Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Bagi Anda yang menyukai makanan segar seperti acar tentunya tak asing lagi dengan lobak bukan. Apalagi jenis sayuran yang satu ini memang kerap kali dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan acar. Dalam beberapa jenis soto ia juga kerap kali dijadikan sebagai campuran. Di pasaran sendiri nyatanya tidak semua tempat menjual sayur yang satu ini. Hanya saja ia memang paling banyak tumbuh di kawasan pegunungan atau dataran tinggi, meskipun juga ada yang ditanam di dataran rendah. Untuk lebih mengenal mengenai tanaman yang satu ini maka simak penjelasan berikut.

Pengertian Lobak Putih

Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Lobak termasuk tumbuhan yang masuk kedalam famili Cruciferae, memiliki bentuk umbi layaknya wortel dengan kulit yang berwarna putih. Ia termasuk tanaman yang berasal dari negara Tiongkok dan kemudian menyebar dan dibudidayakan di berbagai penjuru dunia. Termasuk diantaranya di Indonesia. Tanaman yang satu ini mampu tumbuh di kawasan dataran rendah maupun tinggi. di Indonesia sendiri pada saat ini kawasan yang paling banyak membudidayakan tanaman ini adalah di dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas maupun Bedugul.

Setidaknya untuk luas dari perkebunan tanaman lobak yang ada di Indonesia adalah sekitar 15.700 hektar. Untuk menanam lobak sendiri paling bagus adalah di tanah yang gembur, dimana tanah tersebut banyak mengandung humus dan bagian lapisan tanah tidak banyak mengandung kerikil. Sedangkan jika melihat dari segi waktu penanaman terbaik adalah pada saat musim hujan maupun di awal kemarau. Hanya saja jika ditanam pada musim kemarau maka harus memastikan tanah tersebut cukup air.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Lobak Putih untuk Kulit, Rambut dan Tubuh

Kandungan Gizi dalam Lobak Putih

Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Di dalam 100 gram lobak putih ini setidaknya mengandung banyak senyawa bermanfaat didalamnya, yaitu:

  1. Kalori, kalori yang terkandung didalamnya terbilang kecil yaitu hanya sekitar 18,2 kkal saja. Sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang tengah menjalankan program diet.
  2. Lemak, hanya 0,1 persen kandungan lemak yang ada didalamnya.
  3. Karbohidrat, lobak putih mengandung karbohidrat sebanyak 4,1 gram dalam setiap 100 gramnya.
  4. Serat pangan, lobak putih mengandung serat pangan yang cukup tinggi yaitu sekitar 1,6 gram.
  5. Gula, di dalam umbi yang satu ini juga terkandung gula itulah mengapa rasanya sedikit manis, yaitu sebesar 2,5 gram.
  6. Protein, protein yang terkandung didalamnya sebanyak 0,6 gram.
  7. Vitamin, ada banyak jenis vitamin yang terkandung dalam lobak putih, mulai diantaranya adalah vitamin C, Vitamin B6, Vitamin B12 dan Vitamin D.
  8. Mineral, selain itu juga ada banyak mineral-mineral bermanfaat yang juga terkandung didalamnya, mulai dari magnesium, kalsium, natrium sampai dengan kalium.

Baca Juga: Mengulas Beragam Jenis Lobak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

Mengenal Lebih Dalam Seputar Lobak Putih

Konsumsi lobak putih ini nyatanya tak hanya enak, melainkan juga memberikan banyak sekali manfaat, khususnya adalah untuk kesehatan, yaitu:

  1. Membantu program diet, khususnya bagi yang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada didalamnya cukup tinggi, sehingga akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu serat juga sangat berguna dalam mengikat lemak yang menumpuk dalam tubuh. Sehingga sangat bagus untuk bantu turunkan berat badan.
  1. Dapat membantu jaga kesehatan sistem kardiovaskular, banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa ternyata lokal putih ini bagus untuk kesehatan pembuluh darah hingga jantung. Karena didalamnya terdapat senyawa yang membantu untuk turunkan resiko terkena penyakit jantung maupun stroke. Belum lagi dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam lobak. Hal ini sangat bagus untuk turunkan tekanan darah, jika tekanan darah tetap terjaga maka jantung juga akan bekerja secara normal untuk memompa darah. Membantu untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital tersebut.
  1. Dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, lobak putih juga bagus untuk mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan sayuran ini mengandung senyawa isothyocyanate yang cukup tinggi. senyawa ini termasuk dalam antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya penyebab kanker. Juga mampu untuk mencegah perkembangan tumor dalam tubuh. Bagus untuk melawan efek radikal bebas yang memang menjadi salah satu faktor munculnya penyakit kanker.
  1. Bantu turunkan tekanan darah tinggi, seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa memang lobak ini mengandung mineral kalium yang berfungsi untuk jaga tekanan darah agar tetap normal. Kalium ini bekerjanya adalah bertolak belakang dengan natrium, salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Karena memang kelebihan kalium dalam tubuh bisa mempersempit pembuluh darah. Itulah mengapa nantinya kalium bisa bantu untuk meredakan efek samping tersebut, juga efeknya juga berpengaruh terhadap kesehatan organ ginjal, mengingat organ yang satu ini bekerja untuk seimbangkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan banyak konsumsi tanaman semacam lobak ini bagus untuk seimbangkan cairan dan mengoptimalkan kinerja dari organ ginjal.
  1. Sangat bagus untuk penderita diabetes melitus, bagi pasien diabetes melitus konsumsi sayuran yang satu ini juga aman karena rendah indeks glikemiknya. Sehingga sedikit juga pengaruhnya terhadap level insulin maupun kadar gula darah. Itulah mengapa bagi penderita penyakit gula ini, maka dengan konsumsi lobak sangat berpengaruh untuk mengatur masuknya gula dalam darah. Cegah peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba. Ia juga sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan pertahanan antioksidan dan juga dapat mengurangi stres oksidatif yang bisa menjadi penyebab penyakit.
  1. Cegah kerusakan organ hati, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lobak putih ini mengandung enzim khusus yang memiliki aktivitas hepatoprotektif, ia dapat menangkal hepatotoksik pada tubuh. Sebagaimana yang diketahui bahwa organ hati ini memang memiliki peran penting dalam menawar racun yang masuk kedalam tubuh. Sehingga resiko kerusakan juga tinggi. lobak putih diyakini mampu untuk menangkal efek buruk tersebut.
  1. Menyehatkan organ pencernaan, karena memang kaya akan kandungan serat maka lobak putih bagus untuk membantu perlancar sistem pencernaan, sehingga nantinya buang air besar menjadi lancar. Mencegah dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat baiknya bagi kesehatan tersebut, namun juga jangan berlebihan. Anda juga tak perlu kesulitan untuk menemukan sayur yang satu ini, karena bisa memesannya secara online lewat TaniHub. Ia merupakan e-commerce yang secara khusus menjual produk-produk pertanian asli dari budidaya petani di Indonesia. Sehingga tak perlu ragu lagi mengenai jaminan kualitasnya, karena masih dalam kondisi yang segar.

Dengan berbelanja di TaniHub ini ada banyak sekali keuntungannya, mulai dari produknya lengkap, bahan pangan apapun mulai dari sayur, buah, daging, bumbu dapur sampai dengan sembako semuanya ada. Untuk tawaran harganya sendiri juga terjangkau. Apalagi memang ada banyak promo-promo istimewa disini. Pesan sekarang maka besok TaniHub akan langsung kirim hingga ke rumah Anda. Tak perlu khawatir karena jangkauan dari TaniHub sekarang ini sudah sangat luas. Jadi tak perlu ragu lagi buruan belanja disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
40 + = 48