Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Ikan gurame memang termasuk dalam primadona ikan air tawar, bukan tanpa alasan memang, melainkan dari segi rasanya ia memang nikmat, ditambah lagi dengan kandungan gizi yang terdapat dalam ikan yang satu ini tergolong begitu banyak, sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Ikan yang satu ini dapat diolah menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera, mulai dari digoreng, dimasak berkuah sampai dengan direbus.

Tips Memilih Gurame Segar Berkualitas

Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Namun sebelum memutuskan membuat hidangan yang berbahan dasar ikan air tawar tersebut, maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk memilih yang segar dan berkualitas, karena hal ini nyatanya akan sangat mempengaruhi cita rasa masakan yang Anda buat tersebut. Berikut ini tipsnya, yaitu:

  1. Pastikan membeli ikan dengan bagian mata yang masih jernih dan masih menonjol, ini menunjukkan bahwa kondisi ikan tersebut masih dalam kondisi yang segar.
  2. Coba tekan dagingnya dengan telunjuk Anda, jika seandainya daging ikan kembali ke posisi semula menandakan bahwa ikan tersebut masih segar, namun jika seandainya tidak maka ikan sudah lama.
  3. Cek bagian sisiknya, pastikan bahwa sisiknya masih utuh menempel pada ikan dengan warna yang cerah dan juga terang, ini menunjukkan kesegaran dari ikan tersebut.
  4. Cek juga pada bagian insang ikan tersebut, ikan yang masih segar memiliki insang dengan warna masih merah dan juga tidak pucat apalagi sudah berubah menjadi hitam dan kering.

Baca Artikel Lainnya: 3 Tips Memilih Ikan Nila yang Segar dan Bagus

Nutrisi yang Terkadung dalam Ikan Gurame

Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Ikan gurame ini memang tidak hanya lezat, melainkan juga mengandung beragam senyawa bermanfaat bagi tubuh, dalam 100 gram terdapat senyawa berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Kalori sebanyak 127 gram.
  2. Lemak sebanyak 5,6 gram
  3. Protein 18 gram.
  4. Vitamin diantaranya adalah vitamin A, B6, B12 serta vitamin C dan juga D.
  5. Mineral, ikan yang satu ini juga banyak mengandung mineral bermanfaat mulai dari kalsium, kalium, zat besi, magnesium hingga fosfor.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Gurame Bagi Kesehatan

Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Ternyata dengan konsumsi ikan yang satu ini memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Membantu untuk jaga kesehatan jantung, hal tersebut tak lepas dari kandungan asam lemak omega3 yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang ada pada tubuh, termasuk juga efektif dalam menurunkan kadar trigliserida.
  2. Bagus untuk perkembangan otak, asam lemak omega 3 pada dasarnya memang memiliki banyak manfaat, termasuk juga untuk pembentukan jaringan sel-sel otak, apalagi pada masa kanak-kanak.
  3. Membantu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, protein yang ada didalamnya ampuh meningkatkan metabolisme dan kurangi nafsu makan.
  4. Mencegah anemia atau kondisi kekurangan sel-sel darah merah, karena ikan ini juga kaya akan kandungan zat besi.

Baca Artikel Lainnya: Ikan Nila Punya Segudang Manfaat Untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan gurami segar juga bukan hal yang sulit, karena TaniHub juga sudah menyediakannya, langsung dari tangan para petani ikan ini, jadi kualitasnya juga lebih terjaga. Tak perlu takut untuk berbelanja online kebutuhan pangan Anda disini, karena memang untuk kondisi barang dalam kondisi segar, begitu juga untuk sistem pengirimannya yang super cepat, sehingga nantinya bahan yang Anda butuhkan langsung sampai ke rumah dalam kondisi yang masih terjaga juga, lebih minim resiko kerusakannya. Untuk tawaran harga sendiri juga tak perlu khawatir karena benar-benar terjangkau, bahkan TaniHub juga kerap kali memberikan potongan harga istimewa untuk Anda. Ayo download aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store. Tidak lupa juga promo bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
12 − 3 =