Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Seafood atau makanan laut mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih sesuai selera. Salah satu jenis makanan laut yang mempunyai banyak penggemar karena rasanya yang enak dan juga mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan adalah udang. Dengan mengonsumsi udang dengan tepat akan mendapatkan beragam manfaat untuk kesehatan seperti dapat membantu produksi hormon tiroid, dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan jantung, dan bagus untuk membentuk sel dan jaringan tubuh. Hal tersebut bisa didapatkan apabila dapat memilih hingga mengolah dengan tepat yang bisa dilakukan dengan tips berikut ini.

Cara Memilih Udang yang Baik

Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Hal pertama yang bisa diperhatikan ketika akan mengolah udang menjadi makanan yang enak adalah harus bisa memilihnya terlebih dahulu. Pastikan untuk memilih udang yang masih segar sehingga akan mempunyai rasa yang enak dan memberikan manfaat yang optimal. Memilih udang yang segar juga tidak terlalu sudah untuk dilakukan. Pertama dengan memilih udang yang mempunyai aroma yang masih segar dan tidak bau. Selain itu juga bisa melihat dari warna udang yang masih terlihat segar dan tidak pucat. Ketika membeli udang juga perhatikan kepalanya dan hindari untuk membeli udang yang kepalanya hampir putus. Pastikan memilih udang yang dalam keadaan baik dan utuh. Terakhir pilih udang yang badannya masih keras dan jangan memilih udang yang badannya sudah lembek. Sehingga tekan terlebih dahulu udang yang akan dibeli agar bisa mendapatkan udang yang segar.

Menyimpan Udang dengan Tepat

Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Setelah mendapatkan udang yang masih segar, hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menjaga mutu dan kualitas udang tetap baik adalah dari penyimpanannya yang juga perlu diperhatikan. Apabila tidak akan langsung menggunakan udang dibeli di hari yang sama, maka bisa untuk menyimpannya dalam freezer. Akan tetapi juga perlu diingat jangan menyimpan udang segar terlalu lama karena akan membuatnya tidak segar alami lagi. Sebelum diolah, simpan udang di bagian kulkas yang biasa atau segera bersihkan ketika akan digunakan. Perlu diingat jangan untuk menyimpan udang di freezer kali kedua karena membuat dagingnya tidak segar lagi dan bisa mengurangi mutu udang.

Baca Artikel Lainnya: Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Mengupas Udang dengan Tepat

Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk membuat udang memberikan manfaat optimal adalah dengan mengupas udang dengan tepat. Salah satu resiko mengonsumsi udang adalah bisa tersedak karena membersihkan kepala dan juga ekor udang tidak tepat. Oleh karena itulah pastikan untuk mengupas udang dengan tepat. Pisahkan kepalanya dan bersihkan kulitnya merupakan bagian penting untuk mengupas udang. Selain itu ekornya juga tidak perlu untuk dipotong karena bisa membuat tampilan makanan lebih cantik. Bagi yang ingin mempertahankan kepala udang perlu untuk membersihkannya dengan tepat. Caranya dengan membersihkan kepalanya yang dipisahkan dari tubuh dan mencucinya di bawah air yang mengalir.

Menghilangkan Bau Amis Udang

Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Udang mempunyai bau amis yang tentunya harus dihilangkan agar bisa menikmati rasa udang yang lezat. Menghilangkan bau amis udang tersebut dengan membersihkannya dengan benar, sehingga tidak akan berbau amis. Cuci bersih udang di bawah air yang mengalir dan belah punggung udang untuk mengeluarkan kotorannya. Terakhir bisa menggunakan perasan jeruk nipis tetapi sedikit saja sehingga tidak merusak rasa udang yang akan didapatkan ketika dimakan.

Mengolah Udang dengan Tepat

Mengulas Cara Memilih Hingga Mengolah Udang yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat udang juga perlu untuk mengolahnya dengan tepat. Setelah dibersihkan dan dihilangkan bau amisnya cukup untuk memilih olahan yang sesuai dengan selera. Misalnya bisa membuat tumisan udang dengan cara tidak digoreng dalam waktu lama. Selain itu jangan terlalu menggunakan minyak yang banyak dan sampai terendam sehingga bisa mendapatkan manfaat dan menjaga kandungan gizi yang dipunyai udang. Waktu yang pas untuk mengolah udang cukup tiga menitan saja hingga udang berubah warna.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Beragam Jenis Udang yang Enak Dikonsumsi dan Tips Memilihnya

Di atas merupakan cara untuk mendapatkan udang yang enak dan mempunyai gizi yang tidak hancur ketika dimasak. Udang yang segar merupakan kunci mendapatkan manfaat udang dan rasa yang enak. Oleh karena itulah beli udang segar tersebut di TaniHub yang menjamin kualitas udang masih segar ketika diterima karena mempunyai waktu pengantaran yang cepat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
12 − 5 =