Jenis Nanas Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jenis Nanas Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Nanas madu merupakan salah satu jenis buah nanas yang bisa dipilih bagi yang menyukai rasa buah yang manis. Nanas madu memang mempunyai rasa buah manis sehingga cocok diolah untuk banyak olahan yang enak. Selain itu nanas madu juga mempunyai kandungan yang menyehatkan seperti fosfor, kalium, natrium, seng, asam askorbat, vitamin B1, vitamin B2, serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin B6, dan masih banyak lainnya. Kandungan tersebut memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, yaitu akan dijelaskan seperti di bawah ini.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Jenis Nanas yang Ada di Indonesia

Nanas madu mempunyai manfaat terbaik untuk menjaga kesehatan karena mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan merupakan molekul yang dapat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh dan melawan berbagai penyakit. Kandungan ini mempunyai fungsi untuk melawan stres oksidatif yang disebabkan olah paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga apabila masih ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus dan berkepanjangan akan menyebabkan kerusakan dan membuat penyakit, bahkan di dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker. Kandungan antioksidan tinggi di dalam nanas madu tersebut bermanfaat untuk melawan stres oksidatatif dan mencegah peradangan kronis. Antioksidan juga meningkatkan imun tubuh yang dapat melindungi tubuh dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Selain antioksidan, meningkatkan sistem imun tubuh tersebut juga karena peran vimitan, mineral, dan enzim yang ada di dalam nanas madu. Buah nanas jenis ini seperti pada buah nanas lainnya mempunyai kandungan bromelain yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga apabila dikonsumsi secara rutin dapat menekan dan mencegah peradangan yang menyebabkan penyakit. Dari penelitian yang dilakukan pada 2014 juga menemukan kesimpulan bahwa anak yang mengonsumsi nanas buah dapat memberikan manfaat mengurangi penyakit yang bisa dirasakan karena nanas madu memberikan manfaat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan sakit. Oleh karena itulah untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami bisa untuk mengonsumsi nanas madu secara rutin tetapi jangan berlebihan.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi yang mempunyai masalah kesehatan tekanan darah tinggi, bisa menggunakan nanas madu untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Buah jenis nanas madu ini mempunyai kandungan kalium yang banyak dan diketahui dapat memberikan manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium tersebut dari sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 juga mendapatkan hasil bahwa dengan meningkatkan tingkatan asupan kalium dapat mengurangi resiko kematian karena penyakit hingga 20%. Selain itu seperti yang telah diketahui, nanas madu juga mempunyai kandungan bromelain yang dapat menurunkan penyakit yang disebabkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nanas mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat untuk mencegah kanker. Antioksidan dapat untuk membuat imun lebih kuat dan mencegah berbagai penyakit. Kandungan tersebut baik untuk mencegah efek buruk paparan radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan, termasuk juga kanker dalam jangka panjang. Selain antioksidan, nanas madu juga mempunyai kandungan vitamin C yang dapat melawan kerusakan sel karena paparan radikal bebas. Nanas madu juga mempunyai kandungan beta karoten yang dapat menghambat perkembangan kanker yang menyerang usus. Terakhir, bromelain nanas madu jug memberikan manfaat untuk mencegah terkena kanker payudara dan kanker kulit.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Baca Artikel Lainnya: Menderita Asam Lambung Terlanjur Konsumsi Nanas, Bahayakah? Berikut Ini Penjelasannya

Nanas madu juga baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan. Tetapi jangan terlalu banyak karena efek bromelain tersebut juga dapat membuat masalah pencernaan. Nanas mempunyai kandungan bromelain yang bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan karena dapat memecah protein. Sehingga hal tersebut akan membuat pencernaan usus menjadi lebih lancar dan mengatasi gangguan pencernaan yang dialami.

Bagi penyuka buah nanas madu bisa untuk membelinya di TaniHub. Tempat ini merupakan toko online yang bisa untuk membeli buah, sayur, bumbu dapur, makanan beku, dan masih banyak bahan lainnya secara online. Membeli buah nanas madu di tempat ini juga akan mendapatkan keunggulan produk yang segar karena didapatkan dari petani langsung. Hal tersebut juga memberikan manfaat karena bisa mendukung hasil dari pertanian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 34 = 40