Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sangat senang dan gemar dengan makanan gurih dan pedas. Untuk itu, salah satu cara menghasilkan makanan atau masakan dengan cita rasa yang pedas dan menggugah selera biasanya dengan menggunakan cabe rawit untuk bumbu masakannya. Jadi jangan heran jika, di Indonesia jenis cabe yang dijual di pasaran cukup beragam, ada yang sangat pedas dan ada yang biasa saja atau tidak terlalu pedas.

Fakta Menarik Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Pengertian Cabe Rawit

Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Cabe rawit merupakan salah satu komoditi tanaman rempah yang paling banyak ditanam dan ditemukan di Indonesia. Ada beberapa alasan kenapa banyak sekali petani Indonesia yang membudidayakan tanaman ini, salah satunya adalah karena harganya yang bisa dibilang cukup tinggi di pasaran. Cabe rawit sendiri di berbagai daerah yang ada di Indonesia memiliki klasifikasi nama yang berbeda-beda. Cabai rawit masuk dalam salah satu keluarga tanaman Capsicum annuum varietas Annuum dan anggota liarnya adalah masuk dalam Capsicum. Untuk cabe jenis ini biasanya banyak dikembangkan di daerah Guatemala dan juga di Meksiko.

Untuk jenis cabe rawit yang biasa dan mudah ditemukan di wilayah dan kawasan Asia Tenggara seperti di Indonesia biasanya dikenal dengan nama yang sangat berbeda-beda untuk setiap daerah dan memiliki keragaman yang sekunder. Di Indonesia, cabe rawit biasanya memang banyak digunakan untuk pelengkap bumbu masakan dan terkadang juga ada yang dipakai untuk asinan atau bisa juga dimanfaatkan untuk membuat obat. Dalam penelitian ilmiah yang berhasil dilakukan menyebutkan bahwa cabe rawit memiliki kandungan capsaicin yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Nutrisi Pada Cabe Rawit

Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Karena manfaatnya yang sangat beragam tidak hanya bisa digunakan untuk pelengkap bumbu masakan saja, namun cabe rawit juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan cabe rawit banyak mengandung beberapa nutrisi berikut ini yakni kalori, lemak dan karbohidrat. Selain itu, ternyata cabe rawit juga banyak mengandung beberapa jenis vitamin yang dipercaya sangat bagus untuk tubuh manusia. Beberapa jenis nutrisi dan vitamin tersebut antara lain seperti lemak, serat protein, vitamin A, C, E, B6, K dan beberapa kandungan zat penting lainnya untuk tubuh seperti mangan, potassium dan riboflavin.

Karena banyak mengandung manfaat inilah yang kemudian banyak petani Indonesia yang membudidayakan tanaman tersebut. Biasanya untuk membudidayakan cabe rawit yang kaya akan manfaat ini tidak begitu susah dan bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Karena biasanya secara umum budidaya cabe rawit tidak berbeda jauh dengan melakukan budidaya pada tanaman cabe merah. Tetapi ada satu hal yang penting untuk diperhatikan yakni masalah jarak tanam dan proses pemupukannya. Karena umur cabe rawit yang tergolong cukup panjang, jadi untuk proses pemupukannya juga bisa dibilang lebih banyak. Yang menarik adalah ternyata cabe rawit lebih tahan terhadap beberapa jenis penyakit tanaman jika dibandingkan dengan tanaman cabe yang lain.

Rahasia Manfaat Cabe Rawit

Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Apabila pada awalnya Anda hanya mengetahui bahwa manfaat cabe rawit hanya bisa digunakan untuk memasak saja, mulai sekarang Anda harus mengubah pemikiran Anda karena ternyata cabe rawit banyak mengandung manfaat yang bagus untuk tubuh. Memang tidak hanya untuk masakan saja, ternyata juga bisa untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit bahkan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sama sekali. Kira-kira penyakit apa saja yang bisa diatasi dengan cabe rawit? Berikut penjelasannya:

  • Meredakan sakit kepala

Percaya atau tidak ternyata sakit kepala juga bisa diredakan dengan menggunakan cabe rawit. Hal ini karena cabe rawit memiliki kandungan komponen capsaicin yang bisa digunakan untuk memberikan sensasi yang pedas pada cabe tersebut. Untuk itu, apabila Anda sering mengalami masalah sakit kepala, dan supaya sakit kepala yang Anda derita tersebut bisa reda maka konsumsi makanan yang memiliki kandungan cabe rawit di dalamnya. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk meredakan sakit kepala.

  • Meningkatkan imun tubuh

Karena kandungan vitamin C yang ada pada cabe rawit inilah yang dinilai banyak memiliki manfaat yang cukup bagus untuk tubuh. Salah satu yang paling utama adalah biasanya bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Karena selain mampu untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh, jika tubuh kuat maka tubuh juga tidak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya paparan virus dan bakteri.

  • Mencegah beri-beri

Tidak hanya bisa meredakan sakit kepala juga bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh, ternyata cabe rawit juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit beri-beri. Hal ini karena di dalam cabe rawit mengandung vitamin B1 dan memang benar bahwa penyakit beri-beri memang bisa timbul karena kekurangan vitamin B1. Untuk itu, salah satu solusi mengatasi dan mencegah penyakit beri-beri adalah dengan konsumsi cabe rawit. Tetapi ingat jangan konsumsi makanan yang banyak mengandung cabe rawit yang berlebihan karena bisa memicu beberapa penyakit seperti diare dan ambeien.

  • Memelihara pencernaan supaya tetap sehat

Banyak orang yang beranggapan bahwa konsumsi makanan dengan banyak mengandung cabe rawit tidak bagus untuk kesehatan. Tetapi jangan salah, ternyata konsumsi cabe rawit selama ini justru mampu digunakan untuk memelihara masalah kesehatan pencernaan. Jadi saat cabe rawit masuk ke dalam pencernaan maka saraf yang terdapat di saluran pencernaan akan menghasilkan zat yang namanya anandamide dan senyawa inilah yang nantinya akan membantu mengurangi inflamasi atau peradangan yang sering terjadi karena tukak lambung atau penyakit crohn.

Baca Artikel Lainnya: Tips Paling Mudah Menyimpan Cabe Supaya Awet dan Tahan Lama di Dalam Kulkas

Untuk mendapatkan cabe rawit yang pada dasarnya adalah bumbu khas masakan Indonesia jadi bukan hal yang sulit dan Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkannya dimanapun dan kapanpun. Karena tidak hanya ada di pasar tradisional saja, namun juga di supermarket. Untuk itu, mari kita berkenalan dengan TaniHub. TaniHub adalah salah satu platform e-commerce yang sudah menggunakan sistem operasi yang berbasis aplikasi dan website. Jadi Anda yang punya smartphone coba manfaatkan smartphone Anda untuk install aplikasi TaniHub.

Jadi TaniHub ini adalah salah satu platform yang memang berfokus penjualan produk hasil para petani Indonesia. TaniHub menyediakan beberapa macam kebutuhan untuk masak, baik untuk usaha atau rumah tangga. Dan mereka menjual berbagai macam kategori produk seperti buah dan sayuran yang selalu segar, ikan, telur dan unggas, kebutuhan untuk memasak dan ada juga sembako. Tidak perlu ragu dengan kualitas barang yang dijual di TaniHub karena semuanya dijamin segar dan berkualitas karena diambil langsung dari petani Indonesia. untuk sistem pemesanan juga sangat mudah dan tidak ribet dengan harga jual yang murah karena banyak promo. Ditambah lagi dengan proses pembayaran yang sangat mudah dan mereka sangat mendukung kepuasan pelanggan karena jika ada produk yang tidak sesuai maka akan langsung diganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
8 + 2 =