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari jambu kristal, akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Pengertian Jambu Kristal

Jambu kristal atau psidium guajava merupakan jambu yang merupakan mutasi dari jambu Muanghtai Pak. Apabila dilihat dari bentuknya tentunya tidak sulit untuk mengetahui bahwa jambu kristal termasuk jenis jambu biji. Hal tersebut karena jenis ini memang merupakan pengembangan dari jambu biji. Akan tetapi untuk perbedaannya adalah jenis jambu kristal ini mempunyai biji yang lebih sedikit dibandingkan jambu biji pada umumnya. Jambu kristal terdiri dari dua jenis yaitu buah yang berwarna merah dan warna putih. Karena mempunyai biji yang lebih sedikit hal tersebut membuat jenis jambu kristal lebih banyak diminati. Selain bijinya lebih sedikit, jambu jenis ini juga mempunyai keunggulan karena mempunyai tekstur buah lebih renyah.

Kandungan Jambu Kristal

Selain mendapatkan keunggulan biji yang lebih sedikit dan tekstur renyah, jambu kristal juga mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Dengan mengkonsumsi jambu jenis ini secara rutin akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi per hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga jambu biji bisa dipilih sebagai camilan yang sehat hingga minuman seperti jus yang enak. Jambu kristal mempunyai kandungan gizi mulai dari air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, seng, beta karoten, dan tembaga. Selain itu jambu kristal juga mempunyai kandungan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Baca Artikel Lainnya : Jangan Anggap Remeh, Berikut ini Manfaat Jambu Biji untuk Kehamilan

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizi yang lengkap, tidak heran apabila jambu kristal menawarkan banyak manfaat kesehatan. Seperti 8 manfaat jambu kristal yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh berikut ini:

1.Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat pertama dari jambu kristal adalah dapat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jambu kristal mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga hal tersebut dapat membuat gerakan usus menjadi normal. Bagi yang mengalami gangguan pencernaan, bisa dibantu dengan jambu kristal yang dapat melembutkan dan meningkatkan massa feses sehingga akan mengatasi sembelit yang dialami. Selain itu dengan mengkonsumsi jambu kristal juga dapat untuk mendapatkan feses yang encer, sehingga akan dapat mencegah diare.

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat jambu kristal untuk kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila imun lebih kuat, hal tersebut juga akan membantu agar tidak mudah terserang penyakit. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh mempunyai banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti dengan berolahraga dengan rutin, mengonsumsi sayuran dan buah, dan minum multivitamin. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara mudah dan alami seperti mengkonsumsi jambu kristal. Buah ini mempunyai kandungan antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas dan membantu menghindari penyakit.

3.Meredakan batuk dan flu

Batuk dan flu merupakan penyakit yang paling umum diderita oleh seseorang. Penyakit ini dapat dicegah apabila mempunyai imun yang terjaga sehingga tidak mudah sakit. Dengan mengonsumsi jambu kristal juga memberikan manfaat untuk mengurangi gejala dan meredakan batuk dan flu yang dirasakan. Hal tersebut karena kulit, daun, hingga daging buah ini mempunyai kandungan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu buah ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk mengatasi flu dan batuk.

4.Menurunkan berat badan

Jambu kristal bisa menjadi makanan terbaik yang dikonsumsi ketika menjalankan program diet. Anda dapat untuk menjadikan jambu kristal sebagai camilan sehat atau minuman selama diet. Pasalnya buah ini mempunyai kandungan kalori yang rendah akan tetapi juga tinggi serat. Sehingga hal tersebut akan membuat kenyang lebih lama dan membantu program diet lebih mudah berhasil.

5.Bagus untuk kesehatan mata

Jambu kristal juga bisa dikonsumsi untuk memberikan manfaat menjaga kesehatan mata. Terutama di era sekarang ini yang tidak bisa lepas dari layar gadget yang dapat membuat mata lebih mudah capek dan masalah mata lainnya. Untuk menjaga kesehatan mata tersebut, Anda bisa menggunakan cara alami dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah jambu kristal yang mempunyai kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dengan optimal. Mengkonsumsi jambu kristal dengan rutin juga dapat mencegah dan terhindar dari gangguan mata seperti rabun dekat ataupun jauh, silindris, dan penyakit mata lainnya.

Baca Artikel Lainnya: Beberapa Manfaat Jambu Kristal Buat Kesehatan Tubuh

6.Menjaga kesehatan kulit

Buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit yaitu membantu kulit tetap lembab. di dalam buah jambu kristal ini mempunyai kandungan mineral dan juga vitamin. Kandungan tersebut bagus untuk menjaga kelembapan kulit dan juga mencegah penuaan. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C yang memberikan manfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti kemerahan dan iritasi.

7.Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan jantung beberapa langkah yang dapat dilakukan misalnya dengan tidak merokok, berolahraga dengan rutin, dan juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk jantung. Seperti salah satunya adalah jambu kristal yang kaya akan kalium dan serat yang tinggi. Kedua kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah yang baik untuk jantung. Sedangkan kandungan serat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Sehingga dengan mengkonsumsi jambu kristal dengan rutin dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung secara mudah.

8.Baik untuk ibu hamil

Manfaat jambu kristal terakhir adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil. Ketika sedang hamil perlu untuk memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pastikan untuk memilih makanan yang sehat dan memberikan manfaat untuk menjaga ibu hamil dan janin yang masih dalam kandungan. Jambu kristal mempunyai kandungan vitamin C dan mineral yang membantu penyerapan zat besi sehingga memberikan oksigen yang dibutuhkan bayi. Hal tersebut akan membantu ibu hamil dan janin terjaga selama masa kehamilan.

Bagi yang ingin mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang bisa diberikan jambu kristal, bisa untuk mendapatkannya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan membelinya di TaniHub yang menyediakan produk petani lokal termasuk juga jambu kristal maupun jambu biji jenis lainnya. Anda bisa membelinya dengan mudah yang menawarkan pengiriman cepat dan area layanan luas mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan banyak kota lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
7 + 1 =