Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Siapa yang tidak kenal dengan buah naga yang juga dikenal sebagai dragon fruit, buah satu ini cukup banyak dijual di pasaran dan sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat. Setidaknya ada 2 jenis buah naga yang mudah untuk dijumpai di pasaran yaitu buah naga dengan warna putih dan juga merah. Dari segi rasa sebenarnya sama saja, hanya yang membedakan adalah pada warna daging buah tersebut.

Tips Budidaya Buah Naga

Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Buah yang satu ini bisa dengan mudah tumbuh di iklim tropis seperti negara Indonesia ini, bagi Anda yang ingin membudidayakannya juga tak perlu ragu untuk mencoba, karena bisa dijadikan sebagai prospek bisnis yang sangat menjanjikan, berikut ini diantara tipsnya yang dapat diikuti, yaitu:

  1. Hendaknya media tanam yang digunakan jangan terlalu padat, sehingga ketika menyiram air juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggunya sampai benar-benar terserap kedalam tanah. Jika Anda memakai pot hendaknya pilih yang berdiameter 40 cm.
  2. Pakailah bibit yang usianya sudah 2 bulan sehingga potensi hidupnya juga lebih tinggi.
  3. Pastikan Anda membuat liang yang dapat digunakan untuk menyangga buah naga tersebut, sehingga ia akan cepat tumbuh.
  4. Pastikan ia mendapatkan penyinaran matahari secara cukup, apalagi ia termasuk dalam tumbuhan kaktus yang harus selalu terkena sinar matahari agar tetap sehat.
  5. Pemupukan cukup dengan mengandalkan pupuk kandang saja, tak perlu membeli pupuk kimia yang banyak dijual di pasaran.
  6. Hendaknya lakukan pemangkasan guna mencegah cabang terus tumbuh dan juga memunculkan tunas baru, karena jika demikian ia tak akan kunjung berbuah.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Buah Naga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Keuntungan Budidaya Buah Naga 

Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Ada banyak keuntungan yang dapat dirasakan dengan budidaya buah ini, yaitu:

  1. Harga jualnya relatif tinggi, di pasaran buah naga termasuk salah satu jenis buah dengan harga jual yang mahal, sehingga akan sangat menguntungkan.
  2. Sekali berbuah bisa menghasilkan cukup banyak, sehingga ketika panen, bahkan untuk satu pohon saja dapat menghasilkan hingga puluhan kilo buah naga.
  3. Tingkat permintaan buah naga di pasaran juga relatif tinggi, fakta lainnya yang hendaknya juga harus diketahui adalah permintaan pasar terkait dengan buah yang satu ini juga tinggi. entah itu untuk dikonsumsi secara langsung, dijadikan sebagai olahan seperti jus, pudding dan lain sebagainya.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

Beginilah Tips Budidaya Buah Naga yang Menjanjikan

Konsumsi buah naga nyatanya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Mampu untuk menjaga elastisitas kulit, buah ini kaya akan kandungan vitamin C sebagai sumber antioksidan yang bagus untuk tangkal pengaruh buruk radikal bebas. Termasuk diantaranya adalah dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.
  2. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker, di dalam buah naga juga terdapat senyawa likopen, dimana ia berguna untuk melindungi tubuh dari beberapa jenis resiko penyakit berbahaya termasuk diantaranya adalah kanker.
  3. Menjaga kesehatan jantung, ternyata dalam biji buah naga ini juga mengandung beberapa senyawa bermanfaat, termasuk diantaranya adalah omega 3 hingga omega 6 yang berperan untuk cegah penyakit jantung.
  4. Dapat mengontrol kadar gula darah. Buah yang satu ini bagus untuk menekan lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan manis. Apalagi bagi orang-orang yang pada dasarnya memiliki riwayat diabetes melitus.
  5. Meningkatkan sistem imune, karena kaya akan kandungan vitamin C maka buah naga ini juga berguna untuk tingkatkan kekebalan tubuh. Cegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang memang menjadi penyebab munculnya beragam jenis penyakit.

Baca Juga: 3 Rahasia Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Rutin mengkonsumsinya maka Anda akan merasakan begitu banyak manfaat tersebut. Tak perlu khawatir karena nyatanya buah yang satu ini juga mudah untuk dijumpai di pasaran. Anda bahkan juga dapat menjual hasil budidayanya secara mudah online yaitu lewat TaniHub karena mereka menjalin kerjasama dengan para petani lokal.Tak perlu ragu untuk berbelanja di TaniHub karena barang-barangnya selalu dalam kondisi yang masih fresh, ada banyak promo istimewa juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
33 − 32 =