Resep Ayam Bakar Taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Resep Ayam Bakar Taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Resep Ayam Bakar Taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah dengan banyak cara ketika akan memasak makanan Indonesia. Mulai dari ayam rica-rica, soto ayam, opor ayam, ayam masak lombok, ayam goreng kecap, ayam geprek, ayam suwir, ayam bumbu balado, garang asem, dan masih banyak pilihan lainnya. Mengolah ayam juga bisa dengan cara digoreng dengan cita rasa pedas atau manis, dibuat kuah, disuwir, dan juga dibakar. Salah satu resep enak dari bahan ayam adalah dibuat ayam bakar Taliwang.

Mengenal Ayam Bakar Taliwang

Resep Ayam Bakar Taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Taliwang sendiri merupakan daerah yang ada di Kecamatan Cakranegara, di kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Sehingga ayam bakar Taliwang merupakan resep khusus yang berasal dari daerah tersebut. Olahan tersebut menjadi salah satu makanan tradisional bagi masyarakat Karang Taliwang dan menggunakan ayam kampung dengan olahan yang cukup sederhana. Akan tetapi soal rasanya tentunya tidak perlu diragukan lagi. Resep ini terkenal tidak hanya di daerah Taliwang saja tetapi menjadi resep ayam bakar yang diminati dan bisa ditemukan di daerah lainnya. Ayam ini mempunyai resep yang sederhana dan bisa juga diikuti di rumah bagi yang ingin mencicipi rasa ayam bakar Taliwang yang nikmat. Karena caranya hanya dibakar di atas bara api menggunakan bumbu cabai yang pedas, sehingga cocok bagi yang menyukai rasa pedas pada makanan.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Resep Ayam Bakar Taliwang

Resep Ayam Bakar Taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Ayam bakar Taliwang ini bisa diolah menggunakan dua cara yaitu cara konvensional dan juga modern. Untuk cara tradisional tentunya di bakar di atas api yang sangat cocok untuk membakar banyak ayam dan berjualan. Sedangkan untuk cara modernnya bisa untuk dipanggang di dalam oven, sehingga akan lebih praktis dan cocok untuk memasak ayam taliwang di rumah. Cara pembuatannya juga membutuhkan waktu yang cepat dari persiapan hingga memasaknya yaitu kurang dari 1 jam untuk bersih-bersih ayam hingga ayam bakar Taliwang jadi dan siap untuk dinikmati.

Resep ayam bakar Taliwang mempunyai dua jenis bahan yang dipersiapkan yaitu bahan utama dan bumbu halus seperti berikut.

  • Bahan utamanya membutuhkan: 1 ekor ayam kampung, 2 sdt air jeruk limau, 1 sdt garam, 750 ml santan, 2 sdt garam, 2 sdm gula merah, dan 5 sdm minyak goreng untuk menumis.
  • Bumbu halus yang diperlukan adalah bawang merah 10 butir, bawang putih 5 siung, 4 cabai merah besar, 6 cabai merah keriting, 5 butir kemiri yang di sangrai, dan 1 sdt terasi yang dibakar.

Langkah resep ayam bakar taliwang adalah:

  • Bersihkan ayam dan lumuri menggunakan air jeruk limau dan garam sehingga dapat menghilangkan amisnya. Bakar terlebih dahulu hingga setengah matang.
  • Selanjutnya panaskan minyak yang digunakan untuk menumis bumbu halus yang telah dipersiapkan. Tunggu bumbu halus tersebut hingga harum.
  • Masukkan santan, garam, dan gula merah kemudian masak sampai mendidih.
  • Baru tambahkan ayam dan masak menggunakan api kecil hingga bumbu meresap dan matang.
  • Kemudian bakar lagi sambil ayam diolesi menggunakan bumbu halus sisa yang dipunyai hingga aromanya harum
  • Tunggu matang dan ayam bakar taliwang siap untuk dinikmati.

Baca Artikel Lainnya: Bingung Memilih Ide Olahan Ayam Untuk Menu Keluarga? Ini Inspirasi Untuk Anda!

Tips Memasak Ayam Bakar Taliwang

Bagi yang ingin memasak ayam bakar taliwang, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar mendapatkan rasa yang enak, yaitu:

  • Gunakan ayam kampung muda dan akan lebih enak apabila menggunakan ayam jantan yang dipotong menjadi 4 bagian.
  • Apabila menggunakan ayam negeri juga bisa akan tetapi menghasilkan rasa lebih halus dan berminyak.
  • 1 ekor ayam kampung tersebut cocok untuk 1 orang porsi tetapi bisa lebih tergantung kebutuhan.
  • Bisa disajikan menggunakan plecing kangkung, beberuk terong, dan nasi putih sehingga rasa ayam bakar taliwang nikmatnya berlipat.

Bagi yang ingin mencoba membuat resep ayam bakar taliwang seperti diatas bisa untuk membelinya dengan mudah di TaniHub. Tempat ini menyediakan berbagai macam jenis ayam yang bisa dipilih. Perhatikan tips diatas untuk memilih bahan ayam tepat untuk membuat ayam bakar taliwang, sehingga menghasilkan rasa paling enak. Bumbu dan bahan membuat ayam bakar taliwang lainnya juga bisa ditemukan dengan mudah di TaniHub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
2 + 6 =