Resep Soto Ayam yang Enak Bagi Ibu Hamil

Resep Soto Ayam yang Enak Bagi Ibu Hamil

Resep Soto Ayam yang Enak Bagi Ibu Hamil

Kehamilan merupakan kondisi yang perlu dijaga dengan baik, sehingga ibu hamil maupun janin bisa tetap sehat. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk merawat kehamilan seperti misalnya dengan menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan tertentu dan juga memilih jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Seperti dapat mengonsumsi soto ayam yang merupakan makanan berkuah yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Bahan Membuat Soto Ayam

Soto ayam yang berkuah bisa dipilih sebagai sajian sehat dan enak untuk dikonsumsi ibu hamil. Pastikan juga ketika akan mengonsumsi soto ayam kuah ini juga dari bahan-bahan yang aman dikonsumsi. Sehingga ketika membelinya di luar maka pastikan dari tempat yang aman dan juga higienis. Atau lebih aman lagi apabila bisa membuat soto ayam sendiri di rumah yang akan lebih terjaga kebersihannya. Ibu hamil jangan sembarangan untuk membeli makanan di luar karena bisa saja terkontaminasi dengan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit seperti gangguan pencernaan. Oleh karena itulah lebih baik ketika ingin makan soto ayam kuah juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Dengan membuat soto ayam kuah sendiri di rumah bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan tidak terkontaminasi dengan penyakit. Untuk membuat soto ayam sendiri perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu:

  • Bahan utamanya adalah dengan menyiapkan 1 ekor ayam, daun jeruk 10 lembar, air 2500 ml, batang serai, gula pasir 1 sdt, garam 2 sdt, dan minyak goreng.
  • Bumbu yang dihaluskan siapkan bawang putih 8 siung, kunyit 5 s cm, bawang merah 15 butir, jahe 2 cm, dan juga kemiri 8 butir.
  • Bahan pelengkap yang perlu disiapkan ada 150 gram kol, daun bawang 1 batang, soun 50 gram, seledri, sambal cabai rawit, dan telur rebus 3 butir.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Cara Membuat Soto Ayam

Resep Soto Ayam yang Enak Bagi Ibu Hamil

Sebelum akan membuat soto ayam, siapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan yaitu dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama adalah dengan memotong ayam yang sudah disiapkan sebelumnya. Potong ayam menjadi 4 bagian atau juga tergantung selera. Selanjutnya cuci ayam hingga bersih sebelum digunakan.
  • Selanjutnya untuk menyiapkan bumbu serai bisa mengambil bagian putih serai dan memarkan.
  • Sedangkan untuk daun jeruk bisa untuk membuang bagian tulang daun jeruk tersebut, sehingga tersisa hanya daunnya saja yang akan digunakan.
  • Sedangkan untuk bumbu halus yang sudah disiapkan bisa untuk dihaluskan. Bisa menggunakan blender agar lebih cepat atau secara konvensional menggunakan ulekan.
  • Untuk bahan pelengkapnya bisa memotong telur rebus, mencuci kol hingga bersih dan kemudian iris, seledri dan daun bawang juga diiris, terakhir sounnya rendam dengan air hangat terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca Artikel Lainnya: Bingung Memilih Ide Olahan Ayam Untuk Menu Keluarga? Ini Inspirasi Untuk Anda!

Resep Membuat Soto Ayam

Selanjutnya bisa mengikuti resep membuat soto ayam apabila semua bahan sudah disiapkan yaitu seperti berikut ini:

  • Cara pertama tentunya dengan menyiapkan semua bahan yang telah dijelaskan seperti di atas. Selanjutnya siapkan panci untuk mendidihkan air dan gunakan untuk merebus ayam hingga mendidih.
  • Selanjutnya panaskan wajah dan gunakan untuk menumis bumbu halus dengan daun jeruk dan serai.
  • Aduk bumbu tersebut hingga merata dan harum kemudian angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam.
  • Tambahkan dengan gula pasir dan garam secukupnya dan aduk hingga bumbunya merata.
  • Angkat ayam dan goreng sebentar. Setelah ayam matang bisa disuwir-suwir.
  • Masukkan bahan pelengkap ke dalam soto seperti seledri, daun bawang dan kol

Untuk membuat soto ayam yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil, pastikan untuk memilih bahan-bahan yang masih segar. Selain itu juga pastikan ayam digunakan akan soto dimasak dengan tepat. Apabila memasak ayam dagingnya belum empuk bisa untuk ditambahkan dengan air lagi. Ibu hamil bisa untuk menikmati soto ayam kuah tersebut dengan nikmat tanpa khawatir.

Untuk menyiapkan berbagai bahan masakan yang dibutuhkan untuk membuat soto ayam juga perlu diperhatikan dengan baik. Sehingga memastikan bahan yang digunakan dari sayuran, ayam, dan juga bumbu-bumbu yang digunakan dalam keadaan segar. Membeli berbagai bahan yang terjamin kesegarannya tersebut bisa dilakukan juga dengan membelinya dari TaniHub secara online sehingga bisa menjamin kesehatan ketika membuat soto untuk ibu hamil. Gratis ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
78 − = 76