Tips Budidaya Pisang Cavendish yang Menguntungkan dan Cocok Dijadikan Sebagai Peluang Bisnis

Bagi Anda yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas namun kebingungan ingin digunakan untuk menanam atau budidaya apa. Mungkin pisang cavendish bisa menjadi pilihan terbaik. Pada dasarnya usaha di bidang pertanian dan perkebunan juga tak kalah menjanjikan dibandingkan dengan bidang yang lainnya. Apalagi jika seandainya Anda sendiri memiliki passion di bidang yang satu ini. Selain dapat digunakan sebagai mata pencaharian maka sekalian dapat menghibur diri bukan.

Apa itu Pisang Cavendish?

Tips Budidaya Pisang Cavendish yang Menguntungkan dan Cocok Dijadikan Sebagai Peluang Bisnis

Dari sekian banyak jenis pisang yang ada, mungkin banyak diantara Anda yang masih awam dengan pisang cavendish ini. Ia dikenal juga sebagai pisang ambon putih. Termasuk salah satu komoditas buah tropis yang memang begitu populer di kalangan masyarakat. Umumnya pisang yang satu ini dapat dikembangbiakkan dengan memakai cara kultur jaringan. Sehingga nantinya bisa terbebas dari penyakit. Rasa dari pisang yang satu ini dikenal lebih lezat juga dibandingkan dengan jenis pisang yang lainnya, sehingga banyak yang menyukai.

Baca Artikel Lainya: Tips Memilih Pisang yang Berkualitas!

Keunggulan Budidaya Pisang Cavendish

Tips Budidaya Pisang Cavendish yang Menguntungkan dan Cocok Dijadikan Sebagai Peluang Bisnis

Bagi yang masih pemula dan ingin membudidayakan jenis pisang yang satu ini, maka kenali beberapa tipsnya berikut, yaitu:

  1. Memilih bibit yang berkualitas, jangan asal membeli bibitnya karena memang belum tentu menjamin kualitas. Pilihlah tunas terbaik sehingga bisa tumbuh optimal dan tahan terhadap penyakit.
  2. Siapkan lahan yang memadai, karena memang untuk satu bibit akan beranak dan juga akan jadi lebih banyak dari jumlah aslinya, lahan harus luas dan kaya akan unsur hara.
  3. Lakukan pemupukan sebelum penanamannya, hal ini digunakan untuk memastikan bahwa tanah atau lahan tersebut sudah kaya akan humus sebelum dipakai menanam pohon pisang. Pemupukan dapat dilakukan lagi secara berkala setelah penanaman.
  4. Rawat dengan tepat, perawatan juga penting dilakukan sehingga nantinya pisang tersebut bisa terbebas dari resiko hama, diantaranya adalah dengan pemotongan pelepah setelah kering, penyiraman secara rutin, memotong jantung pisang ketika bunga terakhir mekar sampai dengan membuang buah yang tidak tumbuh sempurna.
  5. Pemanenan, pada tahap pemanenan atau yang paling ditunggu-tunggu ini sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 13 bulan dari pertama kali pisang tersebut ditanam sehingga nantinya dapat dinikmati hasilnya. Pemanenan sendiri juga tergantung pada cuaca dan musim. Ketika musim kemarau maka dapat dipanen ketika sudah usia 80 hari setelah jantung pisang tersebut keluar. Namun pada musim penghujan maka akan lebih lama lagi, yaitu baru dapat dipanen ketika telah memasuki usia 120 setelah jantungnya keluar.

Baca Artikel Lainya: Resep Pisang Cavendish untuk Ibu Hamil dan Kandungan yang Ada Didalamnya

Beli Buah Pisang Cavendish di TaniHub

Tips Budidaya Pisang Cavendish yang Menguntungkan dan Cocok Dijadikan Sebagai Peluang Bisnis

Produk pisang cavendish ini termasuk mudah untuk dipasarkan karena memang tinggi peminatnya, mulai dari dijual secara langsung sampai dengan menjualnya secara online di tempat yang tepat, yaitu lewat aplikasi TaniHub. TaniHub ini merupakan sebuah aplikasi yang juga dapat membantu para petani lokal untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas ke seluruh Indonesia. Karena akan ada banyak konsumen yang menanti produk-produk segera berkualitas. Nantinya sebagai mitra Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya adalah harga jual terbaik ada produk tersebut. Konsumen sendiri juga lebih luas untuk berbelanja disini karena kemudahan yang mereka dapatkan. Bahkan barang-barangnya juga masih dalam kondisi yang segar, tak perlu kemana-mana lagi untuk bisa memenuhi kebutuhan dapur. Dukung produk Indonesia dengan beli pisang chavendish di TaniHub serta update terus informasinya melalui Instagram @Tanihub. #SemuaAdaDiTanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
17 + = 23