Resep Kreasi Olahan Kangkung Mudah yang Bisa Dicoba

Kangkung dikenal sebagai sayuran hijau yang mudah didapatkan dan diolah sebagai makanan yang lezat. Seperti sayuran lainnya, kangkung juga mempunyai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan apabila dikonsumsi dengan tepat. Ada banyak sekali resep kreasi membuat olahan kangkung yang bisa enak dan dicoba di rumah. Tentunya juga bisa diolah dengan tepat dan sehat sehingga membuat gizi yang ada di dalam kangkung dapat terjaga dan tidak rusak ketika diolah dan dikonsumsi.

Kandungan Gizi Sayur Kangkung

Resep Kreasi Olahan Kangkung Mudah yang Bisa Dicoba

Kangkung mempunyai banyak kandungan gizi yang bisa membantu menjaga kesehatan dengan lebih baik. Contohnya beberapa gizi berikut ini yang bisa membuat kangkung bisa dinikmati dan dipilih menjadi sayuran yang tidak hanya sehat tetapi juga enak adalah:

  1. Zat besi merupakan kandungan gizi pertama yang dipunyai oleh kangkung. Zat besi mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk mengangkut oksigen dari paru ke seluruh bagian tubuh. Sehingga dengan mempunyai kandungan zat besi yang cukup dapat mencegah anemia karena membentuk hemoglobin dengan lebih baik.
  2. Protein juga merupakan kandungan gizi yang penting dan baik di dalam kangkung. Protein memberikan manfaat untuk proses regenerasi sel kulit sehingga akan dapat mengatur metabolisme tubuh lebih baik.
  3. Vitamin A dan C juga merupakan kandungan utama pada kangkung yang dapat menjaga kesehatan mata, kulit, membuat luka lebih cepat sembuh, hingga mencegah kanker.
  4. Lemak, karbohidrat, dan kalsium merupakan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga organ tubuh, metabolisme tubuh, dan membantu membentuk energi tubuh.
  5. Vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga kerja otak hingga mencegah katarak.

Baca Artikel Lainnya: Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Resep Olahan Kangkung

Kangkung bisa diolah menjadi banyak sekali resep makanan yang lezat di rumah seperti:

1.Kangkung sambal tempe

Menu olahan pertama yang bisa dicoba ketika memasak kangkung adalah kangkung sambal tempe. Jenis makanan ini mempunyai bahan mudah ditemukan yaitu kangkung, kaldu bubuk, garam, gula, air, dan minyak goreng. Sedangkan untuk bahan sambalnya membutuhkan tempe goreng, bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, cabai merah, dan tomat. Langkah membuatnya adalah:

  • Langkah pertama adalah dengan mencuci kangkung bersih dan petik sehingga akan mudah untuk dikonsumsi.
  • Selanjutnya siapkan bahan ulekan untuk membuat sambal, dan masukkan bahan untuk sambal. Tumis bahan sambal yang telah halus tersebut dan tumis hingga harum. Baru tambahkan air dan masukkan bumbu lainnya yaitu kaldu bubuk, garam, dan gula secukupnya.
  • Setelahnya tambahkan kangkung dan aduk bumbu hingga dapat meresap ke kangkung.
  • Masak kangkung tersebut sekitar 1-2 menit agar daunnya layu dan tunggu hingga matang.
  • Setelah kangkung matang bisa diangkat dan kangkung sambal tempe siap untuk dinikmati.

2.Kangkung petis

Resep mudah selanjutnya yang bisa dibuat dari bahan kangkung adalah kangkung petis yang membutuhkan bahan kangkung, tahu putih, bawang goreng, dan teri medan goreng. Untuk bumbu halusnya siapkan bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, petis, terasi, asam, garam, dan gula. Langkah membuatnya dengan:

  • Haluskan bumbu dan kemudian tumis hingga harum.
  • Tambahkan air dan tunggu hingga bumbu mengental.
  • Tata kangkung yang direbus dalam piring, tambahkan tahu, dan siram menggunakan bumbu yang sudah ditumis.
  • Taburi menggunakan bawang goreng dan teri agar rasanya menjadi lebih nikmat.

3.Plecing kangkung

Resep terakhir yang bisa dicoba adalah plecing kangkung yang membutuhkan bahan kangkung, toge, dan kacang tanah. Selain itu siapkan cabai rawit merah, tomat, terasi, garam, dan jeruk limau. Langkah membuatnya sangat mudah yaitu:

  • Pertama rebus kangkung dan tauge terlebih dahulu.
  • Ulek bumbu halus dan berikan perasaan jeruk limau. Aduk rata bumbu tersebut.
  • Letakkan kangkung dan tauge yang sudah direbus ke atas piring dan tuangkan sambal yang sudah jadi. Berikan taburan kacang goreng dan plecing kangkung siap untuk disajikan.

Selain resep di atas tentunya masih banyak sekali olahan kangkung lainnya yang bisa dicoba dengan mudah di rumah. Dengan mengonsumsi kangkung dengan kandungan gizi baik seperti di atas bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Utamanya ketika memilih jenis kangkung yang ditanam secara organik yang bisa didapatkan di TaniHub, sehingga membuat gizi yang didapatkan akan lebih utuh dan banyak ketika mengonsumsi jenis kangkung organik tersebut.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 5 = 1