Inilah Bahaya Mengonsumsi Telur Asin Secara Berlebihan

Inilah Bahaya Mengonsumsi Telur Asin Secara Berlebihan

Inilah Bahaya Mengonsumsi Telur Asin Secara Berlebihan

Semua yang berlebihan itu dilarang karena memberikan efek yang tidak baik. Termasuk juga ketika mengonsumsi bahan makanan tertentu, sebaiknya perhatikan untuk mengkonsumsinya secara tidak berlebihan. Hal ini juga berlaku bagi yang menyukai telur asin yang merupakan telur bebek yang diproses sedemikian rupa sehingga bisa mempunyai rasa asin dan warna hijau untuk kulit luarnya. Telur ini mempunyai banyak kandungan yang dipunyai seperti karbohidrat, serat, kalsium, riboflavin, niacin, vitamin A, fosfor, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi Anda juga perlu mengkonsumsinya secara tidak berlebihan, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Dengan berbagai kandungan gizi yang beragam, telur asin dapat memberikan manfaat kesehatan seperti berikut ini:

  • Telur asin dapat membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Seperti dapat membantu perkembangan kulit, otot, hingga rambut. Telur asin mempunyai kandungan protein tinggi, karbohidrat, dan lemak. Sehingga dapat menjaga fungsi metabolisme tubuh.
  • Dapat menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung selenoprotein dan zat besi.
  • Telur asin mempunyai kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi penglihatan.
  • Dapat menghindari risiko osteoporosis karena mempunyai kandungan kalium yang bermanfaat untuk tulang.
  • Bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi karena mempunyai kandungan asam lemak omega 3.

Baca Artikel Lainnya: Langkah Mudah Membuat Telur Asin yang Cocok untuk Ide Bisnis

Kandungan Telur Asin yang Dapat Berbahaya

Inilah Bahaya Mengonsumsi Telur Asin Secara Berlebihan

Walaupun mempunyai kandungan yang sehat dan dapat untuk memberikan manfaat kesehatan. Anda tetap perlu untuk mengkonsumsinya secara wajar. Karena telur ini juga mempunyai kandungan yang dapat berbahaya bagi tubuh yaitu:

Meningkatkan kadar kolesterol tubuh

Hal pertama yang membuat Anda tidak boleh mengonsumsi telur asin secara berlebihan adalah karena dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Hal ini karena jumlah kolesterol yang ada di dalam telur asin lebih banyak dan bahkan melebihi ambang batas yang direkomendasikan. Telur asin mempunyai kolesterol hingga 300-600 mg. Sedangkan untuk batas ambang normal adalah 300 mg saja. Sehingga apabila berlebihan mengkonsumsi telur asin dapat meningkatkan kadar LDL atau kadar kolesterol jahat di tubuh dan membuat kolesterol tinggi yang bisa memicu banyak penyakit lainnya.

Baca Artikel Lainnya: 4 Kesalahan dalam Mengolah Telur yang Perlu Dihindari

Natrium yang tinggi

Telur asin juga mempunyai kandungan tinggi natrium yang dalam batas wajar juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi apabila terlalu banyak natrium tentunya juga akan tidak baik untuk kesehatan. Telur asin diawetkan menggunakan banyak garam, sehingga hal tersebut membuat telur asin mempunyai kandungan natrium yang tinggi.

Apabila mengonsumsi telur asin secara berlebihan tentu saja banyak resiko penyakit yang dapat diderita. Seperti dapat untuk mengidap darah tinggi atau hipertensi. Selain itu juga bisa meningkatkan tekanan darah berlebihan yang menyebabkan penyakit jantung. Apabila sudah mempunyai darah tinggi bisa terkena dengan berbagai penyakit lainnya seperti gagal ginjal, gagal jantung, hingga stroke. Sehingga akan sangat dianjurkan untuk membatasi mengkonsumsi telur asin dan makan secara tidak berlebihan karena banyak resiko penyakit yang dapat diderita di masa depan.

Untuk menghindari resiko tersebut, Anda bisa mengkonsumsinya secara bijak. Selain itu juga bisa memilih jenis telur lainnya seperti telur ayam, telur puyuh, dan masih banyak lainnya. Bagi yang ingin membeli telur asin tanpa harus mengawetkan terlebih dahulu bisa mendapatkannya secara online di TaniHub. Tempat ini menawarkan telur asin pack dengan harga terjangkau karena tersedia banyak promo yang bisa digunakan dan pengiriman cepat hanya satu hari saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
60 − 51 =