Pisang merupakan buah yang mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih di pasaran. Seperti buah pisang cavendish yang mempunyai tampilan cantik, pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, dan buah pisang lainnya. Ketika memilih pisang mempunyai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dan bisa memilih buah pisang dari warnanya. Baik pisang hijau dan kuning bisa diolah menjadi makanan yang enak. Baik dikonsumsi secara langsung, dibuat smoothies, salad buah, pisang goreng, es pisang hijau, es buah, dan olahan lainnya. Ketika akan mengolah buah ini bisa memilih pisang kuning dan hijau yang mempunyai beberapa perbedaan yang akan didapatkan seperti berikut ini.

Olahan Pisang Hijau dan Kuning, Sehat Mana? Berikut Penjelasannya!

Jenis dan Kandungan Gula

Olahan Pisang Hijau dan Kuning, Sehat Mana? Berikut Penjelasannya!

Baca Artikel Lainnya: Mengulas Beberapa Kandungan Gizi Serta Manfaat dari Pisang Raja untuk Ibu Hamil

Ketika akan memilih pisang kuning atau pisang hijau untuk diolah menjadi makanan yang lezat adalah dengan mempertimbangkan jenis dan kandungan gulanya terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut akan membuat lebih mudah untuk memilih pisang yang lebih sehat untuk dinikmati. Pisang hijau biasanya digunakan untuk es pisang ijo dan olahan lainnya. Pisang warna ini mempunyai rasa lebih tawar dan mempunyai kandungan kadar gula rendah. Pisang hijau mempunyai kandungan gula alami dari pati resisten yang lebih banyak dibandingkan pisang kuning. Hal tersebut membuat pisang hijau juga mempunyai kalori yang lebih rendah dibandingkan pisang kuning.

Kandungan Lemak

Pisang juga mempunyai kandungan lemak yang sedikit, sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Mengonsumsi buah pisang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung. Selain itu lemak yang dipunyai baik pisang kuning maupun pisang hijau juga merupakan jenis lemak baik. Hal tersebut bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dan insulin sehingga membantu menurunkan diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan manfaat pisang terbaik yang tidak mempunyai kandungan lemak sama sekali bisa memilih pisang hijau.

Kandungan Antioksidan

Pisang mempunyai senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Kandungan tersebut dapat untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mencegah penyakit yang datang. Antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit karena merusak sel tubuh. Bahkan di dalam jangka panjang, paparan radikal bebas dari berbagai kegiatan sehari-hari dan makanan yang dikonsumsi setiap hari juga dapat meningkatkan resiko kanker. Oleh karena itulah penting mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti pisang. Olahan pisang dapat melawan efek radikal bebas yang dapat merugikan dan mengganggu kesehatan. Efek kandungan antioksidan ini akan lebih baik didapatkan apabila memilih pisang kuning yang sudah matang. Karena kandungan antioksidan pisang hijau mempunyai antioksidan lebih sedikit di dalamnya.

Kandungan Vitamin

Ketika bingung memilih olahan dari pisang kuning dan pisang hijau juga bisa memperhatikan mempunyai kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Buah pisang mempunyai kandungan vitamin yang beragam di dalamnya dan bagus untuk kesehatan tubuh. Pisang mempunyai kandungan mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan juga vitamin C. Sehingga berbagai vitamin tersebut memberikan manfaat untuk kesehatan. Untuk kandungan vitamin pada pisang kuning dan hijau sendiri tidak terlalu berbeda, sehingga keduanya sehat untuk dikonsumsi dengan kandungan vitamin yang relatif sama.

Mikronutrien Lainnya

Olahan Pisang Hijau dan Kuning, Sehat Mana? Berikut Penjelasannya!

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 11 Jenis Pisang

Ketika memilih olahan pisang kuning atau hijau terakhir juga bisa memperhatikan mengenai mikronutrien lainnya yang dipunyai oleh buah tersebut. Mikronutrien mempunyai manfaat untuk membentuk hormon dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan yang ada di dalam buah pisang dengan manfaat tersebut seperti magnesium, seng, dan juga mangan. Manfaat buah pisang yang mempunyai mikronutrien tinggi adalah yang masih mentah, yaitu buah pisang hijau. Sedangkan untuk pisang kuning mempunyai kandungan mangan dan seng lebih banyak.Pada dasarnya olahan dari buah pisang kuning maupun pisang hijau sama-sama sehat untuk dikonsumsi apabila diolah dengan tepat. Seperti hindari untuk menggoreng pisang dan pilih pisang dikukus, dibakar, dan juga cara lainnya yang lebih sehat dan tidak menghancurkan kandungan buah pisang. Untuk mendapatkan bahan yang bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan sehat tersebut bisa didapatkan dari TaniHub. Tempat ini menawarkan berbagai jenis pisang hijau dan pisang kuning yang bisa dipilih dengan harga terjangkau dan mendapatkan buah pisang segar.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
1 + 5 =