Trik Agar Bawang Putih Tetap Segar Lebih Lama

Trik Agar Bawang Putih Tetap Segar Lebih Lama

Trik Agar Bawang Putih Tetap Segar Lebih Lama

Meski berukuran kecil, bawang putih bisa membuat sebuah rasa makanan lebih beraroma dan menggugah selera. Secara umum bawang putih dibedakan menjadi bawang putih soft neck dan bawang putih hardneck. Bawang putih soft neck memiliki ukuran siung yang lebih kecil tetapi ada lebih banyak dalam satu umbi. Di sisi lain, bawang putih hardneck memiliki ukuran cengkeh yang lebih besar dan kuantitas yang lebih sedikit.

Baik jenis softneck maupun hardneck, bawang putih yang masih berbentuk bohlam utuh dapat bertahan selama 5-6 bulan jika disimpan dengan benar. Namun, bawang putih yang tidak dilapisi hanya memiliki masa penyimpanan sekitar 10 hari. Untuk membuat masa simpan bawang putih lebih lama dan optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Trik Agar Bawang Putih Tetap Segar Lebih Lama

Situasi Ideal

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Masker Bawang Putih Untuk Kecantikan

Tempat yang ideal untuk menyimpan bawang putih adalah di area yang berventilasi baik dengan paparan cahaya yang rendah. Dalam situasi ini, bawang putih bisa bertahan hingga selama enam bulan. Sebaiknya hindari menyimpan bawang putih dalam kotak tertutup atau laci dapur. 

Menggunakan perangkat penjaga bawang putih juga dapat membantu. Perangkat ini biasanya terbuat dari sebuah keramik dan mempunyai lubang yang bisa mengoptimalkan aliran udara. Selain itu, banyak juga pemelihara bawang putih yang memiliki desain menarik dan tidak memakan banyak tempat sehingga dapat mempermanis tampilan dapur.

Suhu Penyimpanan

Bawang putih hanya akan tumbuh subur pada suhu yang lebih dingin, yaitu pada suhu sekitar 60 derajat Fahrenheit atau 15,6 derajat Celcius. Oleh karena itu, menyimpan sebuah bawang putih di lemari es dapat mempercepat pertumbuhan tunas pada bawang putih. 

Namun, menyimpan bawang putih di lemari es bisa dipertimbangkan jika lingkungan tempat tinggal Anda mempunyai suhu udara yang lebih hangat. Saat menyimpan bawang putih di lemari es, periksa setiap dua hari untuk memantau apakah ada pertumbuhan tunas atau tidak.

Sebaiknya bawang putih dikupas terlebih dahulu jika ingin menyimpannya di lemari es. Pastikan bawang putih yang sudah dikupas tadi ditempatkan pada sebuah wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Ini akan mencegah bau bawang putih menyebar ke makanan lain di lemari es.

Beku

Meski terdengar aneh, satu siung bawang putih utuh bisa disimpan dalam keadaan beku. Bawang putih yang sudah dipotong atau dicincang juga bisa disimpan beku pada sebuah plastik kedap udara. Kami punya trik untuk membekukan bawang putih dengan meletakkannya di cetakan es batu. Bawang putih yang dimasukkan ke dalam cetakan adalah bawang putih yang sudah dicincang. Dalam satu cetakan es batu bisa menyimpan dua siung bawang putih cincang.

Tambahkan sedikit minyak ke bawang putih cincang sebelum dibekukan. Kombinasi minyak dan  bawang putih yang dibekukan ini dapat dengan mudah dikeluarkan dari cetakan sebuah es batu dan bisa langsung digunakan untuk memasak. Cara penyimpanan ini bisa membuat bawang putih bertahan hingga satu tahun. Namun, intensitas rasa bawang putih akan memudar seiring berjalannya waktu.

Kombinasi dari sebuah bawang putih cincang dan minyak yang disimpan di dalam kulkas bawah hanya akan bertahan selama waktu empat hari. Jangan pernah menyimpan suatu campuran bawang putih dan sebuah minyak dalam suhu sebuah kamar karena kombinasi tersebut bisa menjadi tempat yang sangat ideal bagi bakteri Clostridium botulinum untuk tumbuh. Bakteri ini merupakan penyebab keracunan botulisme.

Pertanda Buruk

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Anosmia Hingga Mencegah Kanker

Perhatikan beberapa tanda bahwa bawang putih tidak lagi dalam kondisi baik. Salah satu indikator paling jelas bahwa bawang putih tidak berkembang dengan baik adalah pertumbuhan tunas hijau. Tunas ini sebenarnya tidak berbahaya jika dimakan. Namun, bawang putih yang bertunas cenderung memiliki rasa yang lebih pahit.

Dimungkinkan juga untuk memotong bagian yang bertunas dan menggunakan bagian bawang putih yang masih terlihat bagus untuk dimasak. Namun, bagian bawang putih ini cenderung kehilangan banyak aroma khasnya. Hindari bawang putih yang teksturnya lembek, berbintik-bintik coklat, atau beraroma asam. Bawang putih dalam kondisi seperti ini harus segera dibuang dan tidak digunakan untuk memasak.Bagi yang suka mengolah bawang putih, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di TaniHub. Pembelian secara online di tempat tersebut bisa memberikan manfaat dengan harga bawang bombay yang lebih terjangkau. Selain itu produk yang ditawarkan merupakan hasil dari petani lokal, sehingga hal tersebut juga turut mendukung pertanian dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
51 + = 52