Salmon merupakan jenis ikan yang terkenal dengan kandungan asam lemak omega 3 yang dipunyai. Kandungan tersebut baik untuk mendukung fungsi otak, sehingga biasanya disarankan dikonsumsi untuk ibu hamil dan juga MPASI bayi. Ikan salmon bisa memberikan manfaat banyak kesehatan yang juga mendukung tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan untuk memilih dan mengkonsumsi salmon yang segar. Sehingga perlu memilihnya dengan tepat sebelum akan membeli salmon untuk mendapatkan ikan yang segar. Beberapa tips memilih ikan salmon agar mendapatkan ikan yang segar bisa memperhatikan pertimbangan berikut ini.

Mata Ikan Salmon

Salah satu kunci mendapatkan ikan salmon yang masih segar adalah dari matanya. Caranya juga mudah yaitu dengan memperhatikan mata apakah sudah putih atau belum. Apabila salmon tersebut mempunyai mata yang sudah putih, maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar lagi dan perlu untuk dihindari. Sedangkan untuk ikan salmon yang masih segar akan mempunyai mata yang masih bening bersih. Cara ini bisa digunakan apabila Anda akan membeli salmon yang masih utuh dan bukan daging salmon fillet yang biasanya banyak ditemui.

Perhatikan Warna Daging

Akan tetapi apabila tidak bisa melihat matanya untuk menilai kesegaran ikan salmon, cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan memperhatikan warnanya. Warna daging segar tentunya seperti yang sudah diketahui yaitu mempunyai warna orange cerah dan merata. Warna ini memang tidak seperti ikan lainnya yang mempunyai warna putih bersih. Sedangkan untuk warna daging salmon yang sudah tidak segar adalah yang mempunyai warna orange akan tetapi terlihat pucat dan juga mempunyai beberapa bintik di dagingnya. Selain itu warna tersebut juga sudah terlihat tidak segar tidak seperti daging yang masih baru.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Ikan Salmon Bagus untuk Ibu Hamil!

Perhatikan Aroma

Apabila akan membeli daging tentunya perlu memperhatikan aromanya, sehingga mudah mengenali daging yang sudah tidak segar. Hal ini juga bisa digunakan untuk ikan salmon yang akan mempunyai aroma yang berbeda tergantung dari kemasan atau tampilannya. Untuk ikan salmon fillet mempunyai aroma yang cenderung asin segar, tidak terlalu amis, dan juga masih tercium aroma laut. Hindari untuk memilih ikan salmon yang sudah bau anyir dan sangat amis tidak enak karena menandakan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar.

Perhatikan Tekstur Daging

Tips terakhir untuk memilih ikan salmon yang masih segar adalah dari tekstur dagingnya. Caranya juga sangat mudah yaitu menyentuh daging ikan salmon yang akan dibeli. Apabila bentuknya akan kembali lagi ke semula, maka hal tersebut menandakan bahwa daging tersebut masih segar. Ikan salmon juga mempunyai daging yang kenyal, lembut, dan terasa keras apabila masih segar. Hal tersebut tentu berbeda dengan ikan salmon tidak segar yang sudah lembek dan akan meninggalkan bekas apabila ditekan.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Jenis Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

Berbagai tips di atas bisa digunakan dan dipraktekkan terlebih dahulu ketika akan membeli ikan salmon, sehingga mendapatkan daging ikan yang masih segar. Akan tetapi bagi yang akan membeli online bisa untuk memastikan untuk membeli daging ikan salmon di tempat yang tepat. Seperti membeli online di TaniHub yang menyediakan daging salmon fillet berbagai bagian yang Anda butuhkan. TaniHub menawarkan kualitas produk yang dijual dan juga memastikan ikan salmon yang didapatkan masih segar ketika diterima. Apabila Anda tidak puas juga bisa menggunakan layanan pengaduan, sehingga barang bisa dikembalikan untuk ditukar dengan yang baru. Segera buruan download aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store serta ikutin juga informasi atau hal menarik lainnya di sosial media Instagram kami yaitu @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
8 + 1 =