Mengulas Kandungan & Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang satu ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan secara langsung, digoreng, direbus, atau bisa juga diolah dengan bahan makanan lainnya. Saat bulan Ramadhan, buah pisang biasanya sangat sering diolah menjadi kolak yang lezat. Dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk, membuat siapapun suka dengan berbagai sajian olahan dari bahan dasar buah pisang. Selain itu, ternyata kandungan & manfaat pisang sangatlah baik untuk kesehatan.

Pengertian Pisang

Mengulas Kandungan & Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu jenis buah yang bisa tumbuh subur di negara tropis, salah satunya di Indonesia. Pisang memiliki ciri khas dengan bentuknya yang unik, yaitu melengkung dan memanjang dengan warna kuning terang maupun ada juga yang berwarna hijau. Pisang memiliki citarasa yang manis dan tekstur buahnya yang halus. Di Indonesia, pisang biasanya dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Namun ada juga yang menggunakan pisang untuk diolah menjadi beraneka macam makanan ataupun minuman, seperti jus, smoothies, kolak, nagasari, pisang goreng, kripik pisang, dan masih banyak lagi.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 11 Jenis Pisang

Kandungan Nutrisi dalam Pisang

Mengulas Kandungan & Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Mengonsumsi pisang tidak hanya memberi rasa nikmat dan mengenyangkan saja, karena nyatanya ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya yang ternyata bagus untuk kesehatan. Adapun nutrisi yang terkandung dalam buah pisang, antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Jenis-jenis Pisang di Indonesia

Mengulas Kandungan & Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Di Indonesia cukup banyak sekali jenis-jenis pisang yang bisa temukan dan tersebar di berbagai daerah. Masing-masing jenis pisang tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan biasanya hanya cocok untuk olahan tertentu. Bagi pecinta buah pisang, sebaiknya ketahui berbagai macam jenis pisang yang ada di Indonesia tersebut, antara lain:

  • Ambon.
  • Kepok.
  • Seribu.
  • Varigata.
  • Mas.
  • Genderuwo.
  • Nangka.
  • Cavendish.
  • Susu.
  • Tanduk.
  • Uli.
  • Merah.

Baca Artikel Lainnya: Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Mengulas Kandungan & Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang, tidak heran jika mengonsumsinya sangat bagus bagi kesehatan. Adapun manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Nutrisi alami di dalam pisang membantu mengatur kadar gula dalam darah.
  2. Sebagai sumber serat alami yang bagus untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Membantu menurunkan berat badan, karena pisang sangat rendah kalori.
  4. Kalium dalam pisang berguna untuk menjaga kesehatan jantung.
  5. Mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh karena pisang sangat tinggi antioksidannya.
  6. Mengontrol tekanan darah.
  7. Meningkatkan sensitivitas insulin karena adanya sumber pati resisten yang baik dalam pisang.
  8. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  9. Menyehatkan tulang.
  10. Sebagai sumber energi tubuh.

Itu tadi beberapa informasi mengenai pisang, lengkap dengan kandungan & manfaat pisang bagi kesehatan tubuh. Untuk kebutuhan konsumsi pisang maupun buah-buah lainnya, tentu sebaiknya cari yang kondisinya masih segar dan berkualitas baik. Jika Anda cukup susah untuk mendapatkan buah-buahan segar, coba untuk berbelanja di TaniHub. Bagi yang belum tahu, TaniHub merupakan platform ecommerce berbasis aplikasi dan website yang menyediakan berbagai produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan memasak untuk rumah tangga maupun usaha. Selain menyediakan kebutuhan seperti buah-buahan, TaniHub juga menyediakan produk-produk, seperti sayur-sayuran, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan memasak, dan sembako. 

Berbelanja di TaniHub menawarkan banyak sekali keuntungan, antara lain:

  • Produk yang selalu segar, terbaik, dan berkualitas karena dipanen langsung dari petani Indonesia.
  • Bisa mendukung pertanian dan perekonomian lokal.
  • Memiliki layanan pengantaran yang cepat.
  • Metode pembayaran yang mudah.
  • Adanya layanan hubungan pelanggan selama 7 hari.
  • Mendukung kepuasan pelanggan.
  • Banyak promo menarik setiap minggunya.

Saat ini, produk TaniHub tersedia di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali. Tunggu apalagi, segera kunjungi website resmi TaniHub untuk berbelanja dan menikmati berbagai promo menariknya. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
+ 67 = 68