Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Semangka merupakan buah yang terkenal untuk mendapatkan rasa segar. Semangka dikenal mempunyai banyak air sehingga bisa memberikan rasa segar ketika memakannya. Selain dimakan secara langsung, semangka juga bisa dibuat menjadi jus ataupun buah di sop buah. Semangka terkenal juga dengan rasanya yang manis, sehingga tidak hanya akan memberikan rasa segar saja tetapi juga enak untuk dikonsumsi. Selain mempunyai rasa manis dan memberikan efek segar, semangka juga mempunyai kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan.

Kandungan Semangka

Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Manfaat semangka yang dapat memberikan manfaat kesehatan tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan buah ini. Semangka yang berasal dari Afrika Selatan ini mempunyai kandungan gizi yang banyak dibutuhkan tubuh. Mulai dari energi, vitamin, nutrisi, mineral, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, besi, zinc, beta karoten, karoten, vitamin B1, Vitamin B2, niacin, dan Vitamin C. Sehingga dengan berbagai kandungan gizi tersebut bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan apabila mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Adapun berbagai manfaat semangka yang bisa didapatkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh adalah:

1.Menghidrasi Tubuh

Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang banyak, sehingga hal tersebut juga dapat memberikan manfaat terbaik untuk menghidrasi tubuh. Apabila mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang cukup maka akan menghindari dehidrasi yang bisa terjadi. Mengkonsumsi semangka sama saja dengan minum air putih karena kandungan cairan yang cukup dari buah ini. Apabila tubuh terhidrasi dengan baik juga memberikan manfaat untuk kesehatan yaitu dapat melancarkan peredaran darah, mengatur suhu tubuh, dan juga menunjang fungsi organ vital. Sebaliknya, apabila mengalami dehidrasi dapat membuat kesehatan fisik hingga mental menurun. Oleh karena itulah pastikan tubuh terhidrasi yang salah satunya bisa dibantu dengan buah semangka.

2.Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat semangka untuk kesehatan yang kedua adalah dapat menurunkan tekanan darah. Bagi yang mempunyai darah tinggi, bisa dibantu dengan mudah untuk menstabilkan tekanan darah dengan mengkonsumsi buah ini. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari semangka yang mempunyai kandungan L citrulline terutama pada bagian putih yang dekat kulit. Kandungan tersebut membantu meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah lebih rileks. Oleh karena itulah pastikan untuk mengkonsumsi bagian putih yang bisa memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah tersebut.

3.Mengontrol Berat Badan

Apabila mempunyai berat badan yang berlebih dapat menimbulkan banyak resiko kesehatan yang dapat dialami. Sehingga sangat disarankan untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Cara mengontrol berat badan seimbang juga cukup mudah yang dapat dibantu dengan mengkonsumsi semangka. Buah ini mempunyai rasa manis dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Dari penelitian yang dilakukan juga mengungkapkan bahwa responden yang makan buah semangka akan merasakan kenyang lebih lama dibandingkan mengkonsumsi kue yang rendah lemak. Sehingga bagi yang sedang menjalankan program diet bisa mengkonsumsi semangka yang akan membantu untuk merasa kenyang lebih lama.

4.Mencegah Penyakit Kronis

Mengkonsumsi buah semangka juga dapat untuk mencegah penyakit kronis. Buah ini mempunyai kandungan antioksidan likopen yang dapat membantu untuk memerangi stres oksidatif yang memproduksi radikal bebas. Sehingga dengan kandungan likopen yang dipunyai dapat untuk membantu mengurangi resiko penyakit kritis yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas dalam tubuh. Mengkonsumsi semangka dengan rutin dapat mencegah mempunyai penyakit kronis seperti diabetes 2, kanker, alzheimer, hingga penyakit jantung. Untuk mendapatkan kandungan likopen yang banyak pastikan juga memilih jenis semangka dengan buah merah, sehingga memberikan manfaat lebih optimal.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Semangka yang Manis dari Beragam Jenisnya

Resiko Mengkonsumsi Semangka Terlalu Banyak

Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Apabila mengkonsumsi sesuatu pastikan tidak berlebihan, termasuk juga semangka yang memberikan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Hindari mengkonsumsi semangka secara berlebihan yang dapat mengakibatkan efek samping yang mengganggu kesehatan seperti berikut:

1. Gangguan Gastrointestinal

Gangguan kesehatan pertama yang bisa disebabkan karena makan semangka terlalu banyak adalah gastrointestinal. Semangka mempunyai kandungan likopen yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi apabila mempunyai likopen terlalu banyak yaitu lebih dari 30 mg juga akan memberikan efek samping yang merugikan untuk kesehatan. Mengkonsumsi semangka terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, perut kembung dan masalah pada usus lainnya.

2. Hiperkalemia

Gangguan kesehatan kedua apabila Anda mengkonsumsi semangka terlalu banyak adalah mengalami hiperkalemia. Semangka mempunyai kandungan tinggi potasium yang akan dapat membuat hiperkalemia atau mempunyai kadar kalium yang tinggi dalam darah. Kondisi tersebut akan menyebabkan efek kardiovaskular seperti denyut nadi lemah, henti jantung, detak jantung yang tidak teratur, hingga dapat mempengaruhi kontrol dari saraf dan otot. Hiperkalemia juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itulah Anda cukup mengkonsumsi irisan semangka yaitu tiga cangkir yang mempunyai kandungan 560 potasium agar tidak menyebabkan hiperkalemia.

3. Impotensi

Resiko kesehatan yang dapat dialami apabila mengonsumsi semangka secara berlebihan selanjutnya adalah impotensi. Hal ini dikemukakan oleh peneliti dari Universitas Texas A&M di Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut mengungkapkan banyak makan semangka terlalu banyak akan membuat disfungsi ereksi sildenafil. Semangka dapat memproduksi citrulline yang akan menstimulasi oksida nitrat yang membuat pembuluh darah rileks. Cara kerja tersebut mirip dengan sildenafil yang bisa menyebabkan impotensi karena pria membutuhkan peningkatan aliran darah untuk dapat ereksi.

4.Meningkatkan Resiko Inflamasi Hati

Mengkonsumsi semangka terlalu banyak juga dapat menyebabkan inflamasi pada hati. Terutama bagi yang suka mengkonsumsi alkohol yang akan dapat membuat resiko inflamasi hati lebih meningkat. Sehingga Anda perlu membatasi mengkonsumsi semangka secara berlebihan walaupun rasanya enak. Likopen pada buah ini dapat menimbulkan inflamasi hati sehingga akan membuat organ penting tersebut dapat mengalami gangguan kesehatan.

5.Terlalu Terhidrasi

Hal tidak baik yang dapat berakibat untuk kesehatan terakhir apabila mengkonsumsi semangka terlalu banyak adalah mempunyai tubuh yang terlalu terhidrasi. Overhydration dapat terjadi yang akan membuat tubuh kehilangan sodium. Sehingga hal tersebut akan membuat peningkatan aliran darah yang membuat efek seperti kaki bengkak, tubuh lebih cepat lelah, dan membuat ginjal lemah. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu kesehatan, sehingga pastikan untuk memperhatikan banyaknya semangka yang akan dikonsumsi agar tidak mengalami overhydration yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Memiliki Banyak Kandungan Air, Ini Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Anda pecinta semangka bisa untuk mendapatkan buah ini dengan mudah di banyak tempat. Termasuk membelinya secara online seperti dari TaniHub. Tempat tersebut menyediakan produk dari petani lokal dan ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan banyak promo yang dipunyai. Selain itu Anda juga bisa membeli jenis semangka dan ukuran yang diinginkan agar mendapatkan buah yang memberikan kesegaran ini. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan juga sangat terlalu banyak mengkonsumsinya. Karena seperti yang telah dijelaskan di atas, walaupun mempunyai banyak manfaat kesehatan mengkonsumsi semangka terlalu banyak juga akan memberikan kesehatan terganggu. Sehingga pastikan mengkonsumsinya sewajarnya saja.Tidak perlu ragu, segera download TaniHub dan penuhi semua kebutuhan sehari-hari rumah tangga atau usaha kamu, mulai dari produk segar, makanan beku, bumbu masak, topping kue, hingga sembako. Didukung dengan sistem pembayaran yang aman dan proses pengiriman yang cepat pesan sekarang, besok pasti sampai! Apa pun itu, selalu #AdaSolusinya di TaniHub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
26 − = 20