Tips Mempersiapkan Kolam untuk Budidaya Ikan Gurame

Tips Mempersiapkan Kolam untuk Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan jenis yang mempunyai rasa lezat dan harga sedikit lebih tinggi dibandingkan ikan lainnya. Ikan gurame bisa mendatangkan keuntungan karena banyak penggemarnya. Sehingga dapat dibudidayakan yang dapat untuk mencukupi permintaan akan kebutuhan jenis ini. Apabila akan melakukan budidaya ikan gurame bisa untuk memperhatikan banyak hal. Seperti mempersiapkan kolam dengan tepat, memilih benih dan jenis ikan gurame yang terbaik, dan pemeliharaan sehingga bisa panen ikan gurame yang menguntungkan. Mempersiapkan kolam merupakan hal penting untuk budidaya, sehingga hal tersebut juga menentukan hasil panen ikan yang akan didapatkan. Adapun beberapa perhatian ketika mempersiapkan kolam ikan untuk budidaya gurame akan dijelaskan seperti di bawah ini.

Menentukan Ukuran Kolam

Pertimbangan pertama untuk budidaya ikan gurame adalah dengan menentukan ukuran kolam. Hal ini tentu saja perlu mengetahui tujuan dan juga skala budidaya yang Anda lakukan. Sehingga hal tersebut akan mempermudah untuk menentukan ukuran besaran kolam yang akan dibuat. Apabila menentukan ukuran kolam sangat mudah yaitu dengan menyesuaikan luas lahan untuk kolam dengan jumlah bibit yang akan dipelihara. Sehingga nantinya ikan dapat tumbuh dengan baik di ukuran kolam yang tepat dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Mempersiapkan Kolam

Setelah menentukan ukuran kolam tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kolam. Anda bisa membuatnya dengan mudah yaitu dengan menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan. Seperti bahan yang dibutuhkan adalah plastik dan terpal yang merupakan jenis kolam terbaik untuk budidaya ikan. Kolam terpal merupakan pilihan paling dibandingkan dengan jenis kolam semen maupun tanah apabila akan budidaya ikan. Selain itu juga siapkan bahan yang akan digunakan untuk penggalian tanah kolam dan kerangka kolam yang akan digunakan.

Baca Juga: Intip 4 Jenis Ikan Gurame Paling Populer

Cara Membuat Kolam

Anda bisa membuat kolam sendiri cukup dengan melihat berbagai video yang bisa ditemukan, atau membaca buku maupun artikel yang membahas mengenai cara membuat kolam. Atau agar lebih mudah bisa mencari referensi pada pihak lain yang membuat kolam untuk budidaya ikan sebelumnya, sehingga akan lebih paham untuk cara pembuatan kolam yang mudah dan cepat. Adapun langkah pembuatan kolam terpal yang bisa digunakan adalah:

  • Gali tanah di pekarangan dengan dalam 90 cm.
  • Pasang terpal yang disiapkan.
  • Gunakan bantuan kerangka untuk membuat kolam.

Membersihkan Kolam dan Mengisi Air

Langkah terakhir adalah dengan membersihkan kolam dan mengisi air. Ketika membuat kolam pastikan yang cukup terkena sinar matahari. Kolam terpal merupakan dari bahan plastik dengan zat kimia. Sehingga pastikan untuk membersihkan terpalnya terlebih dahulu sehingga akan aman apabila dimasukkan air. Setelah kolam jadi, maka bisa untuk mengisi air kolam dengan jumlah air yang pas. Masukkan air ke kolam setidaknya ¬ĺ bagian kolam yang telah dibuat. Sedangkan untuk bibit ikan adalah hanya separuh bagian kolam tersebut. Sehingga dengan adanya ruang kosong tersebut bisa membuat ikan bergerak dengan lebih bebas. Sebelum ditebari dengan ikan, diamkan juga kolam tersebut selama 7 hari agar mengetahui apabila ada masalah yang dapat terjadi.

Baca Juga : Beragam Olahan Nikmat dari Ikan Gurame dan Tips Menghilangkan Aroma Lumpurnya

Selanjutnya baru bisa untuk menebar bibit ikan gurame yang telah dipilih. Kamu bisa mendapatkan bibit tersebut dengan mudah dan siapkan sesuai kebutuhan. Bagi Kamu yang suka dengan ikan gurame, tidak perlu untuk melakukan budidaya terlebih dahulu. Kamu bisa membeli ikan gurame segar di TaniHub yang menyediakan jenis ini dengan harga terjangkau dan pengiriman hanya 1 hari. Sehingga segera bisa mengolahnya menjadi menu makanan yang disesuaikan selera kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
80 + = 88