Selain Banyak Manfaatnya, Inilah Berbagai Jenis Olahan Pisang Kepok yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis

Selain Banyak Manfaatnya, Inilah Berbagai Jenis Olahan Pisang Kepok yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis

Berbicara mengenai pisang tentu tidak bisa terlepas dari manfaat besar yang dimiliki. Tidak heran buah harga terjangkau dengan banyak jenis ini sering dijadikan favorit banyak orang. Cocok sebagai buah asli ataupun dibuat dalam berbagai bentuk olahan lezat. Sebelumnya, apakah Anda sudah paham seperti apa manfaat yang dimiliki buah dengan mayoritas warna kuning tersebut? Mulai dari pohon sampai dengan buah dapat dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan. Akan sangat disayangkan jika Anda salah satu orang yang tidak menyukai pisang.

Selain Banyak Manfaatnya, Inilah Berbagai Jenis Olahan Pisang Kepok yang Bisa Dijadikan Lahan Bisnis

Kandungan Pisang Kepok

Rasanya yang enak membuat orang penasaran pula seperti apa kandungan gizi yang dimiliki pisang kepok. Secara umum dalam satu buah itu mengandung beberapa jenis vitamin yang baik untuk menjaga imun tubuh. Mulai dari adanya serat, kalium, vitamin B6, vitamin C dan berbagai antioksidan sampai dengan fitonutrien yang bagus untuk tubuh. Didalam pisang terdapat banyak sekali kandungan dari mulai energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vit A, vit B1, dan vit C. Maka dari itu dengan mengkonsumsi pisang maka kandungan yang terdapat di dalamnya akan sangat penting sekali untuk mendukung kesehatan dalam tubuh kita.

Dalam tubuh itu memerlukan banyak sekali komponen penting untuk memperlancar sirkulasi berjalan dengan baik. Memilih mengkonsumsi makan makanan bergizi menjadi salah satu cara untuk mendukung hal tersebut. Tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan buah dengan harga murah yang dapat mendukung kesehatan Anda dan keluarga sekarang sampai dengan nantinya. Tetapi setiap kandungan itu bukan berarti sama satu jenis pisang dengan lainnya. Tetapi rata-rata menyimpan vitamin yang baik untuk tubuh.

Manfaat Pisang Kepok

Setelah membaca kandungan apa saja dalam sebuah pisang, saatnya untuk memperdalam manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu bisa diperhatikan dengan baik beberapa manfaat pisang sebagai berikut ini:

1.Membantu atasi hipertensi

Kandungan kalium yang ada dalam pisang ternyata berperan penting untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit. Dengan begitu tekanan darah tetap stabil dalam tubuh Anda. Selain itu serat juga dapat mengikat lemak, jadi pembentukan plak bisa diminimalisir. Perlu dipahami jika plak merupakan salah satu penyebab penyempitan dan membuat penyumbatan dalam pembuluh darah jadi tekanan darah meningkat.

2.Menjaga Kebugaran

Kandungan vitamin A dan sumber karbohidrat tinggi, ini artinya bisa menjaga tubuh tetap dalam keadaan bugar. Ditambah lagi adanya magnesium, kalium, serat sampai dua kali lipat lebih banyak dari pada buah lainnya. 

3.Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu mencari obat untuk memperlancar pencernaan, karena dalam pisang mengandung vitamin yang dapat memperlancar pembuangan sisa proses metabolisme. Bagi Anda orang dewasa atau buah hati yang mengalami kesulitan buang air besar bisa memanfaatkan buah ini untuk membantu memperlancar.

4.Mengatasi Anemia

Satu yang cukup penting adanya zat besi, di mana dalam tubuh yang kekurangan darah merah bisa menggunakan untuk membantunya. Karena dimana hemoglobin akan dibentuk dengan bantuan protein yang mengandung zat besi.

5.Merawat Kulit

Ini yang menjadi pisang sebagai andalan para wanita, dimana kulit bisa dipercantik sekaligus dengan rutin mengkonsumsi. Bukan saja untuk dimakan, tetapi jika digunakan sebagai masker juga bisa. Lakukan secara rutin sekitar 15-30 menit dan percaya jerawat akan hilang pada wajah Anda.

Jenis Pisang Selain Kepok

Di Indonesia sendiri pisang menjadi buah yang cukup digemari, apalagi penanaman yang mudah dan cepat untuk berbuah. Hampir semua kebun mudah ditanami pisang, meskipun tidak semua jenis sama tetapi ada beberapa yang bisa tumbuh dimana saja. Untuk jenis pisang kepok sendiri lebih umum dan banyak dijumpai. Tetapi selain kepok Anda perlu paham pula jika ada banyak variasi pisang di Indonesia dengan model, warna, rasa yang berbeda. Berikut ini ada beberapa diantaranya:

1.Pisang Raja

Ini termasuk jenis pisang lokal dengan rasa yang khas, bagi Anda yang mencoba pasti bakal ketagihan. Rasa manis menjadi dominan pada buah satu ini, meskipun umumnya bentuk tidak terlalu besar dan hanya kecil-kecil. Cocok untuk dimakan secara langsung ataupun dibuat berbagai olahan.

2.Pisang Susu

Bagi balita ini sering dijadikan pilihan, karena ukurannya yang mayoritas kecil tetapi rasanya manis. Jika dibandingkan dengan pisang raja tidak banyak perbedaan, hanya dari kulit saja dan tingkat kepulenan. 

3.Pisang Ambon

Sudah tidak asing dengan jenis yang satu ini pastinya, di tukang sayur keliling, pasar sampai dengan supermarket jenis satu ini sering dijajakan. Ada ambon hijau sampai dengan warna kuning, rasanya sama pulen manis yang cocok untuk dijadikan buah sebelum makan. 

4.Pisang Bandung

Sedikit berbeda dengan beberapa jenis sebelumnya, untuk pisang bandung rasa yang dihasilkan ada sedikit asam. Namun untuk manis masih menjadi dominan, jadi tetap cocok untuk dijadikan pilihan sajian buah Anda.

Olahan Pisang Kepok

Setelah mengetahui beberapa kandungan, manfaat dari pisang kepok saatnya untuk mengetahui seperti apa olahan pisang yang banyak digemari tersebut. Berikut ini ada beberapa olahan sederhana dari pisang kepok yang dapat dijadikan sajian sederhana sampai dengan bisnis usaha yaitu:

1.Pisang Caramel

Goreng sebentar pisang kepok, kemudian larutkan gula merah dan gula pasir dengan tambahan sedikit air. Masukkan pisang lalu aduk sampai dengan rata ke seluruh pisang, setelah itu angkat pisang dan siap untuk disajikan.

2.Bolu Pisang Kukus

Kedua yaitu bolu pisang kepok yang cukup mudah dan banyak digemari masyarakat, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Terlebih dahulu kupas pisang, kemudian kukus dan haluskan. Campur beberapa bahan lain seperti tepung, telur dan gula lalu kukus sampai matang.

3.Pisang Kapok Keju

Potong serong pisang kepok, lalu goreng sampai dengan rata setelah itu tiriskan dan beri parutan keju ataupun bisa menggunakan toping lain.

4.Nugget Pisang

Ini menu yang cukup digemari anak-anak, kadang buah pisang kepok tidak disukai anak-anak dan ibu harus mencari solusinya. Nah, olahan nugget bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai toping pilihan. Mulai dari keju, susu kental manis sampai dengan meses berbagai varian.

Diatas merupakan gambaran mengenai kandungan, manfaat sampai dengan olahan pisang kepok yang bisa dijadikan pilihan. Ditengah pandemi yang seperti sekarang ini, untuk mendapatkan buah yang segar setiap hari tidak perlu keluar rumah. Sudah ada toko online buah dan sayuran segar setiap hari dan terjamin harga terjangkau, apalagi banyak promo yang ditawarkan. Seperti TaniHub yang merupakan aplikasi dan website lokal untuk menawarkan hasil panen petani terpercaya. Tidak perlu ragu, segera penuhi semua kebutuhan sehari-hari rumah tangga atau usaha kamu, mulai dari produk segar, makanan beku, bumbu masak, topping kue, hingga sembako. Didukung dengan sistem pembayaran yang aman dan proses pengiriman yang cepat,pesan sekarang, besok pasti sampai! Apa pun itu, selalu #AdaSolusinya di TaniHub. Ayo kasih tau ke teman-teman kamu download Tanihub melalui PlayStore dan AppStore untuk beli pisang kepok serta ikuti juga informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 66 = 69