Resep Olahan Kangkung Sederhana yang Wajib Dicoba

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang terkenal. Kangkung bisa di tumis, dibuat cah, dibuat kangkung belacan, sambal kangkung, plecing kangkung, dan masih banyak makanan lainnya menggunakan bahan sayuran yang enak ini. Selain enak, kangkung juga mempunyai kandungan gizi yang beragam yang baik untuk kesehatan. Sehingga untuk membantu menjaga kesehatan, pastikan untuk mengolah kangkung secara bervariatif sehingga tidak mudah bosan untuk mengonsumsi kangkung dengan sering.

Kandungan Kangkung dan Manfaatnya

Resep Olahan Kangkung Sederhana yang Wajib Dicoba

Kangkung mempunyai banyak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Mulai dari folat, kalium, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Selain itu kangkung juga mempunyai kandungan vitamin yang beragam yaitu vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin C. Berbagai kandungan tersebut dapat dikonsumsi secara rutin untuk memberikan manfaat yang bisa didapatkan yaitu seperti berikut ini:

  • Mengonsumsi kangkung membantu untuk menjaga organ hati sehingga bisa mencegah gangguan kesehatan yang membuat kerjanya tidak optimal sehingga mengalami kerusakan hati.
  • Mempunyai kandungan yang baik untuk mencukupi suplay darah sehingga bisa mencegah anemia.
  • Kandungan antioksidan yang baik dan bisa digunakan sebagai anti radang dan anti kanker.
  • Kangkung bisa dikonsumsi secara rutin yang membantu untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, maupun mata.

Baca Artikel Lainnya: Kenali Sederet Manfaat dan Ide Olahan Kangkung Simpel Tapi Enak Berikut Ini!

Tips Mengolah Kangkung

Resep Olahan Kangkung Sederhana yang Wajib Dicoba

Ketika ingin mendapatkan manfaat dengan mengolah kangkung bisa untuk memperhatikan tips berikut ini agar mendapatkan manfaat yang optimal:

  • Pertama adalah dengan memilih kangkung yang masih segar sehingga akan memberikan rasa enak untuk dikonsumsi. Kangkung yang masih segar dapat dipilih dari warnanya yang masih hijau segar, daun kangkung yang besar, dan mempunyai batang yang teksturnya padat.
  • Selanjutnya perhatikan juga untuk memilih daun maupun batang kangkung yang masih muda. Hal tersebut akan membuat kangkung lebih tahan lama dan rasa lebih segar.
  • Bersihkan kangkung dengan baik menggunakan air mengalir sehingga dapat bersih sebelum akan dimasak.
  • Ketika memasak kangkung bisa memilih resep yang disukai baik di tumis, direbus, dan juga dibuat menjadi sajian lainnya sesuai selera.

Resep Memasak Kangkung

Resep Olahan Kangkung Sederhana yang Wajib Dicoba

Bagi pecinta kangkung bisa memasak resep kangkung sederhana anti gagal berikut ini.

1.Kangkung bumbu kemiri pedas

Resep pertama yang dapat dicoba adalah kangkung kemiri pedas yang menggunakan bahan minyak goreng, kangkung, daun jeruk, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Sedangkan bumbu halusnya ada kemiri, cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Langkah membuatnya adalah:

  • Tumis bumbu halus dan daun jeruk, setelah harum bisa memasukkan kangkung.
  • Aduk hingga merata dan tambahkan dengan garam, merica, dan gula pasir.
  • Masak dan aduk hingga bumbunya meresap dan matang.

2.Kangkung bumbu tauco

Resep selanjutnya adalah kangkung bumbu tauco yang membutuhkan bahan minyak, daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, tauco, kangkung, garam, merica bubuk, gula pasir, dan telur puyuh. Bumbu halusnya siapkan bawang merah, bawang putih, dan kencur. Cara membuatnya adalah:

  • Tumis bumbu halus dengan daun jeruk, daun salam, jahe, dan lengkuas.
  • Setelah harum masukkan tauco dan aduk kembali.
  • Masukkan kangkung dan bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula pasir.
  • Koreksi rasa dan tunggu kangkung layu baru masukkan telur puyuh.

3.Tumis kangkung

Resep terakhir adalah tumis kangkung yang membutuhkan bahan kangkung, cabai merah, tomat merah, gula pasir, garam, air, dan minyak. Untuk bumbu halusnya bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit, dan terasi bakar. Langkah membuatnya:

  • Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan cabe merah, tomat, gula, dan garam.
  • Masukkan kangkung dan aduk hingga layu.
  • Tuangkan air dan aduk rata.
  • Tunggu bumbu meresap dan tumis kangkung siap untuk disajikan selagi hangat.

Baca Artikel Lainnya: Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Ketika akan mengolah kangkung menjadi lebih sehat, bisa memilih jenis kangkung organik atau hidroponik sehingga akan lebih sehat ketika dikonsumsi. Membeli kangkung organik dan hidroponik ini sendiri sangat mudah yaitu mencarinya di swalayan atau juga membelinya secara online di TaniHub. Walaupun harga yang ditawarkan biasanya lebih mahal dibandingkan sayur kangkung biasanya, akan tetapi kangkung organik dan hidropinik tersebut dijamin kesegaran dan juga lebih sehat dikonsumsi sehingga cocok dimasak untuk pecinta sayur kangkung.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
58 − = 55