Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Manfaat semangka dari daging hingga bijinya banyak manfaatnya. Biji yang berserakan menyimpan nutrisi yang tidak kalah dengan dagingnya. Setelah mengetahui berbagai manfaat yang dimiliki semangka, Anda pasti akan semakin menyukai dan mengkonsumsi buah tropis ini. Kandungan gizi utama semangka mengandung:

  1. Kalori: 80 kalori
  2. Protein: 1 gram
  3. Karbohidrat: 21 gram
  4. Serat: 1 gram
  5. Kolesterol: 0 mg
  6. Gula: 20 gram
  7. Kalium: 270 mg
  8. Vitamin A: 30% dari asupan kecukupan gizi (AKG)
  9. Vitamin C: 25% dari RDA
  10. Kalsium: 2% dari RDA
  11. Besi: 4% dari RDA

Beberapa manfaat baik semangka untuk tubuh:

Melembabkan Tubuh dan Memperbaiki Pencernaan

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Kandungan air dalam semangka sangat tinggi. Faktanya, 92% dari semua semangka adalah air. Jika Anda tidak memiliki cukup air, bahkan sedikit saja dapat memperlambat Anda. Tidak hanya itu, semangka juga mengandung elektrolit yang baik untuk mencegah tubuh dari kepanasan. 

Air yang tinggi dalam semangka juga dilengkapi dengan nutrisi serat. Hal inilah yang menjadikan semangka sebagai paket makanan yang baik bagi Anda yang sedang menjaga berat badan ideal. Semangka kaya akan serat dan air merupakan kombinasi yang bagus untuk buang air besar yang normal. Serat membentuk tinja yang mudah dikeluarkan, sedangkan air membantu sistem pencernaan bergerak secara efisien.

Untuk Kesehatan Jantung

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Kandungan likopen yang tinggi pada semangka sangat efektif dalam melindungi sel dari kerusakan. Molekul ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi dari American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka dapat menurunkan hipertensi dan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas.

Semangka juga penting bagi wanita di usia yang lebih tua. Buah berkulit hijau ini juga kaya akan asam amino yang disebut citrulline. Jenis asam amino ini membantu menggerakkan darah ke seluruh tubuh dan menurunkan tekanan darah. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda juga bisa mengkonsumsi Blackmores Odorless Fish Oil untuk meningkatkan kesehatan jantung, mata, dan fungsi otak.

Baca Artikel Lainnya: 4 Tips Membeli Semangka yang Matang Sempurna

Mencegah Asma

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Oleh karena itu, keberadaan antioksidan pada paru-paru dapat mencegah penyebaran radikal bebas tersebut. Semangka juga merupakan salah satu sumber utama antioksidan yang ditemukan dalam vitamin C.

Dapat Mencegah Kanker

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Kemampuan semangka untuk melawan kanker tidak terbatas pada likopen. Vitamin C juga berperan dalam menekan radikal bebas yang memicu munculnya beberapa jenis kanker. Mereka menyerang melalui reaksi stres oksidatif yang mengakibatkan kerusakan pada DNA sel.

Baca Artikel Lainnya: Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Biji Semangka Yang Menyimpan Manfaat

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Beberapa dari kita mungkin khawatir menelan biji semangka. Makanya sering kita buang sampai bersih. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi menelan biji-biji kecil itu. Mereka justru menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Jika dihitung, segenggam biji semangka seberat 4 gram mengandung 23 kalori. Kalori rendah ini juga dilengkapi dengan nutrisi magnesium, zat besi, lemak baik, dan seng. Magnesium dalam 4 gram biji semangka memenuhi 5% RDA. 

Mineral ini penting untuk fungsi metabolisme tubuh. Hal ini juga diperlukan dalam menjaga fungsi saraf dan otot, serta kekebalan tubuh, hati, dan kesehatan tulang. Segenggam biji semangka mengandung zat besi 1,6% RDA. 

Zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin. Ini juga membantu tubuh mengubah kalori menjadi energi. Seng dalam biji semangka juga memberikan manfaat lain. Segenggam atau 4 gram biji semangka mengandung 4% zinc RDA. 

Nutrisi ini penting untuk sistem kekebalan tubuh, pencernaan, saraf, pembelahan sel dan pertumbuhan kembali, dan baik untuk indera perasa dan penciuman. Namun, Anda juga harus mewaspadai kandungan fitat dalam biji semangka. Senyawa ini menurunkan penyerapan zat besi dan seng yang menyebabkann penurunan nilai gizi.

Mengatasi Nyeri Otot

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Studi lainnya dari Journal of Applied Physiology jika citrulline dapat memperkuat kinerja atlet. Kesimpulan tersebut diambil dari para partisipan yang mengonsumsi suplemen citrulline mengambil performa yang hebat pada latihan berintensitas tinggi, seperti bersepeda dan lari cepat.

Menyehatkan Mata

Mengetahui 7 Manfaat Semangka

Vitamin ini penting untuk mata yang sehat. Guna likopen adalah menjaga dari kerusakan oksidatif dan inflamasi. Likopen juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD) yang jadi penyebab kebutaan pada orang yang berusia lebih tua. 

Semangka Punya Sifat Diuretik

Meski begitu, diuretik tetap disarankan untuk digunakan dengan dokter bila sebelumnya diresepkan obat. Bahkan, biji di dagingnya sendiri menyimpan nutrisi yang bermanfaat. Karena itu, kombinasi semangka dengan menu harian dan gaya hidup yang benar-benar disarankan untuk mendukung tubuh yang sehat dari berbagai penyakit.

Nah, itulah manfaat semangka. Bagi kamu yang mau beli semangka yang berkualitas bisa di TaniHub. TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Banyak keuntungan dalam aplikasi ini yaitu banyak promo menarik di setiap minggunya, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari dan memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan. Segera download aplikasi TaniHub disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 4 = 2