Tips Budidaya Pisang Cavendish

Tips Budidaya Pisang Cavendish

Tips Budidaya Pisang Cavendish

Memulai bisnis budidaya pisang Cavendish dengan mudah? Tentu saja saya bisa. Selain itu, budidaya pisang Cavendish tergolong mampu memasuki pasar tradisional dan modern.

Jenis Pisang Cavendish, terutama pisang Cavendish hijau dan pisang Cavendish Kuning adalah jenis pisang Cavendish yang paling populer di pasaran. Tak hanya karena rasanya yang lezat, penampilannya yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Berikut ini adalah potensi pasar pisang Cavendish yang bisa Anda lihat:

Potensi Pasar Pisang Cavendish

Baca Artikel Lainnya: Mengulas Tentang Pisang Cavendish dan Manfaatnya untuk Tubuh Agar Lebih Sehat

Sehingga dapat dipastikan pisang ini memiliki pangsa pasar yang cukup baik, namun tidak hanya ditargetkan untuk pasar lokal tetapi juga untuk pasar ekspor. Teknik Budidaya Pisang Cavendish

Pahami Kondisi Tumbuh Pisang Cavendish

Persyaratan menanam pisang Cavendish di Indonesia sebenarnya sangat mudah. Pasalnya, pisang Cavendish ini bisa ditanam hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Pisang Cavendish dapat ditanam di: Suhu optimum lingkungan budidaya adalah antara 26-28oC. Ketinggian tempat budidaya bisa dimulai dari dataran rendah di bawah 500 meter di atas permukaan laut hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Irigasi: irigasi memainkan peran penting dalam budidaya Cavendish. Hal ini karena asupan air yang terlalu sedikit dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan pisang tidak maksimal, sedangkan asupan air yang terlalu banyak dapat menyebabkan pohon menjadi busuk, mudah terserang penyakit jamur, dan dapat menyebabkan pertumbuhan atau perkembangan tanaman terganggu.

Cara Memilih Bibit Pisang Cavendish

Hal ini dikarenakan benih merupakan penentu awal keberhasilan budidaya pisang Cavendish.

Tips Memilih Bibit Pisang Cavendish

Biji pisang Cavendish yang Anda pilih harus berasal dari yang jelas. Pastikan sumber benih berasal dari indukan yang sehat dan bebas dari penyakit, terutama penyakit pucuk, layu bakteri, dan layu fusarium. Jika benih berasal dari kultur jaringan, maka benih tersebut baik dan siap tanam, minimal berukuran 40-50 cm. Pilih bibit dari indukan dengan varietas unggul, seperti pisang Cavendish. Itulah tips memilih bibit pisang cavendish yang berkualitas. 

Cara Membuat Bibit Pisang Cavendish Dari Anakan

Penyediaan bibit pisang Cavendish dari anakan merupakan cara yang paling mudah. Cara ini biasa digunakan untuk perbanyakan pisang pada umumnya. Agar Anda tidak kesulitan dalam menyiapkan bibit pisang Cavendish, berikut panduan cara membuatnya: 

Pilih indukan yang subur, sehat, dan bebas hama dan penyakit. Pilih anakan yang tumbuh sebagai anakan pedang dan memiliki ukuran dan tinggi yang seragam. Pisahkan anakan pisang Cavendish dari induknya.

Kumpulkan benih di tempat yang teduh dan bersih

Bersihkan akar dari tanah yang menempel, kemudian kurangi jumlah daunnya, terutama daun di bagian pangkal. Hal ini agar nantinya bibit pisang dapat tumbuh dengan optimal. Setelah mendapatkan bibit dalam jumlah yang cukup, selanjutnya berikan akuan perendaman pada bibit.

 Ini bertujuan agar bibit bisa terbebas dari hama-penyakit.  Cara perendaman bibit adalah dengan melarutkan 100 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman kedalam 5 liter udara, kemudian masukkan kedalam rendaman air tersebut selama ±2 jam.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah sangat baik digunakan sebagai perendam bibit pisang cavendish, karena mengandung bakteri Bacillus Brevis, Bacillus Pumillus, Bacillus Mycoides, Pseudomonas Alcaligenes, Pseudomonas Mallei, Klebsiella Oxytoca, dan Micrococcus Roseus. 

Cara Merawat Pisang Cavendish

Cara merawat pisang cavendish mencakup beberapa segmen. Mulai dari pengairan, pemupukan, pembumbunan, hingga penjarangan anak. Untuk lebih jelasnya berikut ini dalah penjelasannya:

Pengairan

Pengairan atau irigasi penting untuk diperhatikan, karena ketersediaan udara sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pisang cavendish. Sebelum memilih sumber udara, pastikan terlebih dahulu terlebih dahulu yang Anda gunakan tidak tercemar zat berbahaya, kontaminasi penyakit, ataupun limbah.

Anda bisa memilih pengairan dengan sistem penyiraman, irigasi irigasi, irigasi tetes, dan pembuatan selokan. Manapun sistem pengairan yang Anda gunakan, dapat disesuaikan dengan kondisi kebun yang Anda miliki.

Manfaat Buah 

Baca Artikel Lainnya: Tips Budidaya Pisang Cavendish yang Menguntungkan dan Cocok Dijadikan Sebagai Peluang Bisnis

Tahukah Anda bahwa serat merupakan zat alami yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Kandungan serat bisa Anda temukan pada buah-buahan. Misalnya saja kandungan serat dalam apel berukuran sedang saja bisa mencapai 3,3 gram. 

Buah-buahan ini juga mudah ditemukan, seperti di supermarket atau pasar terdekat. Untuk itu, pastikan pencernaan si kecil selalu terjaga, karena pencernaan yang sehat akan meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga lebih optimal.TaniHub akan senang hati memberikan pelayanan kepada para konsumen mereka. Lalu bagaimana sistem kerjanya? Anda cukup buka aplikasi TaniHub dan belanja semua barang yang Anda butuhkan lalu pesan dan barang akan sampai di rumah Anda pada hari berikutnya. Tidak perlu ragu dengan kualitas sayuran dan bahan pokok lainnya, karena dijamin selalu segar, berkualitas dan terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 50 = 56