Menilik Kandungan & Manfaat Pisang Tanduk

Buah pisang bisa diolah menjadi bahan olahan untuk berbagai makanan yang enak untuk dikonsumsi. Selain itu buah ini juga bisa digunakan dengan dikonsumsi secara langsung. Seperti buah pisang tanduk yang merupakan buah yang cocok untuk cuci mulut. Selain untuk pencuci mulut, pisang tanduk juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok lainnya. Jenis ini perlu diolah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Karena apabila dikonsumsi secara langsung akan memberikan rasa yang tidak enak, tidak seperti jenis pisang lainnya yang sudah enak untuk dimakan secara langsung tanpa diolah.

Kandungan Buah Pisang Tanduk

Menilik Kandungan & Manfaat Pisang Tanduk

Buah pisang tanduk ini mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Hal tersebut tentunya didapatkan dari kandungan buah pisang jenis ini yang mempunyai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pisang tanduk mempunyai tekstur yang mirip dengan kentang. Buah ini biasanya digunakan sebagai pengganti daging ketika sedang diet, sehingga akan mendapatkan manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan. Sedangkan untuk kandungan pisang tanduk juga mempunyai kandungan yang hampir sama dengan kentang. Buah ini mempunyai kandungan rendah kalori, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan kaya akan zat besi. Kandungan tersebut tentunya baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan.

Baca Artikel Lainnya: Berkenalan dengan Aneka Jenis Pisang yang Ada di Indonesia

Manfaat Pisang Tanduk

Menilik Kandungan & Manfaat Pisang Tanduk

Buah pisang tanduk ini memberikan manfaat yang beragam seperti berikut ini:

1.Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat pisang tanduk pertama adalah bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah pisang ini seperti pada buah jenis lainnya mempunyai kandungan serat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Dengan mengonsumsi pisang jenis ini secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa pisang ini dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit kronis. Bagi yang mempunyai gangguan pencernaan juga bisa memanfaatkan pisang ini untuk mengatasi masalah yang dialami tersebut dengan alami dan mudah. Serat di dalam buah pisang mempunyai manfaat untuk melembutkan feses, sehingga hal tersebut akan mudah dikeluarkan dan mengatasi sembelit yang dialami.

2.Mengontrol berat badan

Manfaat pisang tanduk selanjutnya adalah dapat membantu untuk mengontrol berat badan. Pisang tanduk ini mempunyai kandungan karbohidrat komplek yang baik untuk mengontrol berat badan. Dengan kandungan serat dan karbohidrat komplek yang ada di dalamnya dapat untuk membuat makanan ini lebih lambat dicerna dibandingkan makanan olahan lainnya. Hal ini akan membuat kenyang lebih lama apabila mengonsumsi pisang tanduk dengan kandungan tersebut. Sehingga tentunya memberikan manfaat baik untuk membantu menurunkan berat badan karena bisa mengurangi nafsu makan karena masih merasa kenyang.

3.Menurunkan resiko penyakit kanker

Pisang tanduk mempunyai kandungan vitamin C yang kaya di dalamnya. Pisang ini mempunyai kandungan antioksidan yang membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik, sehingga dapat mencegah paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif. Hal tersebut akan membuat kondisi kesehatan terganggu karena kerusakan DNA dan merusak sel yang penting lainnya di dalam tubuh. Sehingga apabila terjadi dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan sel dan menjadi penyakit kanker. Dengan vitamin C dengan sifat antioksidan di dalamnya dapat membantu untuk mencegah hal tersebut terjadi, sehingga juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Utamanya jenis kanker usus, payudara, paru-paru, usus besar, kerongkongan, dan lainnya.

4.Mengontrol tekanan darah

Manfaat pisang tanduk terakhir adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah. Pisang ini mempunyai kandungan kalium tinggi yang dapat menjaga sel dan cairan tubuh. Sehingga hal tersebut akan membuat detak jantung dan tekanan darah yang lebih terjaga. Pisang tanduk ini mempunyai kandungan serat juga yang dapat untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh, sehingga bisa menjaga kesehatan jantung.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 11 Jenis Pisang

Untuk mendapatkan manfaat tersebut juga penting untuk mengonsumsi olahan pisang tanduk yang tepat. Buat olahan dengan cara direbus, digoreng menggunakan minyak sehat, dipanggang, dan cara sehat lainnya untuk dikonsumsi. Pastikan juga menggunakan pisang tanduk segar yang bisa didapatkan dari TaniHub. Harga pisang tanduk di TaniHub juga terjangkau yaitu mulai dari 7500 satunya dan bisa membeli per buah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
88 − = 87