Resep Masakan dari Bahan Telur yang Mudah dan Praktis

Resep Masakan dari Bahan Telur yang Mudah dan Praktis

Resep Masakan dari Bahan Telur yang Mudah dan Praktis

Untuk membuat lauk yang mudah dan praktis, telur merupakan salah satu bahan makanan yang cocok. Karena tanpa perlu usaha lebih, telur bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan yang lezat. Hampir semua orang menyukai lauk pauk berupa telur, sehingga saat tak ada pilihan menu masakan lain, telur bisa menjadi alternatif. Tak hanya mudah dan praktis, telur juga terbilang sangat ekonomis. Karena rata-rata harganya yang masih terjangkau untuk per biji maupun per kilogramnya.

Pengertian Telur

Resep Masakan dari Bahan Telur yang Mudah dan Praktis

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung sumber protein hewani tinggi dan umumnya berasal dari hewan unggas, seperti ayam, bebek, angsa, burung, dll. Untuk kebutuhan konsumsi, biasanya jenis telur yang kerap digunakan adalah yang berasal dari ayam, bebek, dan burung puyuh. Telur memiliki ciri-ciri bentuknya yang bulat, memiliki cangkang yang mudah rapuh. Serta bagian dalamnya yang berisi cairan kental berwarna putih dan kuning telur.

Baca Artikel Lainnya: Tips Cermat Memilih Telur yang Bagus

Kandungan Gizi Telur

Resep Masakan dari Bahan Telur yang Mudah dan Praktis

Telur memiliki rasa yang lezat saat diolah menjadi berbagai masakan, baik itu yang digoreng, direbus, dll. Di balik rasa nikmat telur, ada banyak kandungan gizi di dalamnya yang ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk 2 butir atau 100 gram telur ayam ras, setidaknya terkandung berbagai zat gizi berikut ini:

  • Energi 154 kal.
  • Lemak 10,8 gram.
  • Protein 12,4 gram.
  • Karbohidrat 0,7 gram.
  • Kalsium 86 miligram.
  • Zat besi 3 miligram.
  • Fosfor 258 miligram.
  • Natrium 142 miligram.
  • Vitamin A 104 mikrogram.

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Resep Masakan dari Telur yang Mudah dan Praktis

Dengan menggunakan bahan utama telur, ada banyak sekali resep masakan yang bisa Anda praktekkannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Telur dadar gulung.

Untuk membuat resep masakan yang satu ini, Anda memerlukan beberapa bahan yang digunakan bersama telur. Bahan-bahannya cukup sederhana, yaitu telur ayam 2 butir, irisan daun bawang secukupnya, wortel yang sudah diiris dadu kecil, garam, dan merica secukupnya. Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Kocok terlebih dahulu 2 butir telur ayam, kemudian masukkan irisan daun bawang, irisan wortel, garam, dan merica.
  • Panaskan teflon yang akan digunakan di atas api sedang.
  • Tuang adonan telur ke atas teflon yang sudah panas tipis-tipis saja.
  • Jika telur sudah terlihat agak matang dan adonan sedikit basah, maka gulung atau lipat telur dan sisakan sedikit ujung telur. Tuang kembali adonan, dan lakukan hal yang sama beberapa kali hingga adonannya habis.
  • Setelah telur dadar gulungnya terlihat matang dengan warna kuning keemasan, maka bisa diangkat dan dipotong sesuai selera.

2.Telur kecap.

Resep masakan telur kecap sangat mudah untuk dipraktekkan. Karena untuk bahan yang digunakan tergolong simpel dan mudah kita jumpai di sekitar kita. Untuk bahan dan bumbu yang digunakan adalah telur sesuai selera, minyak goreng, bawang bombay 1 siung, kecap manis secukupnya, saus tiram 1 sendok, bawang putih 2 siung, cabai merah secukupnya, garam, dan merica secukupnya. Untuk cara membuatnya, yaitu:

  • Goreng terlebih dahulu telur menjadi telor ceplok, kemudian sisihkan.
  • Cincang bawang bombai dan bawang putih. Tumis hingga harum, baru kemudian masukkan cabai dan tumis kembali hingga layu.
  • Masukkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica secukupnya. Aduk lagi hingga merata dan tercium aroma tumisannya, baru matikan kompor.
  • Tuang tumisan bumbu tadi ke atas telor ceplok dan siap untuk dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat.

Kedua resep masakan dari bahan utama telur tadi sangat mudah untuk dipraktekkan. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan masakan lezat, olahan berupa telur dadar gulung ataupun telur kecap bisa jadi alternatif. Untuk kebutuhan konsumsi harian, sebaiknya stok juga bahan makanan berupa telur di dapur Anda. Sehingga ketika dibutuhkan sudah tersedia. Untuk kebutuhan konsumsi, pastikan Anda menggunakan telur segar yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan telur segar saat berbelanja dari TaniHub, yaitu salah satu tempat belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan makanan segar. Berbelanja di TaniHub sangat mudah dan praktis, karena bisa via aplikasi atau website online-nya saja. Sehingga tanpa harus keluar rumah, Anda bisa mendapatkan kebutuhan bahan pangan yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 35 = 45