Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Kunyit yang Enak

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Kunyit yang Enak

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Kunyit yang Enak

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang dapat memberikan warna alami untuk masakan. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bumbu kuning untuk berbagai makanan seperti ikan, ayam, dan juga lainnya. Bumbu kuning dari kunyit ini bisa dimanfaatkan juga untuk membuat ayam goreng sehingga mempunyai tampilan lebih cantik dengan bumbu meresap agar membuatnya lebih enak. Cara membuat ayam goreng bumbu kunyit juga sangat mudah dan bisa diikuti untuk membuat ayam goreng renyah dan garing.

Kandungan Kunyit

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Kunyit yang Enak

Sebelum mengikuti resep ayam goreng menggunakan bumbu kunyit, perlu terlebih dahulu mengenal manfaat yang dipunyai oleh bumbu ini. Kunyit merupakan bumbu dapur alami yang biasanya menjadi bahan herbal untuk suplemen dan juga jamu. Bahan ini banyak digunakan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan dan manfaat lainnya. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kandungan kunyit yang memberikan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunyit mempunyai kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan juga anti mikroba yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu kandungan lainnya yang dipunyai bumbu dapur ini adalah protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, dan juga zat besi.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan Kunyit untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Kunyit yang Enak

Dengan kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, beragam manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kunyit secara teratur adalah:

  • Kunyit dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan utama kunyit yaitu kurkumin. Bahan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang bagus untuk melawan bakteri dan virus yang dapat membuat tubuh sakit.
  • Kunyit juga memberikan manfaat untuk mengatasi mual. Bahan ini mempunyai kandungan antioksidan didalamnya yang juga dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan perut. Sehingga bagi yang mengalami gejala masuk angin, maag, GERD, dan gangguan lainnya yang mengalami mual bisa memanfaatkan bahan kunyit ini.
  • Kunyit dapat membantu mengatasi peradangan karena mempunyai anti radang dari kandungan kurkuminnya.
  • Kunyit juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung yang sama efektifnya seperti ketika berolahraga.

Resep Ayam Goreng Kunyit

Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa memanfaatkan kunyit sebagai minuman herbal yang rutin dikonsumsi ataupun menggunakan kunyit sebagai bumbu untuk masakan. Salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai resep untuk membuat ayam goreng kunyit yang renyah gurih. Untuk bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam goreng kunyit adalah:

  • Bahan utamanya perlu untuk menyiapkan 1 ekor ayam, minyak goreng, daun salam 2 lembar, air 600 ml, jahe yang digeprek, dan daun jeruk 5 lembar yang di sobek-sobek.
  • Bumbu halusnya siapkan ketumbar 2 sdt, bawang merah 12 butir, bawang putih 4 siung, gula pasir secukupnya, kunyit bakar, dan garam secukupnya.

Untuk membuat ayam goreng bumbu kunyit bisa mempersiapkan ayamnya terlebih dahulu dengan langkah:

  • Pertama adalah bersihkan ayam yang sudah dicuci dan juga dipotong-potong sesuai selera.
  • Setelah dipotong masukkan ayam ke dalam wadah sendiri dan bersihkan kembali.
  • Pastikan untuk membersihkan ayam dengan benar dan kemudian tiriskan.
  • Lumuri ayam tersebut dengan air jeruk nipis dan garam sehingga dapat menghilangkan bau amis ketika akan dimasak.

Langkah membuat ayam goreng kunyit adalah:

  • Siapkan panci dan didihkan air di atasnya. Kemudian masukkan ke dalam air tersebut bumbu halus, daun salam, jahe, dan juga jeruk.
  • Masukkan juga ayam yang telah dipotong dan dibersihkan ke dalam air rebusan tersebut.
  • Aduk ayam dan bumbunya hingga bumbu dapat tercampur dengan merata.
  • Masak ayam hingga warnanya berubah dan juga tunggu hingga dagingnya menjadi empuk.
  • Tunggu air hingga surut dan angkat ayam terlebih dahulu.
  • Setelah dingin bisa untuk menggoreng ayam di atas wajan yang telah diisi dengan minyak goreng panas.
  • Tunggu hingga ayam berubah warna baru angkat dan tiriskan.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit : Menyembuhkan Nyeri Sendi Hingga Bisa Mengobati Kanker

Selain dapat mengolah ayam goreng kunyit, bumbu kunyit ini juga bisa mengolah makanan lainnya untuk diberikan bumbu kuning sehingga bisa mempunyai rasa lezat dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Untuk mendapatkan bumbu kunyit dan bahan lainnya untuk membuat ayam goreng kunyit bisa membelinya secara online di TaniHub. Tempat ini menawarkan bumbu dapur seperti kunyit, sayur, buah, daging, dan juga bahan lainnya dengan harga terjangkau dan dijamin segar. Mempunyai pengiriman gratis ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
33 − = 30