Tips Budidaya Jamur Tiram dan Beberapa Kesalahan Umum dalam Mengolahnya yang Harus Diperhatikan

Selain sayur, buah, dan ikan yang sering dijadikan sebagai menu masakan setiap hari. Ternyata di Indonesia masyarakat juga mengenal jamur sebagai bahan pokok masakan. Banyak jenis jamur yang bisa dimasak, salah satu yang cukup sering dijadikan pilihan adalah jamur tiram. Rasanya kenyal bisa dijadikan dalam beberapa olahan seperti sup, tumisan, sampai dengan pepes jamur. Jangan salah, banyak kandungan nutrisi yang ada dalam jamur. Tentunya hal itu memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Jamur Tiram 

Tips Budidaya Jamur Tiram dan Beberapa Kesalahan Umum dalam Mengolahnya yang Harus Diperhatikan

Alasan digunakan untuk menu makanan sehari-hari selain enak tentunya juga menyimpan kandungan gizi yang banyak. Hal itu sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian, untuk Anda yang masih menganggap jamur tidak bermanfaat. Berikut ini data dari 100 gram jamur mempunyai kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air 92.5 ml.
  • Energi 30 kalori.
  • Protein 1.9 gram.
  • Lemak 0.1 gram.
  • Karbohidrat 5.5 gram.
  • Serat 3.6 gram.
  • Kalsium 9 mg.
  • Fosfor 83 mg.
  • Zat besi 0.7 mg.
  • Natrium 22 mg.
  • Kalium 226.0 mg.
  • Zinc 0.8 mg.
  • Niasin vitamin b3 1mg.

Manfaat Jamur Tiram

Berbagai menu masakan bisa diolah dengan bahan jamur tiram, selain lezat kandungan yang dimiliki sudah jelas seperti yang telah dikatakan diatas. Tentu ada beberapa manfaat untuk kesehatan Anda seperti:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  3. Membantu kesehatan jantung.
  4. Sumber vitamin b3 yang baik untuk proses pertumbuhan, perkembangan dan kerja organ tubuh.
  5. Kaya antioksidan yang menghambat penyebaran sel kanker serta penyebab radikal bebas.
  6. Meningkatkan kolagen sehingga memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Kesalahan Mengolah Jamur 

Setelah melihat kandungan dan manfaat jamur tiram seperti diatas, pasti semakin tertarik untuk membuat berbagai olahan bukan? Sabar, jangan sampai tujuan Anda membuat berbagai makanan enak dari jamur justru berakhir sebaliknya. Dimana cara memasak yang salah dapat mengurangi kandungan nutrisi baik dalam tubuh. Untuk meminimalisir kesalahan, berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari dalam memasak yaitu:

  1. Merendam jamur terlalu lama.
  2. Tidak mencuci bersih apalagi bagian sela-sela jamur.
  3. Memasak terlalu lama yang selain membuat tekstur lembek juga nutrisi berkurang.
  4. Menambah air terlalu banyak ketika menumis jamur.
  5. Menumis menggunakan minyak yang terlalu sedikit.

Baca Artikel Lainnya : Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya

Tips budidaya jamur

Dilihat dari aslinya jamur tiram tubuh pada pohon yang berdaun lebar dan tanaman yang berkayu. Kebutuhan paparan matahari juga tidak terlalu banyak, bahkan jauh lebih baik apabila tidak terkena sinar matahari. Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya jamur sendiri baik untuk dikonsumsi ataupun dijadikan bisnis yang paling utama mengetahui syarat tumbuh jamur tiram. Dengan mengetahui secara tepat tentu akan membuat jamur tubuh secara maksimal. Berikut ini ada beberapa persyaratan yang perlu untuk Anda ketahui yaitu:

  1. Pastikan derajat keasaman pH yang baik untuk jamur, umumnya menggunakan derajat 6.8 sampai dengan 7.0. Apabila pH terlalu rendah tentu akan menyebabkan pertumbuhan jamur terganggu. 
  1. Temperatur

Kedua mengenai suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan jamur tiram yaitu 28-30 derajat saat inkuasi tetapi untuk pentukan sampai dengan panen perlu 22-28 derajat.

  1. Kelembapan

Agar jamur tumbuh dengan baik diperlukan 50-60 % pada saat inkubasi, untuk pembentukan tubuh buah sekitar 90-95%.

  1. Cahaya

Kebutuhan matahari untuk pembentukan jamur tidak terlalu banyak, bahkan justru akan membuat layu dan ukurannya lebih kecil.

  1. Udara

Jamur memerlukan oksigen dengan cukup agar tumbuh secara optimal, jika kekurangan oksigen bisa tumbuh kurang maksimal dan abnormal.

Bila diperhatikan dengan baik tentu membudidayakan jamur tiram tidak semudah membaca teorinya. Ada baiknya untuk bisa membeli tanpa harus menanam sendiri, pastikan memilih jamur yang tepat. Gunakan TaniHub untuk masalah belanja sayur, buah, jamur, ikan ataupun jenis kebutuhan dapur lainnya. Itu merupakan salah satu aplikasi belanja online yang terpercaya dan bisa digunakan untuk langganan. Produk yang didapatkan juga terjamin bagus dan berkualitas karena langsung dari petani lokal. Supaya bisa lebih hemat, kamu bisa membeli produk sayur buahan dengan promo yang menarik yang bisa dilihat di Instagram @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 4 = 6