Menilik Rahasia dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Menilik Rahasia dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah nanas yang terkenal dengan rasanya yang sangat lezat dan menyegarkan? Nanas adalah salah satu jenis buah yang biasanya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai campuran bahan makanan atau terkadang juga digunakan untuk dibuat selai. Karena rasanya yang sangat manis dan menyegarkan tidak heran jika dari mulai anak-anak sampai orang dewasa sangat senang sekali dengan buah ini. Ternyata selain berbentuk dalam wujud buah yang enak dan menyegarkan ternyata nanas juga memiliki banyak kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan. 

Mengenal Buah Nanas 

Hampir seluruh masyarakat yang hidup di dunia ini pernah melihat dan merasakan bagaimana rasanya buah nanas. Jadi nanas sendiri merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam kategori buah tropis dan dikenal juga sebagai salah satu buah yang tidak mengenal musim. Nanas memiliki bentuk kulit yang tajam dan identik dengan warna kuning pada kulitnya. Namun setelah dikupas ternyata buah yang ada di dalam kulitnya tersebut juga memiliki warna kuning yang sangat khas seperti dengan baunya. Dibalik semua itu, ternyata nanas juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. 

Kandungan dalam Buah Nanas 

Menilik Rahasia dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Dikutip dari beberapa berita dan media kesehatan yang sudah banyak tersebar di dunia internet, nanas memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bagus untuk digunakan manusia dalam menjaga kesehatan. Selain itu, juga ada yang menyebutkan jika nanas juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Kira-kira apa saja kandungan dalam buah nanas yang katanya sangat bagus untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit? Berikut ini penjelasannya: 

  • Kaya akan nutrisi 

Dalam beberapa penelitian kesehatan menyebutkan jika nanas adalah buah yang tergolong dalam buah yang rendah kalori. Tidak hanya itu saja, ternyata nanas juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti vitamin C, tembaga, mangan, kalium, fosfat dan zat besi serta vitamin A. Salah satunya adalah karena banyak mengandung vitamin C maka jangan heran jika nanas sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyerap zat besi dalam makanan untuk tubuh. 

Baca Artikel Lainnya: Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

  • Antioksidan 

Tidak hanya terkenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi, ternyata nanas juga banyak mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Yang belum tahu apa itu antioksidan, jadi merupakan salah satu bentuk dan jenis molekul yang sangat bagus untuk membantu tubuh dalam melawan senyawa oksidatif dalam tubuh dan oksidatif merupakan keadaan dimana banyak terdapat kandungan senyawa bebas dalam tubuh. 

Manfaat Buah Nanas 

Menilik Rahasia dan Manfaat Buah Nanas

Memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin dan beberapa kandungan zat lain yang cukup banyak seperti yang sudah disebutkan di atas, maka jangan salah jika ternyata nanas juga banyak memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh manusia. Terkenal sebagai buah enak dan segar serta mengandung banyak manfaat untuk tubuh, berikut adalah penjelasan tentang apa saja manfaat nanas yang katanya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia: 

  • Mampu melancarkan pencernaan 

Karena di dalam buah nanas terdapat beberapa kandungan enzim untuk pencernaan yang dikenal dengan nama bromelain, maka buah nanas bisa digunakan sebagai salah satu buah yang mampu untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena enzim tersebut ternyata memiliki fungsi yakni sebagai protease yang akan memecah molekul protein yakni asam amino dan peptide. Jadi setelah molekul tersebut dipecah maka akan mudah sekali diserap oleh usus kecil dan hal ini akan sangat membantu tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh 

Kandungan vitamin C yang sangat banyak di dalam buah nanas ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya vitamin C saja namun juga memiliki beberapa kandungan vitamin lainnya yakni seperti vitamin A dan juga mineral serta enzim. Yakni yang sudah disebutkan di atas yakni bromelain yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan yang lancar serta bisa juga digunakan untuk mengurangi resiko terjadinya peradangan. 

  • Mempercepat pemulihan pasca tindakan operasi 

Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan, ternyata nanas juga mampu digunakan untuk mempercepat pemulihan seseorang setelah mendapatkan tindakan operasi. Hal ini karena nanas memiliki dan mengandung sifat anti-inflamasi bromelain. Jadi jika Anda mungkin sebelumnya telah mendapatkan tindakan operasi, maka supaya bisa cepat pulih Anda bisa konsumsi nanas untuk mempercepat pemulihan tubuh Anda. 

  • Meringankan gejala radang pada sendi atau arthritis 

Radang sendi atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan nama arthritis yakni merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi yang kemudian menyebabkan sendi menjadi kaku dan tidak bisa bergerak dengan normal karena kaku. Karena adanya beberapa kandungan vitamin dan kandungan mineral dalam nanas dan juga sifat anti inflamasi inilah yang kemudian dipercaya sebagai salah satu obat untuk meringankan gejala radang pada sendi atau arthritis. 

Baca Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Di Indonesia, sangat mudah tentunya menemukan dan mendapatkan buah nanas. Karena bisa dengan mudah Anda temukan pada penjual buah dan beberapa supermarket besar yang ada di Indonesia. Namun, jika Anda saat ini sedang mencari buah nanas namun terhalang oleh adanya kebijakan pemerintah yakni PPKM yang mengharuskan semua swalayan tutup untuk sementara, Anda tidak perlu bingung untuk mencari buah nanas. Saat ini manusia sudah dipermudah dengan perkembangan zaman yang maju dan teknologi yang modern. 

Untuk masyarakat Indonesia yang ingin belanja kebutuhan sehari-hari serta tidak perlu keluar dari rumah, sekarang sudah ada platform e-commerce yang sudah berbasis aplikasi dan website yakni TaniHub. Layanan e-commerce ini memiliki fokus utama yakni pada produk hasil pertanian untuk berbagai macam kebutuhan memasak untuk rumah tangga atau tempat usaha sekalipun. Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis kebutuhan sehari-hari mulai dari sayuran segar sampai buah sekalipun ada semua di TaniHub. Termasuk jika Anda mencari buah nanas yang selalu segar dan sehat. Karena TaniHub selalu menyediakan panen buah atau sayuran yang selalu segar dan terbaik. Dengan belanja di TaniHub selain Anda akan mendapatkan bahan masakan yang sehat, segar dan berkualitas maka secara langsung Anda juga sudah turut membantu dalam mendukung produk hasil pertanian dan perekonomian lokal. Anda bisa belanja dengan menggunakan aplikasi dan website yang bisa dilakukan dari rumah, jangan khawatir dengan proses pengirimannya karena dipastikan sangat cepat hari bisa hari ini pesan besok sudah sampai di depan rumah Anda. Yang bertanya dimana area jangkau TaniHub, jadi mereka bisa menjangkau beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Bali, Surabaya-Malang-Pasuruan, Yogyakarta-Solo-Semarang dan Bandung-Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
89 − = 80