Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang mempunyai rasa asam dan kecut, tidak seperti jeruk pada umumnya yang mempunyai rasa manis. Oleh karena itulah jeruk nipis biasanya tidak enak apabila dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus. Jenis jeruk nipis biasanya dibuat menjadi wedang atau minuman hangat dan bisa dikonsumsi dengan campuran madu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penghilang aroma amis pada bahan makanan dengan menggunakan perasan jeruk nipis.

Kandungan Jeruk Nipis

Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai banyak sekali kandungan yang bisa memberikan manfaat kesehatan, sehingga bagus sebagai bahan alami yang dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan. Berbagai kandungan tersebut meliputi makronutrien yaitu energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan juga abu. Selain itu jeruk nipis juga mempunyai kandungan mineral yang beragam seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Terakhir, di dalam jeruk nipis juga mempunyai kandungan vitamin yang lengkap dan antioksidan dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan antioksidan yang dipunyai ada vitamin C, niasain, vitamin B2, vitamin B1, beta karoten, dan karoten total.

Baca Artikel Lainnya: Intip Kandungan Jeruk Nipis yang Bagus untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Berkat kandungan gizi yang lengkap seperti yang telah dijelaskan di atas, jeruk nipis memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti dapat membantu meremajakan kulit agar membuat wajah terlihat lebih muda. Dengan jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit yang ampuh untuk menjaga penampilan kulit. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan flavonoid yang baik untuk membuat kolagen, sehingga membuat kulit lebih muda dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti flek hitam dan kerutan. Selain manfaat untuk menjaga kulit tersebut, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari jeruk nipis adalah:

  • Jeruk nipis dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan flavonoid dapat merangsang enzim pencernaan lebih lancar. Sehingga bahan ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit dan mengeluarkan feses dengan lancar.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah dan mengatasi penyakit pilek, batuk, dan flu. Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang dikenal baik untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah sakit.
  • Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk membuat pembakaran lemak lebih efektif. Sehingga dengan memanfaatkan jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan dengan optimal.
  • Menjaga kadar gula darah dengan kandungan vitamin C, sehingga baik untuk penderita diabetes.
  • Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke berkat kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker berkat kandungan antioksidan yang dapat menjaga fungsi sel dapat bekerja secara optimal dan melindungi dari efek radikal bebas.

Baca Artikel Lainnya: 3 Aneka Olahan Segar Berbahan Dasar Jeruk Nipis

Efek Bahaya Jeruk Nipis

Ulasan Tentang Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Akan tetapi hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis adalah dengan tidak menggunakannya secara berlebihan. Karena yang pertama dapat memicu asam lambung naik karena rasa jeruk nipis yang asam. Sehingga apabila menggunakan jeruk nipis terlalu banyak dapat membuat organ pencernaan terganggu karena memberikan fungsi yang ekstra. Hal tersebut dapat memicu asam lambung dan menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti mual, kembung, sakit perut, dan lainnya.

Selain itu efek samping selanjutnya adalah bisa menyebabkan gigi rusak. Jeruk nipis mempunyai asam yang dapat membuat enamel gigi dapat menipis. Sehingga apabila terlalu banyak menggunakan jeruk nipis adalah membuat gigi rapuh dan mudah keropos. Setelah mengonsumsi jeruk nipis sebaiknya berkumur menggunakan air dan gosok gigi, sehingga bisa menghilangkan rasa asam yang menempel di bagian mulut.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan dan membuat rasa olahan masakan menjadi lebih sedap, bisa untuk menggunakan jeruk nipis yang masih segar. Membeli jeruk nipis segar tersebut bisa dibeli di TaniHub yang menyediakan pembelian mudah secara online. Jeruk nipis dari TaniHub juga merupakan produk dari petani lokal, sehingga akan membantu untuk mendukung produk pertanian lokal karena membeli petani secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 41 = 49