Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Telur merupakan salah satu bahan pangan hewani yang sudah banyak dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya sebutir telur yang dikonsumsi berasal dari beberapa jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, namun Telur yang lebih kecil seperti telur ikan terkadang juga digunakan sebagai suatu campuran masakan (kaviar). 

Selain itu, telur berukuran besar seperti telur burung unta (kasuari) atau telur berukuran sedang juga dikonsumsi, seperti telur penyu. Sebagian besar produk dari telur ayam yang ditujukan sebagai  sebuah makanan manusia belum disterilkan, mengingat ayam petelur yang memproduksinya tidak didampingi oleh seekor ayam jantan. 

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Telur Rebus Dan Kandungan Nutrisinya

Bagian Telur

Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur
  • Cangkang telur mempunyai banyak pori-pori yang sangat penting dalam pertukaran udara. Di dalam cangkang terdapat suatu selaput tipis, dalam salah satu ujung telur, selaput tersebut tidak dapat menempel pada cangkang telur sehingga membentuk rongga udara.
  • Rongga udara Sebagai sumber oksigen untuk embrio.
  • Albumen (putih telur) Berguna untuk melindungi zigot atau embrio dari suatu goncangan, bahaya lain, dan sebagai cadangan makanan.
  • Kuning Telur Sebagai suplai makanan bagi embrio.
  • Kalaza (tali kuning telur) berguna untuk menahan kuning telur pada tempatnya, agar tetap pada tempatnya dan menjaga sebuah embrio tetap berada di atas kuning telur.
  • Chip institusional Disebut juga sel embrio, yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Kualitas Telur

Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Kualitas AA (Kualitas 1)

Kondisi telur bersih, mulus, halus, tidak pecah-pecah, dan dalam bentuk normal. Kedalaman suatu kantung udara tidak boleh lebih dari 3,2 mm (SNI: < 0,5 cm). Putih telur perlu bersih, kental dan stabil, dengan konsistensi mirip seperti sebuah gelatin. Saat diperiksa, kuning telur tidak bergerak, berbentuk bulat, terletak di tengah telur, kuning telur dan bebas dari noda darah atau noda. Bayangan batas kuning telur dan putih telur saat diteropong tidak terlihat jelas.

Kualitas A (Kualitas 2)

Cangkang telur bersih, halus, halus, tidak pecah-pecah, dan berbentuk normal. Kedalaman dari rongga udara tidak boleh lebih dari 4,8 mm (SNI: 0,5-0,9 cm). Putih telur harus bersih, dan kental. Bayangan batas kuning telur dan putih telur saat dilihat dengan teleskop mulai semakin jelas. Kuning telur berbentuk bulat, letaknya di tengah, harus bersih, dan bebas dari noda atau noda.

Kualitas B (Kualitas 3)

Cangkangnya harus bersih, tidak boleh retak, agak kasar, dan mungkin bentuknya tidak normal. Kantong udara lebih dari 1,6 mm (SNI: > 1 cm). Putih telur nya encer, jadi kuningnya bebas bergerak saat Anda melihatnya. Ada sedikit noda, tapi tidak boleh ada suatu benda asing lain dan bagian kuningnya belum tercampur putihnya. 

Baca Artikel Lainnya: Cara Memilih dan Menyimpan Telur Ayam yang Tepat

Jenis Telur

Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung merupakan salah satu jenis telur yang sudah sering kita jumpai. Memiliki ukuran yang lebih kecil dari telur ayam kampung. Warnanya juga putih. Meski ukurannya kecil, telur ayam kampung berkhasiat untuk meningkatkan stamina, menguatkan syaraf dan masih banyak lagi. Selain itu, telur ini juga sering digunakan sebagai media pengobatan alami.

Telur Ayam Negeri

Telur inilah yang sering kita konsumsi sehari-hari dan mudah didapat. Telurnya berwarna coklat. Manfaatnya antara lain sebagai sumber energi dan protein. Selain itu, putih telur dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.

Telur Puyuh

Telur puyuh mempunyai ukuran dan bentuk yang lebih kecil dari telur ayam. Memiliki pola hitam di setiap sisinya. Sangat bergizi karena kaya akan vitamin D dan B12. Meski berukuran kecil, Anda harus berhati-hati mengkonsumsi telur puyuh karena mengandung kolesterol tinggi.

Telur Bebek

Telur bebek berwarna putih kehijauan. Bentuknya seperti telur ayam tetapi ukurannya sedikit lebih besar. Telur bebek kaya akan kelompok vitamin B kompleks. Bagi pria, telur ini dapat meningkatkan gairah seks, karena mengandung lemak dan kandungan protein yang baik.

Telur Kalkun

Telur seekor kalkun jelas jauh lebih besar dari telur ayam. Mereka memiliki kualitas yang sangat baik untuk memasak. Telur ini sebagian besar populer di negara-negara yang mempunyai populasi seekor kalkun dan kaya akan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

Tidak semua orang paham dalam memilih telur berkualitas dan masih segar ketika berbelanja. Tetapi supaya tidak kerepotan mendapatkan bahan yang hampir busuk. Bisa langsung percayakan belanja Anda di TaniHub. Dimana itu merupakan tempat belanja online yang hadir di beberapa kota besar Indonesia, bagi ibu modern ini sangat membantu. Tinggal pesan melalui online langsung diantar sampai depan pintu rumah Anda. Selain itu juga banyak promo-promo menarik yang membuat hemat tiap minggunya. Segera download aplikasinya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
9 + = 15