5 Tips Memilih dan Menyimpan Telur Puyuh dengan Benar

5 Tips Memilih dan Menyimpan Telur Puyuh dengan Benar

5 Tips Memilih dan Menyimpan Telur Puyuh dengan Benar

Tak hanya telur ayam saja, nyatanya telur puyuh juga menjadi salah satu bahan makanan favorit bagi masyarakat. Apalagi dengan ukurannya yang sangat mungil tersebut memang cukup praktis untuk mengkonsumsinya. Bahkan jika berbicara mengenai harganya juga relatif terjangkau. Ia dapat dijadikan beragam jenis hidangan nikmat yang pastinya dapat menggugah selera Anda untuk mengkonsumsinya. Hanya saja memang tidak boleh berlebihan jika tak ingin memicu beberapa gangguan kesehatan.

Tips Memilih Telur Puyuh yang Berkualitas

Untuk membuat hidangan yang nikmat dari bahan dasar telur burung puyuh, maka hendaknya Anda menggunakan telur yang berkualitas baik pula. Kondisinya harus segar sehingga nikmat untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah tips dalam memilihnya, yaitu:

  1. Rendam dalam baskom, ini cara paling mudah untuk memastikan bahwa telur tersebut masih segar atau bagus, jika seandainya tenggelam sepenuhnya maka ia masih segar namun jika mengapung artinya telur sudah lama.
  2. Cium aromanya, hindari memilih telur yang berbau, karena artinya ia memang sudah lama jika dibandingkan dengan telur yang tidak mengeluarkan aroma sama sekali.
  3. Bobot atau beratnya, memperhatikan bobot telur nyatanya juga penting, karena ketika ia terasa jauh lebih ringan dari bobot aslinya artinya telur tersebut sudah lama atau tidak lagi segar.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Kandungan Dan Manfaat Dari Telur Puyuh

5 Tips Menyimpan Telur Puyuh Agar Tahan Lama

5 Tips Memilih dan Menyimpan Telur Puyuh dengan Benar

Agar tidak mudah rusak maka proses penyimpanannya juga harus diperhatikan, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Pastikan tempat penyimpanannya dalam kondisi yang kering dan bersih.
  2. Dalam meletakkan telur pada tempat penyimpanan pada bagian yang runcing harus berada di bawah.
  3. Hindarkan telur yang Anda simpan dari percikan air karena akan membuatnya mudah rusak.
  4. Simpanlah dalam lemari es atau kulkas, ini akan membuatnya tahan lebih lama karena temperatur terjaga.
  5. Jika seandainya telur tersebut digunakan untuk konsumsi sebaiknya jangan disimpan terlalu lama.

Baca Artikel Lainnya: 3 Kandungan Telur Puyuh yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Cara Aman Mengkonsumsi Telur Puyuh

Banyak orang yang beranggapan bahwa konsumsi telur ini kurang sehat karena kolesterolnya tinggi, untuk itu Anda harus tahu cara mengkonsumsinya yang benar dan sehat, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Batasi jumlah yang dikonsumsi hanya 1 atau 2 butir saja setiap harinya, jadi jangan berlebihan.
  2. Jadikan sebagai campuran untuk masakan Anda di rumah, sebaiknya jangan dikonsumsi begitu saja melainkan paling bagus memang untuk campuran makanan yang lainnya, dengan demikian nantinya Anda juga cenderung tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Pada dasarnya konsumsi telur puyuh secara berlebihan memang kurang baik bagi tubuh, mulai dari bisa memicu reaksi alergi, kolesterol tinggi sampai dengan meningkatkan resiko terkena hipoglikemia. Telur semacam ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran, diantaranya adalah dengan membelinya online lewat aplikasi dari TaniHub. Patut untuk diketahui Bahwa TaniHub ini merupakan platform ecommerce yang fokusnya akan menjual produk hasil pertanian di Indonesia.

Produk-produk yang dijual di TaniHub ini memang berasal langsung dari hasil panen petani lokal, jadi masalah kualitas atau kesegarannya tidak perlu diragukan lagi. Belanja disini sama artinya dengan Anda ikut berkontribusi untuk memajukan perekonomian atau pertanian lokal. Produk yang mereka jual jenisnya juga banyak mencapai lebih dari 900, pastinya lengkap dan juga kesegarannya tetap terjaga. Sehingga tak perlu ragu jika ingin belanja kebutuhan dapur lewat TaniHub ini, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
60 − 58 =