Mengulas Sederet Manfaat, Ide Olahan dan Cara Penyajian Mpasi Buah Naga untuk Bayi

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan saatnya orang tua mencoba memperkenalkan berbagai jenis makanan. Jaman dahulu umumnya bayi hanya diberi dengan bubur instan atau makanan lain yang kurang bernutrisi. Padahal kebutuhan nutrisi bayi itu sama dengan orang dewasa hanya saja dengan takaran yang kecil. Inilah kenapa WHO sudah menyarankan untuk memberikan menu 4 bintang sekaligus. Selain dengan karbohidrat, protein nabati, protein hewani, lemak tambahan perlu pula sayur dan buah sebagai penunjang vitamin yang kurang. Buah naga menjadi salah satu yang cukup direkomendasikan, seperti apa manfaat bagi bayi?

Tentang Buah Naga

Mengulas Sederet Manfaat, Ide Olahan dan Cara Penyajian Mpasi Buah Naga untuk Bayi

Sebenarnya buah naga merupakan bagian dari keluarga besar kaktus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Amerikan Selatan. Tetapi untuk saat ini dragonfruit itu banyak dibudidayakan di negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan tidak terkecuali di Indonesia. Buah naga sendiri terdiri dari akar, batang, duri, bunga dan buah. Untuk akarnya jenis serabut lalu berkembang dalam tanah, bagian bunga yang ada tidak rontok lalu berkembang menjadi buah. Ciri khas kulit buah berwarna merah menyala baik untuk jenis buah naga merah ataupun jenis yang putih. Tetapi untuk buah naga kuning dan hitam memiliki kulit berwarna merah gelap.

Kandungan Buah Naga

Mengulas Sederet Manfaat, Ide Olahan dan Cara Penyajian Mpasi Buah Naga untuk Bayi

Sama seperti jenis buah yang lainnya, buah naga juga menyimpan banyak sekali vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari adanya kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, magnesium, antikanker, serat, kalsium, kalium, sampai dengan zat besi yang sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Inilah alasannya kenapa buah naga perlu untuk dimasukkan dalam salah satu menu sehat MPASI bayi Anda. Bagi yang sebelumnya masih ragu memberikan buah yang satu ini bagi buah hati, bisa langsung mencoba karena kandungan yang ada didalamnya sudah sangat jelas baik.

Baca Artikel Lainnya: Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Sederet Manfaat Buah Naga

Mengulas Sederet Manfaat, Ide Olahan dan Cara Penyajian Mpasi Buah Naga untuk Bayi

Setelah melihat beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah naga diatas, Anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat bagi kesehatan. Ini penting apalagi untuk pertumbuhan baik si kecil, ada beberapa keuntungan yaitu:

1.Meningkatkan sistem imun.

Adanya kandungan antioksidan yang bisa membuat penjagaan pada sel tubuh sehingga tidak akan mengalami kerusakan ketika terkena radikal bebas. Ditambah lagi adanya kandungan tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh si kecil dan mencegah munculnya berbagai infeksi.

2.Menjaga kesehatan jantung.

Bukan hanya menyegarkan, buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari jantung bayi ataupun orang dewasa. Hal itu tentu karena nutrisi baik yang terkandung dalam buah, bisa coba untuk perkenalkan dari awal MPASI bagi si kecil.

3.Memperkuat tulang.

Kandungan mineral, kalsium dan fosfor juga dianggap cukup baik untuk membantu pertumbuhan si kecil. Bukan hanya itu adanya vitamin C juga memiliki peran dalam perkembangan tulang, otot, kulit dan lainnya.

4.Melancarkan pencernaan.

Dalam tahap perkenalan makanan, si kecil sering mengalami masalah dalam pencernaan. Seperti misalnya sembelit, meskipun pada umumnya itu merupakan hal yang sangat biasa dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun untuk meminimalisir kemungkinan itu bisa Anda coba berikan buah naga yang mengandung serat dan baik untuk pencernaan.

5.Mengandung prebiotik.

Seperti yang diketahui prebiotik merupakan makanan yang diperlukan oleh bakteri baik dalam usus. Dalam sebuah penelitian sendiri dikatakan buah naga mampu merangsang pertumbuhan dari prebiotik untuk membantu tubuh menyerang bakteri ataupun virus yang menganggu sistem pencernaan sehingga lebih sehat.

Ada banyak ide olahan buah naga yang bisa dicoba, untuk usia 6 – 7 bulan bisa buatkan pure buah naga yang dicampur dengan ASI ataupun asli buah naga saja. Bila usia lebih dari itu bisa langsung konsumsi buah potong kecil atau dijadikan dalam beberapa jenis olahan dessert atau puding. Nah, untuk mendapatkan buah naga berkualitas setiap harinya Anda bisa membeli di TaniHub. Dimana kualitas buah tidak perlu diragukan lagi karena mereka selalu mengambil produk langsung dari petani lokal dan selalu segar. Bukan saja buah, namun sayur atau bumbu dapur lainnya bisa pula Anda dapatkan melalui TaniHub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 27 = 28