Mengetahui Kandungan dan Manfaat Dari Daging Sapi

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Dari Daging Sapi

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Dari Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu jenis daging merah yang kaya akan sebuah nutrisi dan sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Selain sebagai sumber sebuah protein, Daging sapi juga mengandung banyak kandungan nutrisi lain yang akan memberikan manfaat untuk anak. Manfaat daging sapi baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Berikut sederet kandungan dan manfaat yang wajib Anda ketahui.

Kandungan Daging Sapi

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Dari Daging Sapi

Protein

Kandungan terbesar dalam daging sapi adalah protein. Dalam 100 gram daging sapi mengandung sebuah protein hingga 26,1 gram. Protein ini dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhan, pembentukan jaringan baru, sumber energi, meningkatkan fungsi otak, memproduksi hemoglobin, dan membentuk antibodi. Jadi, jika ingin memenuhi kebutuhan protein harian pada anak, daging sapi adalah pilihan yang tepat.

Zat Besi

  • Untuk metabolisme energi.
  • Mendukung perkembangan otak.
  • Suplai oksigen ke otak.
  • Mengatur suhu tubuh.
  • Mendukung kinerja otot.

Vitamin B Kompleks

  • Vitamin B3. Biasa dikenal sebagai niasin. Fungsi niasin cukup beragam, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Vitamin B6. Berfungsi untuk metabolisme energi dan pembentukan suatu sel darah.
  • Vitamin B12. Daging sapi merupakan salah satu sumber dari vitamin B12 terbaik, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah dan membantu sistem saraf dan kerja otak.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Daging Sapi Wagyu yang Harganya Mahal

Vitamin D

Setelah protein, daging sapi juga mengandung zat besi yang tinggi. Dengan kandungan sebuah mineral ini, manfaat daging sapi juga bisa membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi juga akan memberikan berbagai manfaat lainnya, seperti: Daging sapi adalah sumber vitamin B kompleks yang berguna untuk membantu fungsi sistem saraf otak yang akan berpengaruh untuk menjaga konsentrasi dan mempertajam daya ingat.

Zinc

Selanjutnya ada kandungan zinc, sehingga manfaat daging sapi akan mampu memperkuat sistem imun dan mendukung metabolisme dalam tubuh anak. Fungsi lain yang diberikan oleh Zincadalah untuk mempercepat penyembuhan luka, pertumbuhan sel, sintesis DNA, dan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada anak laki-laki, kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan gangguan perkembangan fungsi reproduksi dan pembentukan sperma di kemudian hari.

Fosfor

Manfaat daging sapi selanjutnya adalah untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Ini karena adanya mineral yang disebut fosfor. Mineral ini juga berperan sangat penting dalam proses pembentukan DNA, mengoptimalkan fungsi dari saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, mendukung pembentukan sel, dan memperlancar metabolisme.

Omega 3

Asam lemak omega 3 tidak hanya terdapat pada telur dan salmon, Moms, tetapi juga pada daging sapi. Zat-zat gizi tersebut memiliki peranan yang besar bagi perkembangan otak, sehingga akan sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan mendukung fungsi jantung.

Manfaat Daging Sapi

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Dari Daging Sapi

Penguatan Fisik

Protein dalam daging sapi berfungsi untuk meningkatkan massa otot, sedangkan fosfor untuk menjaga kepadatan gigi dan tulang. Hal ini akan membuat fisik anak tumbuh kuat. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Mengkonsumsi daging sapi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya zat besi dan seng. Sistem imun tubuh diperlukan untuk menangkal mikroorganisme penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Jika daya tahan tubuh Anda kuat, tubuh Anda akan lebih sehat.

Mencegah Anemia

Zincdan zat besi yang terkandung dalam daging sapi dapat mencegah anak terkena anemia karena mineral tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah bagi tubuh. Anemia dapat menyebabkan anak merasa lemas, pusing, mudah lelah, dan kurang konsentrasi.

Baca Artikel Lainnya: 9 Resep Modern Olahan Daging Sapi Di Rumah

Mendukung Perkembangan Otak

Daging sapi sangat baik untuk perkembangan otak berkat sebuah kandungan zat besinya. Mineral ini bertanggung jawab untuk memproduksi lapisan pelindung (myelin) untuk mengelilingi serabut saraf di otak. Kekurangan myelin dapat membuat fungsi otak tidak optimal. Fungsi otak juga didukung oleh vitamin B6 dan B12, sehingga akan mempengaruhi daya pikir dan kecerdasan anak.

Sebagai Sumber Energi Dan Penambah Berat Badan

Manfaat daging sapi bisa menjadi sumber energi bagi tubuh karena kandungan protein di dalamnya sangat tinggi. Energi juga diperoleh dari vitamin B2 yang mengubah makanan menjadi sebuah energi, mengaktifkan senyawa lain, dan memecah asam lemak. 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai daging sapi dari mulai kandungan sampai manfaat. Yang jelas ketika Anda berbelanja harus memastikan daging sapi yang dibeli segar dan berkualitas baik. Seperti dari TaniHub yang menawarkan kualitas baik seperti buah, sayur, unggas, telur, daging sapi dan masih banyak lagi lainnya. Belanja mudah, cepat, murah dan nyaman di TaniHub sekarang! Bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 4 = 2