Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Timun merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tidak berhenti sampai di situ, ternyata budidaya mentimun mendominasi pasar ekspor, mentimun diproduksi dalam bentuk acar dan berkembang sangat pesat.

Cara Menanam Timun

Kondisi Tumbuh

Memenuhi kondisi berikut menentukan keberhasilan atau kegagalan menanam mentimun yang Anda coba tanam. Tanaman mentimun membutuhkan lokasi pada suhu 22 sampai 30°C dan lokasi yang cocok untuk menanam mentimun adalah daerah dataran rendah dan yang terakhir adalah jenis tanah mentimun, tanah yang kaya akan humus dan subur serta memiliki keasaman atau pH 6. 7.

Pemilihan Benih

Cara menanam mentimun yang pertama dan terpenting agar bisa menghasilkan buah adalah dengan memilih bibit mentimun yang berkualitas. Kali ini disajikan dua jenis seleksi benih yang merupakan ciri-ciri bahan induk mentimun yang berkualitas.

Ciri-ciri dan cara memilih indukan mentimun yang berkualitas :

  • Pilih mentimun induk yang sudah cukup tua atau mentimun yang berumur 2-3 bulan dari pertama kali tanam
  • Tekstur dagingnya keras dan kulit buahnya keras
  • Warna buahnya kuning kecoklatan atau kuning muda
  • Ukuran buah yang ideal adalah 15-20 cm
  • Batang buah berwarna coklat muda atau coklat tua
  • Saat buahnya dipotong, biji mentimun berubah warna menjadi coklat
  • Kandungan air dalam mentimun banyak dan bijinya berlendir.

Nah itulah ciri-ciri dan cara memilih bibit timun yang baik, maka dari itu kami memberikan cara untuk memilih bibit timun dengan cara membelinya di toko pertanian.

Cara Membeli Bibit Mentimun

Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Berikut kami jelaskan cara membeli bibit mentimun yang berkualitas. Kemudian pastikan benih mentimun terlindung dari serangan bakteri dan penyakit seperti parasit.

Proses Penaburan Benih Mentimun

Tahap kedua menanam mentimun adalah proses penyemaian. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar tanaman mentimun lebih mudah dikendalikan, tanaman mentimun lebih mudah beradaptasi dan kebutuhan nutrisinya lebih terpenuhi. Oleh karena itu, penyemaian benih mentimun sangatlah penting. Kali ini kita akan membahas cara menyemai benih mentimun.

Cara Menabur Benih Mentimun

  • Buang benih terapung karena benih terapung berkualitas buruk
  • Setelah perendaman tahap pertama selesai, ulangi perendaman selama 1 hari 1 malam
  • Siapkan handuk atau kain apapun yang penting bersih dan jangan lupa dibasahi. 
  • Anda bisa menggunakan persemaian seperti polibag atau plastik es krim 1 ons kemudian campurkan media persemaian berupa tanah biasa, tanah hitam, dan pupuk kandang.
  • Calon tanaman mentimun akan tumbuh selama 10 hari.

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Kandungan Nutrisi Pada Timun untuk Tubuh

Pengolahan Media Tanam

Pada kesempatan kali ini, kedua metode pengelolaan lahan yang dijelaskan di atas dijelaskan menggunakan lahan kosong dan polybag.

Cara Mengolah Tanah atau Pekarangan Kosong

  • Siapkan beberapa alat dan bahan, seperti cangkul, arit, tanah hitam dan pupuk kandang kering.
  • Setelah semua alat dan bahan siap, bersihkan tanah atau halaman kosong dari hama pengganggu hingga bersih
  • Jika tanah yang Anda pilih memiliki pH kurang dari 6 dan lebih dari 7, lebih baik melalui proses pengapuran terlebih dahulu dan biarkan selama 2 minggu.
  • Kemudian buat lubang di atas bedengan fungsinya untuk menanam mentimun
  • Pada tahap terakhir Anda bisa menggunakan mulsa plastik atau mulsa jerami yang memiliki fungsi agar kesuburan tanah tetap terjaga. Kemudian tinggalkan tanah itu selama beberapa hari.

Proses Penanaman

Menanam mentimun sebenarnya mudah, Anda hanya perlu berhati-hati dan teliti. Setelah semuanya selesai, keluarkan tanaman mentimun yang memiliki 2-3 helai daun dari persemaian. Yang harus diingat adalah waktu tanam karena waktu tanam baik di musim hujan agar kebutuhan air terpenuhi. Jika terpaksa menanam di musim kemarau kegiatan penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Baca Artikel Lainnya: Kupas Tuntas Manfaat Timun untuk Turunkan Hipertensi

Pemupukan

Proses pemupukan merupakan salah satu metode perawatan mentimun yang sangat penting, kegiatan ini dilakukan agar proses pertumbuhan mentimun dapat berjalan dengan optimal. Pada awal penanaman, lebih baik menggunakan pupuk kering. Setelah tanaman mentimun mulai berbunga, Anda bisa mengaplikasikan pupuk urea.

Proses Panen

Cara terakhir menanam mentimun adalah dengan memanennya. Dan panen inilah yang ditunggu-tunggu oleh para petani. Panen ini bisa dilakukan dengan cara memetik mentimun yang sudah berumur 35-40 hari. Mentimun dipanen langsung dari batangnya. Dan timun yang sudah siap panen adalah timun muda yaitu timun yang berwarna hijau muda.

Untuk mendapatkan mentimun ataupun sayur dan buah segar lainnya bisa berbelanja melalui TaniHub. Dimana itu merupakan aplikasi belanja online yang sudah jelas aman, nyaman dan menyenangkan. Bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali). Banyak keuntungannya yang lain adalah seperti banyak metode pembayaran yang beragam dan promo disetiap minggunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 1