Resep Pepes Jamur Tiram yang Bagus Untuk Diet
Diet merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk berbagai tujuan yang dipunyai. Seperti diet untuk menaikkan berat badan, diet menghindari makanan tertentu, dan juga diet untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang bisa dilakukan adalah diet menurunkan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal. Diet tersebut bisa dengan mengonsumsi makanan yang bagus untuk diet seperti jamur tiram yang harus diolah menjadi makanan yang lezat tetapi juga sehat sehingga mendukung diet yang dijalankan. Salah satu diet bisa dengan makan jamur tiram.

Kandungan Jamur Tiram

Resep Pepes Jamur Tiram yang Bagus Untuk Diet

Jamur tiram mempunyai banyak sekali kandungan yang dipunyainya. Jamur ini selain aman untuk dikonsumsi juga menjadi pilihan yang baik karena memberikan manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut didapatkan dari kandungan jamur tiram yang beragam dan mempunyai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan. Bahkan juga berkat kandungannya tersebut, jamur tiram biasanya menjadi bahan untuk suplemen dan obat tradisional. Kandungan yang ada di dalam jamur tiram meliputi kalori, lemak, sodium, karbohidrat, serat, gula, dan juga protein. Selain itu jamur tiram juga kaya akan vitamin seperti vitamin B3, vitamin B2, vitamin D, vitamin B1, vitamin B6, dan juga asam pantotenat. Untuk kandungan mineralnya, jamur tiram mempunyai kandungan fosfor, kalium, zat besi, tembaga, magnesium, mangan, selenium, dan juga zinc.

Baca Artikel Lainnya: Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya.

Manfaat Jamur Tiram Untuk Diet

Resep Pepes Jamur Tiram yang Bagus Untuk Diet

Mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan diolah dengan tepat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan meliputi:

  • Pertama jamur tiram bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang makrofrag sehingga lebih efektif untuk melawan virus dan bakteri.
  • Selanjutnya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.
  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung berkat kandungan kalium yang dipunyai sehingga dapat menjaga kesehatan otot, saraf, hingga jantung tetap sehat. Jamur tiram juga mempunyai kandungan vitamin D yang efektif untuk mengontrol tekanan darah lebih stabil.
  • Membantu menurunkan kolesterol dan mengatur sirkulasinya sehingga tetap lancar dan bisa mencegah penyakit seperti stroke dan jantung.
  • Memberikan manfaat untuk mencegah kanker berkat kandungan antioksidan, betaglukan, dan glokoprotein sehingga dapat membuat respon anti kanker. Jamur tiram bermanfaat untuk mencegah kanker utamanya kanker payudara dan usus besar.
  • Jamur mempunyai sifat antibakteri dan antitumor dapat membantu menetralisir racun sehingga menjaga kerja liver tetap sehat.

Selain manfaat tersebut, jamur tiram juga memberikan manfaat yang bagus digunakan sebagai bahan untuk diet. Hal tersebut karena jamur tiram mempunyai kandungan rendah kalori sehingga bagus sebagai makanan untuk diet. Karena inti dari melakukan diet adalah dengan menjaga kalori dan membakarnya menjadi energi sehingga bisa menghindari penumpukan lemak dan tidak mudah untuk menambah berat badan. Oleh karena itulah bagi yang ingin diet bisa untuk mengolah jamur tiram dengan tepat sebagai bahan yang dapat membantu diet menurunkan berat badan.

Resep Pepes Jamur Tiram

Salah satu makanan jamur tiram yang cocok untuk diet adalah pepes jamur tiram. Ketika sedang diet, pengolahan makanan penting untuk diperhatikan. Pepes jamur tiram yang dikukus akan membuat jenis makanan lebih sehat. Bahan membuat pepes jamur tiram cukup siapkan 100 gram jamur tiram, daun pisang untuk bungkusan, jeruk limau, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai rawit, cabai merah, kemiri, dan garam.

Sedangkan cara membuatnya adalah:

  • Pertama cuci jamur tiram terlebih dahulu sebelum digunakan dan potong memanjang.
  • Haluskan bumbu dan campurkan ke jamur. Berikan perasan air jeruk limau dan campurkan hingga rata.
  • Diamkan selama 15 menit terlebih dahulu agar bumbunya meresap. 
  • Ambil daun pisang dan masukkan adonan kemudian bungkus.
  • Kukus selama 30 menit dan siap disajikan ketika sudah matang.

Baca Artikel Lainnya: Tips Budidaya Jamur Tiram dan Beberapa Kesalahan Umum dalam Mengolahnya yang Harus Diperhatikan

Resep jamur tiram di atas mudah dibuat dan sangat cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet menurunkan berat badan. Membuat pepes jamur tiram untuk diet ini bisa mendapatkan bahannya dengan mudah baik jamur tiram dan bumbu yang dibutuhkan di TaniHub. Tempat ini juga menyediakan jenis jamur, buah, sayur, dan bahan lainnya yang cocok untuk diet.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
41 − = 36