Manfaat Tepung Jagung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tepung Jagung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jagung merupakan bahan pangan yang bisa menjadi pengganti makanan pokok yang dikonsumsi di Indonesia. Jagung juga mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan makanan pokok selain nasi, sagu, dan bahan lainnya. Jagung tidak hanya bisa menjadi makanan pokok, tetapi juga diolah menjadi cemilan, lauk pauk, hingga tepung yang terbuat dari bahan ini. Tepung jagung atau maizena merupakan salah satu pilihan tepung yang bisa digunakan ketika mengolah makanan. Jenis tepung jagung memberikan berbagai manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

Bahan Untuk Diet

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahan tepung jagung merupakan tepung yang mempunyai sifat gluten free atau bebas gluten. Sehingga bagi yang tidak bisa mengkonsumsi gluten karena menyebabkan alergi maka bisa memilih jenis tepung ini. Tepung maizena juga mempunyai kandungan karbohidrat tinggi, sehingga bisa menjadi pengganti tepung yang dibutuhkan. Bagi yang diet gluten, sangat cocok untuk menggunakan tepung maizena sebagai tepung penggantinya.

Selain diet untuk yang alergi gluten, tepung jagung juga bisa membantu untuk menambah berat badan. Diet tidak hanya sebuah usaha untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga bisa menambah berat badan. Diet merupakan usaha untuk mempunyai berat badan seimbang dan menjaga kesehatan dari pantangan bahan tertentu. Tepung maizena juga bisa menjadi pilihan untuk diet menambah berat badan dengan cepat. Tepung jagung mempunyai kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kalori tambahan yang dibutuhkan, sehingga bisa menaikkan berat badan dengan cepat. Selain diet menaikkan berat badan, bagi yang diet vegan atau seorang vegetarian juga bisa menggantikan tepung dari bahan jagung ini. Tepung maizena bisa digunakan sebagai pengganti telur ketika membuat kue karena mempunyai konsistensi seperti telur. Sehingga bagi vegan tidak perlu khawatir dan bisa memanfaatkan tepung maizena ketika akan membuat kue tanpa bahan yang mengandung protein hewani.

Sumber Energi Instan

Manfaat tepung jagung selanjutnya juga dapat digunakan untuk sumber yang memberikan energi instan. Tepung ini mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi seperti pada bahan makanan pokok lainnya. Kandungan karbohidrat yang dipunyai tersebut dapat cepat dibuat menjadi glukosa dan mempunyai sedikit nutrisi yang harus dicerna. Sehingga ketika menggunakan tepung jenis ini tidak akan membuat tumbuh terlalu lama memprosesnya. Oleh karena itulah untuk memberikan energi instan untuk kegiatan yang akan dilakukan bisa didapatkan dari bahan yang menggunakan tepung maizena.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari atau mengalami sunburn. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan tepung maizena yang dimasukkan ke dalam air hangat secukupnya. Selanjutnya cukup gunakan air tepung tersebut untuk berendam selama kurang lebih 30 menit saja. Berendam dengan campuran tersebut dapat membuat rasa nyaman pada kulit dan juga membantu melembutkan kulit yang terpapar karena sinar matahari. Agar efeknya lebih efektif bisa untuk menggunakan perban basah dan menutup kulit terbakar selama 30 menit. Selain untuk kulit terbakar, bagi yang mempunyai diabetes juga bisa menggunakan tepung maizena untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Tepung maizena bisa digunakan sebagai bedak tabur yang dioleskan pada kaki sehingga bisa mencegah terjadinya iritasi. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga ataupun ruam popok bayi.

Mengatasi Rambut Berminyak

Baca Artikel Lainnya: Aneka Makanan Sehat dari Jagung yang Cocok untuk Anak-anak

Manfaat terakhir dari tepung maizena adalah dapat digunakan untuk mengatasi rambut berminyak. Bagi yang mengalami masalah rambut berminyak bisa menggunakan campuran dari tepung jagung dan minyak peppermint atau lavender. Bahan tersebut memberikan efek untuk membuat rambut lebih segar dan mengatasi rambut berminyak. Akan tetapi manfaat ini bisa dimanfaatkan untuk yang mempunyai rambut warna terang saja. Sedangkan untuk mengatasi rambut berminyak bagi yang mempunyai warna rambut gelap bisa menggunakan campuran bubuk kokoa dan kayu manis.

Selain dimanfaatkan untuk berbagai hal di atas, tepung jagung juga bisa menjadi bahan kue, demplo, dan juga bahan lainnya yang enak dan sehat untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan tepung jagung, tepung terigu, dan jenis tepung lainnya bisa dibeli di TaniHub. Tempat ini selain menyediakan bahan masakan yang segar, juga bisa membeli tepung, bumbu jadi, makanan beku, dan bahan mudah diolah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 1 = 6