Berikut Sederet Khasiat Pakcoy, Sawi Sendok dengan Nutrisi Tinggi

Berikut Sederet Khasiat Pakcoy, Sawi Sendok dengan Nutrisi Tinggi

Bukan hanya kangkung dan bayam saja yang bisa dijadikan pilihan sayur hijau untuk menu sehat di keluarga. Anda bisa coba pakcoy yang tidak kalah banyak nutrisi baik di dalam dengan sederet manfaat untuk mendukung kesehatan. Ada beberapa orang mengatakan ini merupakan sawi sendok, dimana rasanya nikmat, segar dan cocok untuk dimasukkan dalam menu diet. Kandungan nutrisi itulah yang membuat pokcoy cukup direkomendasikan mendukung kesehatan. Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja manfaatnya pokcoy. Yuk kenali lebih dekat dalam artikel kali ini.

Kandungan Gizi Pakcoy

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Termasuk dalam jenis sayuran hijau dengan nutrisi penting bagi tubuh, bahkan bagi mereka pelaku program diet sangat direkomendasikan jenis ini. Tidak sah rasanya ketika membahas mengenai manfaat pakcoy tidak mengorek kandungan baik di dalamnya. Ya, dalam 70 gram atau setara dengan secangkir pakcoy memiliki beberapa kandungan baik seperti 1 g protein, 1.5 g karbohidrat, 0.7 g serat, 5% kalium, 62% vitamin A, 52% vitamin C, 7% kalsium, 5% vitamin B6, 3% magnesium, 3% zat besi. Kandungan tersebut dinilai dari keseluruhan kebutuhan tubuh. Anda bisa mendapatkan semuanya secara mudah untuk mendukung kesehatan.

Rekomendasi Memasak Pakcoy Agar Nutrisi Tetap Baik

Meskipun banyak kandungan didalam pakcoy akan percuma saja bila proses memasak tidak tepat, artinya perlu teknik sendiri. Pakcoy sendiri bisa diolah dalam beberapa jenis sayuran enak, berbagai bumbu dan berbagai campuran. Nah, supaya tidak salah dalam proses memasaknya ada beberapa tips berikut ini:

  1. Dikukus.

Metode yang satu ini dikatakan paling baik dari pada cara lainnya, hal itu karena kandungan dikatakan bisa bertahan baik mulai vitamin ataupun mineral. Namun pastikan untuk mengukus dalam waktu yang pas, umumnya hanya perlu 6 menit saja untuk sebelumnya disantap. Pastikan sebelum dikukus bisa mencuci pakcoy terlebih dahulu secara bersih menggunakan air mengalir. 

  1. Ditumis.

Sering orang bilang memasak pakcoy dengan cara menumis dapat membuat kandungan gizi berkurang bahkan hilang. Padahal ini merupakan cara yang baik pula, apalagi jika penggunaan minyak dibatasi hanya sedikit. Untuk lebih sehat pilih jenis minyak zaitun atau kanola, tambahkan protein sebagai pelengkap kebutuhan tubuh.

  1. Direbus.

Cara memasak yang satu ini tergolong mudah, hanya didihkan air lalu masukkan sayuran selesai. Untuk lebih nikmat bisa tambahkan jenis lain seperti daging, udang ataupun lainnya dengan proses masak yang tepat. Jangan khawatir mineral dan vitamin akan hilang karena dengan konsumsi air rebusan tetap bisa mendapatkan keduanya dengan baik.

  1. Dipanggang.

Bukan saja ikan, daging atau ayam yang bisa dipanggang tetapi bisa pula berbagai jenis sayuran. Salah satunya pokcoy yang dinilai lebih sehat dan lebih mudah untuk dicerna dalam tubuh. Dengan proses yang satu ini bisa membuat rasa pokcoy enak, apalagi jika pemanggangan dilakukan dengan menggunakan minyak atau bumbu berkualitas.

Tips Memilih Pakcoy Berkualitas

Baca Artikel Lainnya:  7 Tips Memilih Melon yang Matang dan Bagus

Setelah melihat kandungan dan cara memasak pakcoy yang tepat seperti diatas, perlu dipahami pula mengenai pemilihan pakcoy yang berkualitas. Karena dengan pemilihan yang tepat tentu nutrisi yang didapatkan ketika mengkonsumsi juga akan lebih maksimal lagi. Ada beberapa tips untuk memilih seperti:

  1. Pastikan pakcoy masih dalam kondisi segar dan tidak layu.
  2. Pastikan warna masih hijau sempurna dan tidak menguning.
  3. Pastikan tidak busuk pada bagian bawah.
  4. Pastikan jika pakcoy terhindari dari serangga atau ulat yang sering ada pada sayuran hijau.
  5. Pastikan jika pakcoy yang Anda beli berkualitas baik.

Memilih sayur, buah, daging, ikan ataupun yang lainnya secara baik saat berbelanja merupakan suatu kewajiban. Dimana hal itu akan membuat Anda mendapatkan nutrisi yang terkandung pada setiap bahan secara maksimal. Supaya tidak kesulitan untuk memilih mana yang tepat, Anda bisa berbelanja saja di TaniHub. Dimana mereka selalu menjamin produk yang berkualitas dan segar setiap hari, jadi Anda tidak perlu khawatir mendapatkan produk buruk meskipun melalui belanja online. TaniHub hadir di berbagai kota besar di Indonesia, jadi hanya dari rumah duduk manis tinggal pesan langsung barang diantar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 87 = 88