Menilik Apa Saja Kandungan Gizi dan Manfaat Kapulaga

Menilik Apa Saja Kandungan Gizi dan Manfaat Kapulaga

Menilik Apa Saja Kandungan Gizi dan Manfaat Kapulaga

Kapulaga merupakan tanaman komoditas tanaman obat yang memiliki perhatian khusus, kapulaga dapat memberikan keuntungan. Kapulaga termasuk tumbuhan tahunan, berbatang basah, tingginya mencapai 2 meter, daunnya berselang-seling., bunga tersusun dalam tanda yang keluar dari rimpangan, terpisah dari batang semua, sebagian terbenam tanah. Tanda bertangkai panjang ditutupi dengan sisik-sisik yang rapat, yang tersusun seperti ganting yang tidak rontok, bunga seperti tabung, berambut halus di sisi dalam, berwarna kuning dengan pita tengah ungu gelap atau berwarna putih dengan ada pita tengah kuning diapit dengan garis ungu. Buah kapulaga berbentuk bulat, berdiameter 1-1,5cm, garis rapat berambut pendek halus. Kapulaga sendiri di Indonesia banyak digunakan sebagai bahan bumbu makanan dan juga banyak digunakan sebagai ramuan herbal. Tentunya kapulaga mempunyai manfaat yang dapat anda rasakan setelah mengkonsumsi dengan rutin.

Baca Artikel Lainnya: Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini 6 Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Menilik Apa Saja Kandungan Gizi dan Manfaat Kapulaga

Kapulaga memiliki segudang manfaat dan khasiat jika kita mengkonsumsi rutin dalam takaran yang tepat yaitu :

1.Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian tiga gram bubuk kapulaga untuk orang dewasa yang di diagnosa dengan tekanan darah tinggi, setelah dua belas hari maka tekanan darah berangsur akan menurun. Hal ini dikarenakan kapulaga mengandung antioksidan yang terbilang cukup tinggi.

2.Mencegah penyakit kronis

Antioksidan yang terdapat pada kapulaga dapat melawan peradangan yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan.

3.Membantu masalah pencernaan

Kapulaga dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan gangguan pada pencernaan , dalam penelitian ditemukan bawah extra kapulaga dapat mengurangi tukak lambung setidaknya 50 persen.

4.Meningkatkan sistem pernafasan

lain kapulaga dapat meningkatkan pernapasan adalah dengan merealisasikan pernafasan untuk membantu mengobati asma dan mencegah saluran udara meradang. Hal ini dikarenakan senyawa yang ada pada kapulaga sangat bagus untuk meningkatkan udara yang masuk kedalam paru-paru.

5.Menurunkan kadar gula

Tanaman ini juga memberi manfaat untuk menurunkan gula darah. Senyawa flavonoid ternyata secara langsung dapat menurunkan gula darah sekaligus memenuhi kebutuhan glukosa.

6.Melindungi hati dan menurunkan berat badan

Tanaman ini juga mencegah terjadinya pembesaran hati dan berat hati, yang mengurangi resiko penyakit hati berlemak. Sejumlah penelitian menunjukan bawah suplemen kapulaga dapat menurunkan ukuran lengan pinggang dan mencegah perilaku cemas maupun perlemakan hati. Manfaat ini berhubungan dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada rempah tersebut.

Baca Artikel Lainnya: Ulasan Seputar Kandungan, Manfaat Sampai Kegunaan Kapulaga dalam Masakan

Kandungan Gizi Pada Kapulaga

Kapulaga itu sendiri memang paling banyak ditemukan di Indonesia, yaitu di pulau jawa dan kapulaga India. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah kapulaga jawa memiliki tekstur warna merah dan kapulaga yang berasal dari India memiliki warna hijau. Kapulaga sendiri mengandung serat dan juga vitamin serta beberapa mineral didalamnya. Rempah ini juga rendah kalori dan lemak. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung didalam 1 sendok makan kapulaga yaitu:

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 serat
  • 22,2 gram kalsium 
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mag fosfor
  • 13,3 mg magnesium

Jadi coba mulai sekarang mengkonsumsi ekstrak kapulaga sehingga memberikan rasa sehat bagi tubuh anda. Rempah yang satu ini bisa anda beli secara online yaitu lewat aplikasi TaniHub. TaniHub menyediakan produk berkualitas yang langsung dari para petani lokal di Indonesia. Dengan berbelanja online melalui Aplikasi TaniHub anda sudah mendukung pertanian dan perekonomian para petani lokal, di sini banyak promo yang menarik sehingga anda akan menghemat tiap minggunya.

Tak hanya rempah saja namun beragam kebutuhan dapur Anda semua ada disini, Anda hanya cukup memesannya melalui ponsel Anda maka semua kebutuhan dapur Anda akan diantar sampai kerumah Anda. Kini tak perlu repot lagi berbelanja harus keluar rumah, semua menjadi serba praktis dan mudah melalui TaniHub. Pastikan Anda membeli segala keperluan dapur Anda melalui aplikasi TaniHub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
44 + = 46