Mengenal Beragam Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi dan Tips Memilihnya

Siapa yang tidak kenal dengan udang, salah satu sumber protein yang disukai oleh masyarakat, karena memiliki cita rasa manis yang nikmat. Bahan makanan yang satu ini juga dapat diolah menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera, sehingga Anda tak akan pernah bosan untuk mengonsumsinya. Di Indonesia sendiri faktanya juga ada cukup banyak diantara para petani udang. Dimana memang mereka menghasilkan produk udang berkualitas yang laris di pasaran, entah itu untuk rumah tangga maupun disetorkan e berbagai restoran.

Jenis-jenis Udang dengan Rasa Nikmat

Mengenal Beragam Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi dan Tips Memilihnya

Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya udang yang ada di Indonesia ini tak hanya ada satu jenis, melainkan cukup banyak, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Vaname, udang yang satu ini harganya relatif mahal, namun cukup laris karena memang ukurannya cukup besar dan rasanya nikmat. Udang ini punya ciri khas yaitu coraknya yang akan kebiruan.
  2. Galah, salah satu udang dengan ukuran yang cukup besar, udang air tawar ini punya ciri khas yaitu capitnya yang panjang serta ukuran kepala yang besar. Sangat cocok untuk diolah dengan cara dibakar karena punya tekstur kulit yang keras serta kokoh.
  3. Jerbung, dikenal juga sebagai udang putih karena punya kulit luar putih, kulitnya sendiri licin serta tipis.
  4. Peci, udang ini juga punya warna putih, namun lebih gelap serta punya bintik hitam, ia dapat digunakan untuk beragam jenis olahan.
  5. ancet, dikenal juga dengan nama udang windu, ia punya kulit yang tebal serta keras dan memiliki warna hijau atau merah dengan garis melintang yang agak gelap, paling cocok disantap dengan cara dibakar.
  6. Dongol, punya warna merah muda serta agak kekuningan, ukurannya sendiri juga tidak terlalu besar, sangat cocok digunakan sebagai pelengkap masakan maupun digoreng dengan tepung.
  7. Kipas, ukurannya besar dan lebih mirip lobster, kulitnya sendiri keras meskipun tidak sekeras lobster, paling cocok dibuat aneka hidangan bersaus.
  8. Rebon, ukuran udang rebon ini kecil-kecil dan umumnya dijadikan sebagai pelengkap dalam sebuah masakan.

Baca Artikel Lainnya: Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Tips Memilih Udang yang Segar

Mengenal Beragam Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi dan Tips Memilihnya

Bagi Anda yang ingin membeli bahan makanan satu ini, penting juga untuk memilih produk yang benar-benar segar, yaitu:

  1. Pilihlah udang yang tekstur kulitnya masih keras karena ini menandakan kesegarannya, karena ketika ia sudah tidak segar maka kulitnya akan jadi lembek.
  2. Cek kepala udang, selanjutnya dapat mengecek bagian kepala udang tersebut, udang yang masih segar bagian kepalanya masih menyatu, belum terpisah dengan bagian tubuh udang tersebut, masih bening dan juga belum berubah warna menjadi kemerahan.
  3. Warna, perhatikan juga warna udang tersebut dimana yang segar masih berwarna cerah bening, sedangkan yang sudah merah pucat artinya sudah tidak segar lagi.
  4. Bau, udang segar tidak terlalu berbau, hanya sedikit aroma khasnya, sedangkan yang tidak segar aromanya sedikit lebih menyengat.

Tips Membersihkan Udang

Mengenal Beragam Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi dan Tips Memilihnya

Selanjutnya tak kalah penting Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk membersihkan udang tersebut, yaitu:

  1. Cucilah udang di bawah air yang mengalir, agar lebih mudah menghilangkan pasir atau lumpur yang masih menempel.
  2. Buang bagian kepalanya, karena bagian ini memang sangat mengganggu ketika dikonsumsi, khususnya adalah karena ada kumis disana.
  3. Jika ingin lebih mudah dimakan Anda juga dapat mengupas kulitnya, namun jika Anda ingin memakan dengan kulitnya juga tidak masalah.
  4. Lumuri dengan garam serta perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis dari udang tersebut.

Belanja aneka jenis bahan dapur baik itu sayur, buah, ikan, daging, seafood serta bumbu dapur hingga sembako sekarang ini bisa semakin mudah online, yaitu lewat TaniHub. Dimana memang ia merupakan sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Jaminan kesegaran produk karena didapatkan langsung dari petani yang baru panen, ditambah lagi untuk pengiriman juga super cepat, sehingga memungkinkan nantinya jaminan kesegaran produk tersebut sampai ke tangan Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 1 = 8