Resep Cumi-Cumi, Seafood yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Resep Cumi-Cumi, Seafood yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang mempunyai banyak penggemar. Selain ikan dan udang, cumi-cumi bisa dipilih yang tidak hanya memberikan rasa makanan yang lezat tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sehingga walaupun mempunyai cara pengolahan yang cukup susah, tetapi Anda bisa memilih seafood yang satu ini untuk dikonsumsi dan disajikan sebagai hidangan di meja makan keluarga.

Resep Cumi-Cumi, Seafood yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Jenis Cumi-Cumi

Cumi-cumi mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih dan diolah sesuai yang akan memberikan rasa dan cara pengolahan yang berbeda. Adapun untuk 5 jenis cumi yang biasanya menjadi favorit olahan masakan di Indonesia adalah:

  1. Cumi bangka merupakan jenis pertama yang mempunyai ciri dengan tubuh warna putih dan mempunyai banyak bintik merah. Cumi bangka ini mempunyai warna yang paling mudah dikenali karenai paling merah dibandingkan jenis lainnya. Sedangkan untuk ciri lainnya adalah dari dagingnya yang tebal dn mempunyai sirip agak lebar. Nama cumi bangka karena jenis ini banyak ditemukan di Pulau Bangka.
  2. Cumi sero merupakan jenis yang mudah ditemukan di pasaran. Jenis ini mempunyai warna putih dengan bintik merah dan ukurannya yang sedikit kecil.
  3. Cumi telur mempunyai warna dan tampilan seperti cumi sero. Akan tetapi jenis ini mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan cumi sero.
  4. Cumi asin kering merupakan jenis dengan ukuran kecil dan mempunyai rasa asin. Selain itu tekstur dari cumi ini juga terasa kering.
  5. Cumi sotong merupakan jenis yang mempunyai bentuk perut lebar dan pipih. Sotong ini mudah ditemukan di pasaran dan bisa dibuat berbagai resep masakan.

Baca Artikel Lainnya: Tips Memasak Olahan Cumi Agar Nikmat dan Tidak Alot

Manfaat Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Mengkonsumsi cumi secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan seperti:

  • Dapat membantu membangun otot karena mempunyai kandungan protein yang kaya. Cumi jug sangat cocok digunakan untuk menu diet karena bisa mengontrol nafsu makan.
  • Dapat menurunkan kolesterol karena cumi mempunyai kandungan lemak dan kalori yang rendah. Cumi juga mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang memberikan nutrisi penting bagi tubuh.
  • Dapat membantu menyehatkan organ jantung karena kandungan tembaga di dalam cumi-cumi yang dapat membentuk sel darah merah dan metabolisme zat besi.
  • Dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Cumi mempunyai kandungan vitamin lengkap mulai dari vitamin A, B6, B12, C dan E.
  • Dapat melancarkan pencernaan karena kandungan niasin dan riboflavin di dalam cumi-cumi.

Resep Mengolah Cumi-Cumi

Bagi pecinta cumi-cumi, bisa mengolahnya menjadi masakan lezat seperti berikut ini:

1. Cumi Telur Asin

Resep pertama yang dapat dibuat dengan bahan cumi-cumi adalah cumi telur asing dengan cara membuat:

  • Balur cumi dengan campuran tepung terigu, maizena, dan baking powder. Goreng di minyak panas.
  • Tumis bwang putih, cabai, saus tiram, kuning telur, dan daun bawang. Kemudian beri sedikit air.
  • Masukkan cumi goreng tepung dan aduk hingga bumbu meresap.
  • Angkat dan cumi telur asin siap untuk dinikmati.

2. Cumi Asam Manis

Resep selanjutnya yang bisa dibuat adalah cumi asam manis yang paling populer dan banyak digemari dari bahan cumi. Membuat cumi asam manis juga sangat mudah dengan langkah berikut ini:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Tambahkan saus tomat, sambal, dan saus tiram.
  • Masukkan cumi dan aduk hingga air menyusut.

3. Cumi Goreng Mentega

Resep cumi terakhir yang dapat dibuat adalah cumi goreng mentega. Anda bisa membuatnya dengan mudah mengikuti langkah berikut:

  • Bumbui cumi dengan jahe, bawang putih, dan garam. Biarkan selama 5 menit agar bumbunya meresap
  • Goreng cumi terlebih dahulu
  • Tumis margarin , cabai, daun kari, kuning telur, dan tambahkan gula dan garam secukupnya
  • Masukkan cumi goreng dan aduk hingga bumbu meresap

Baca Artikel Lainnya : Tips Memasak Olahan Cumi Agar Nikmat dan Tidak Alot

Beli Cumi-Cumi Di Aplikasi Tanihub

Selain tiga resep di atas, masih banyak juga resep cumi lainnya yang bisa mengolah bahan ini menjadi makanan yang lezat. Pastikan juga memilih cumi yang masih segar apabila akan membuat olahan dari cumi-cumi. Dimana cara mendapatkan cumi yang masih segar adalah bisa dibeli secara online di TaniHub. Ada banyak pilihan cumi yang tersedia di TaniHub dan membutuhkan pengiriman 1 hari saja, sehingga menjamin cumi masih segar untuk dimasak. Jangan lupa segera download aplikasi Tanihub sekarang juga karena ada gratis ongkir. Ikuti juga dengan update informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub. Penasaran dengan tampilan aplikasi Tanihub? Lihat video di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
69 + = 73